Cara Menonaktifkan Aplikasi di HP Samsung

Samsung merupakan salah satu merk HP Android yang paling populer, baik di dunia maupun di Indonesia. Banyaknya tipe HP dengan spesifikasi yang beragam membuat HP Samsung menjadi populer di berbagai kalangan.

Sama seperti HP Android buatan produsen lain, HP Samsung juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan. Ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna HP Samsung dalam menggunakan HP Android mereka.

Namun sayangnya, aplikasi bawaan ini tidak bisa dihapus. Padahal tidak semua aplikasi bawaan Samsung tersebut kita gunakan.

Bukan hanya tidak bisa dihapus, beberapa aplikasi bawaan Samsung juga terkadang berjalan di latar belakang sehingga membebani kinerja HP itu sendiri. RAM jadi penuh serta sering terjadi lag.

Tapi tenang saja, walaupun tidak bisa dihapus, beberapa aplikasi tersebut dapat dinonaktifkan. Menonaktifkan sedikit berbeda dengan menghapus.

Menghapus berarti “melepas” aplikasi dari HP, sedangkan menonaktifkan hanyalah membuat aplikasi tidak berjalan namun sebenarnya aplikasi tersebut masih terpasang di HP Samsung. Cara ini wajib kamu coba jika HP Samsung kamu sering lemot karena banyaknya aplikasi bawaan pabrik.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa Sobat Androbuntu lakukan, yaitu menggunakan pengaturan Android dan menggunakan aplikasi Greenify. Silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk instruksi selengkapnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Pola Di HP Samsung

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara di HP Samsung

Tutorial pertama, kita hanya mengandalkan fitur bawaan Android, yaitu melalui menu Pengaturan atau Settings. Tampilan dari menu di HP Samsung saya mungkin akan berbeda dengan di HP Samsung kamu.

Namun intinya sama saja, tinggal kamu sesuaikan saja. Perbedaan mungkin karena kita menggunakan versi One UI atau Android yang berbeda.

Jadi, berikut ini adalah caranya:

1. Pertama masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP Samsung kamu.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

2. Setelah itu ketuk opsi Lihat 134 aplikasi semuanya. Jumlah aplikasi tergantung dari yang terinstall di HP Samsung kamu.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

3. Berikutnya silahkan pilih aplikasi mana yang ingin kamu nonaktifkan untuk sementara dari HP Samsung. Dalam tutorial Androbuntu kali ini saya akan menonaktifkan aplikasi bernama Bitwarden.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

4. Kemudian akan muncul dua tombol, klik tombol PAKSA BERHENTI.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

5. Berikutnya akan muncul pop up kecil berisi permintaan konfirmasi. Klik tombol OKE untuk menghentikan aplikasi tersebut secara paksa.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

Selesai.

Setelah itu aplikasi yang kamu pilih tadi akan dinonaktifkan untuk sementara waktu sampai kamu membukanya lagi.

Ketika aplikasi kamu buka, maka otomatis aplikasi akan segera aktif kembali. Selain itu jika kamu me-restart HP Samsung juga akan ada kemungkinan aplikasi menjadi aktif kembali.

Untuk cara pertama ini, kita harus menonaktifkan aplikasi satu per satu. Jadi jika ada 10 aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, kamu harus mengulangi langkah-langkah diatas sebanyak 10 kali.

Ingin menonaktifkan banyak aplikasi secara bersamaan? Kamu bisa menggunakan cara kedua dibawah ini.

Menggunakan Aplikasi Greenify

Di Google Play Store, ada aplikasi yang bisa kamu download gratis bernama Greenify.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk menonaktifkan aplikasi dan game lain agar tidak berjalan di latar belakang.

Nah, dengan fungsi tersebut, juga bisa diaplikasikan ke HP Samsung Sobat Androbuntu semua.

Ikuti cara menggunakannya adalah seperti dibawah ini:

1. Pertama, buka aplikasi Greenify kamu. Kemudian ketuk tombol tambah yang ada di atas aplikasi.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

2. Klik Tampilkan aplikasi lainnya.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

3. Kemudian silahkan pilih semua aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan untuk sementara dari HP Samsung kamu. Setelah itu klik tombol centang di pojok kanan bawah.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

4. Cara diatas tadi adalah untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin dinonaktifkan. Setelah itu, klik tombol ZZZ yang ada di pojok kanan bawah lagi.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Sementara Di HP Samsung

Selesai.

Sekarang aplikasi-aplikasi yang tadi kamu pilih akan dinonaktifkan dari HP Samsung secara bersamaan.

Kelebihan menggunakan cara kedua ini adalah kamu bisa menonaktifkan banyak aplikasi secara bersamaan. Sehingga lebih mudah dan hemat waktu.

Apakah semua aplikasi HP Samsung dapat dinonaktifkan menggunakan cara ini?

Tidak semuanya. Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dinonaktifkan. Biasanya adalah aplikasi sistem yang cukup krusial, sehingga jika dinoanktifkan akan membuat sistem menjadi error.

Karenanya Samsung meniadakan tombol PAKSA BERHENTI pada aplikasi tersebut.

Apakah tutorial diatas juga dapat dilakukan di HP Android merk lain?

Bisa saja. Untuk cara pertama, mungkin akan ada perbedaan tampilan dan tata letak menu. Sehingga kamu harus lebih jeli dalam mengikuti langkah-langkahnya dan menyesuaikannya.

Namun untuk cara kedua, sangat mudah untuk diimplementasikan di HP Android merk lain, selama di HP Android tersebut kamu bisa memasang aplikasi Greenify.

Terakhir diperbarui pada 28 Mei 2021.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari