Cara Mengatasi Koneksi Indosat yang Lemot

Salah satu hal paling menyebalkan ketika kita sedang menggunakan internet adalah koneksi yang tiba-tiba melambat atau lemot. Entah kita sedang bekerja atau sekedar scrolling sosial media, hal ini benar-benar membuat situasi menjadi tidak menyenangkan.

Hal ini dapat terjadi pada siapa saja dan apa pun operator seluler yang kalian gunakan, termasuk Indosat Ooredoo. Untuk kalian yang sedang mengalami hal ini, maka kalian dapat mencoba mengatasinya dengan melakukan langkah-langkah dibawah ini.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa ke Sesama Indosat

Penyebab Koneksi Indosat Menjadi Lemot

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara mengatasi koneksi Indosat yang tiba-tiba melambat, ada baiknya Sobat Androbuntu mengetahui terlebih dahulu kenapa hal itu bisa terjadi. Dengan begitu kalian mungkin dapat menghindarinya dikemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan koneksi internet Indosat Ooredoo menjadi lemot:

Sinyal Sedang Lemah

Salah satu penyebab kenapa koneksi internet Indosat menjadi lemot tentu saja adalah karena sinyal yang tiba-tiba melemah. Hal ini ditandai dengan bar jaringan pada HP yang kalian gunakan.

Jika bar jaringan pada HP Android kamu terisi penuh, itu artinya sinyal Indosat sedang baik-baik saja. Sebaliknya, jika bar jaringan hanya menunjukkan angka 1 atau 2, maka sinyal Indosat di tempat kamu berada memang sedang lemah.

Ini bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah karena kamu berada ditempat yang sulit dijangkau oleh sinyal, seperti basement atau semacamnya. Cobalah keluar dari tempat tersebut maka biasanya sinyal akan kembali membaik.

Cuaca Sedang Buruk

Cuaca merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya koneksi internet kita. Ketika cuaca sedang normal, biasanya koneksi internet Indosat dapat berjalan dengan normal.

Tapi jika cuaca sedang buruk, maka internet Indosat akan melambat. Hal ini diakibatkan karena sinyal internet terganggu oleh cuaca buruk seperti hujan lebat, petir, dan angin.

Kamu bisa menunggu hingga hujan reda jika hal ini adalah pemicunya.

Sedang Ada Perbaikan Jaringan

Setiap provider internet pasti melakukan pemeliharaan infrastruktur secara rutin. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitas internet mereka.

Nah, saat sedang melakukan perbaikan jaringan ini, biasanya akan terjadi gangguan selama beberapa saat. Salah satunya adalah koneksi internet yang terasa lemot.

Koneksi internet akan kembali normal setelah proses perbaikan atau pemeliharaan jaringan selesai dilakukan. Kamu dapat bertanya ke media sosial resmi milik Indosat untuk memastikan apakah benar mereka sedang melakukan perbiakan jaringan atau tidak.

Cara Mengatasi Koneksi Indosat yang Lemot

Silahkan lakukan hal-hal dibawah ini untuk mengatasi koneksi Indosat di HP Android kalian yang terasa melambat.

Menggunakan Pengaturan Jaringan Hanya 4G

Jika kamu adalah pengguna HP Android, maka ini dapat dilakukan dengan mudah. Di Android ada pengaturan bawaan yang dapat kita gunakan agar HP Android kita secara otomatis hanya terhubung ke jaringan 4G.

Dengan mengaktifkan pengaturan ini, maka HP Android kita akan mengabaikan jaringan dibawahnya yang lebih lembat. Berikut ini adalah cara untuk mengunci jaringan 4G di HP Android:

Masuk ke menu Pengaturan > Koneksi > Jaringan seluler > Mode jaringan > Hanya 4G. Jika HP Android milik Sobat Androbuntu sudah mendukung 5G, kalian dapat memilih opsi Hanya 5G.

Saya juga sudah pernah menulis tutorial khusus untuk masalah ini, kalian dapat membacanya disini.

Gunakan APN Indosat yang Berbeda

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi koneksi internet Indosat yang lemot adalah dengan menggunakan APN yang berbeda. Ada beberapa APN yang bisa kamu gunakan di Insosat.

Informasi mengenai cara menggunakan APN di Indosat sebenarnya sudah saya bahas secara lengikap di artikel cara setting APN Indosat. Silahkan dibaca dan dipraktikan.

Restart HP Android Kamu

Jika dua cara diatas sudah kamu lakukan tapi internet masih lemot juga, maka cara berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan me-restart HP Android kau. Cara ini biasanya cukup efektif.

Coba restart HP Android kamu setelah itu gunakan seperti biasa. Coba buka Gogole Chrome, YouTube atau aplikasi lainnya yang membutuhkan internet. Jika internet masih terasa lambat, lanjut lakukan cara dibawah ini.

Pindah Lokasi (Jika Memungkinkan)

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, bahwa salah satu penyebab internet Indosat lemot adalah mungkin karena kamu berada ditempat yang tidak tepat. Seperti di pedesaan yang jauh dari tower, atau ditempat yang sedang mengalami cuaca buruk.

Untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik, kamu bisa berpindah lokasi. Cara ini biasanya sangat efektif walau membutuhkan usaha yang lebih besar.

Perbarui Paket Internet Indosat Kamu

Jika kamu menggunakan peket data unlimited dari Indosat, maka ada kemungkinan kamu sudah mencapai batas penggunaan atau sering disebut sebagai Fair Usage Policy (FUP). Ketika sebuah operator seluler, termasuk Indosat, menyatakan bahwa kamu dapat menggunakan paket data unlimited, sebenarnya tidak benar-benar unlimited.

Kamu akan diberikan FUP sesuai dengan peraturan masing-masing operator. Jika sudah mencapai batas FUP, maka kecepatan internet kamu akan diturunkan ke titik terendah.

Nah, jika Sobat Androbuntu merasa bahwa paket internet kamu tiba-tiba sangat lambat, bisa jadi ini penyebabnya. Silahkan perbarui paket internet Indosat kamu agar koneksinya menjadi cepat kembali.

Hubungi Call Center Indosat

Jika semua cara diatas sudah Sobat Androbuntu lakukan tapi tidak berpengaruh, maka ini adalah cara lain yang bisa kamu coba. Yaitu dengan cara menghubungi call center Indosat.

Sampaikan apa yang kamu alami, yaitu koneksi internet kamu sedang lemot. Biasanya mereka akan langsung melakukan pengecekan sesuai dengan area tempat kamu tinggal.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar