Cara Membuat Foto Grid Instagram di Android

Kamu pasti sering melihat akun di Instagram yang memiliki koleksi foto grid bukan? Foto grid adalah satu buah foto yang dipotong menjadi beberapa bagian, jadi ketika di upload ke Instagram dan dilihat dari halaman profil akan terlihat foto utuhnya.

Teknik seperti ini sangat populer di Instagram. Mulai dari para selebgram hingga orang-orang biasa seperti Andi Leangle banyak yang mengunggah foto grid di akun mereka.

Dengan begitu ketika orang-orang mengakses profil Instagram mereka, maka profil mereka akan terlihat estetik. Foto yang biasa digunakan untuk foto grid biasanya adalah foto pemandangan, foto selfie dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Membuat Foto Kolase

Cara Membuat Foto Grid Instagram di Android

Foto Grid di instagram biasanya memiliki ukuran 1×3, 2×3, 3×3, dan seterusnya. Untuk membuat foto Grid Instagram ada beberapa metode yang dapat digunakan, mulai dari cara yang paling mudah hingga yang paling rumit.

Jika kamu memiliki kemampuan menggunakan software oleh foto seperti Photoshop, kamu mungkin dapat membuat foto grid hanya dalam waktu beberapa menit. Namun untuk Sobat Androbuntu yang tidak menguasai software oleh foto apapun, kamu tidak perlu berkecil hati.

Saat ini ada banyak aplikasi di Android yang dapat membantu kita untuk membuat foto grid dengan cepat. Menariknya, tidak ada proses manual disini, semuanya dikerjakan secara otomatis oleh aplikasi.

Kita hanya perlu memilih foto yang ingin diubah menjadi foto grid, maka aplikasi tersebut akan memotong foto tersebut menjadi 1×3, 2×3 3×3 atau ukuran lainnya yang kita inginkan.

Berikutnya tugas kita adalah mengunggah foto-foto yang sudah dipotong ke Instagram sesuai dengan urutan. Maka jadilah foto grid di profil Instagram kita.

Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat foto grid di Instagram adalah 9square. Aplikasi ini gratis dan bisa kita gunakan tanpa batas. Silahkan di unduh dan ikuti tutorial dibawah ini untuk mengetahui cara menggunakannya.

Cara Membuat Foto Grid Instagram dengan Berbagai Ukuran

  1. Download aplikasi 9square di Google Play Store.
  2. Jika sudah terpasang di HP Android kalian, buka aplikasinya.
  3. Kemudian klik tombol galeri yang ada ditengah aplikasi. Lalu cari pilih foto yang ingin kamu jadikan grid.
Cara Membuat Foto Grid Instagram Dengan Berbagai Ukuran

4. Setelah foto dimuat di aplikasi, kemudian pilih ukuran yang kamu inginkan. Dalam tutorial kali ini saya memilih ukuran 3×3 agar terlihat bagus di Instagram. Kalau sudah klik tombol crop yang ada di pojok kanan atas.

Cara Membuat Foto Grid Instagram Dengan Berbagai Ukuran

Kemudian akan muncul preview akan terlihat seperti apa foto kamu nantinya. Klik “Save All” untuk menyimpan semua foto yang sudah dipotong ke dalam galeri.

Cara Membuat Foto Grid Instagram Dengan Berbagai Ukuran

6. Sekarang cobalah cek galeri kami. Kamu akan melihat bahwa foto yang kami pilih tadi sudah di potong dengan jumlah foto sesuai dengan pilihan kamu.

Cara Membuat Foto Grid Instagram Dengan Berbagai Ukuran

7. Selanjutnya adalah tinggal di upload ke Instagram. Upload sesuai dengan urutan, agar nanti hasilnya bagus dan tidak berantakan.

Bagaimana, sangat mudah dan simpel bukan? Akhir kata, selamat mencoba.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari