Cara Enkripsi dan Dekripsi Teks di Android

Sebelum adanya Android, unttuk mengenkripsi dan mendekripsi teks, kita membutuhkan sebuah komputer dan software yang rumit digunakan. Tidak semua orang dapat menggunakannya.

Jika kalian ingin mengenkripsi dan mendekripsi teks, maka kalian harus meluangkan waktu untuk mempelajari perintah terminal yang cukup rumit. Namun kini semuanya itu dapat kita lakukan langsung di HP Android kita.

Menariknya lagi, kita dapat melakukannya dengan sangat mudah. Hanya perlu mengetuk beberapa menu, bahkan pemula pun dapat melakukannya.

Baca juga: Cara Memutar Musik YouTube Dilatar Belakang

Apa itu Enkripsi dan Dekripsi?

Enkripsi adalah sebuah proses untuk menyamarkan informasi agar hanya pemilik informasi dan orang yang dikehendaki yang dapat membaca informasi tersebut. Informasi tersebut dapat berupa teks, dokumen, gambar, video atau yang lainnya.

Sedangkan dekripsi adalah proses menguraikan kembali informasi yang sudah di enkripsi sehingga dapat dibaca kembali informasi yang ada didalamnya.

Pada saat proses enkripsi dilakukan, biasanya si pemilik informasi akan diminta untuk memberikan password (tergantung dari aplikasi yang digunakan). Password yang sama juga yang akan digunakan untuk mendekripsi informasi tersebut.

Cara Enkripsi dan Dekripsi Pesan Teks di Android

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan aplikasi bernama Encrypt Message and Text. Silahkan unduh aplikasi tersebut.

Omong-omong, aplikasi tersebut gratis dan bebas dari iklan. Karenanya saya memilih aplikasi tersebut. Jika sudah di unduh, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Encryp Messages and Text. Kemudian Sobat Androbuntu akan melihat tampilan aplikasi dengan beberapa kolom teks yang dapat langsung diisi mulai dari kolom password, isi pesan, dan beberapa tombol seperti Encrypt, Decrypt dan lainnya.
Cara Enkripsi Dan Dekripsi Pesan Teks Di Android

2. Silahkan isi pesan atau teks yang ingin kamu enkripsi pada kolom yang disediakan. Jangan lupa masukkan juga password untuk mengamankan teks yang kamu enkripsi. Password ini juga wajib kamu bagikan kepada penerima teks jika ingin mendekripsi pesan teks ini nantinya. Jika sudah diisi semua, ketuk tombol Encrypt.

Cara Enkripsi Dan Dekripsi Pesan Teks Di Android

3. Sekarang pesan kamu akan di enkripsi sehingga berubah menjadi susunan angka, huruf dan simbol tak beraturan. Terlihat seperti screenshot dibawah ini.

Cara Enkripsi Dan Dekripsi Pesan Teks Di Android

Teks tak beraturan tersebut sebenarnya adalah isi pesan teks yang tadi kamu tulis. Sehingga jika nantinya di dekripsi akan tetap dapat dibaca lagi sebagai sebuah pesan utuh yang dapat dimengerti.

Sekarang kamu dapat membagikan pesan yang sudah dienkripsi tersebut melalui WhatsApp, email, Facebook atau yang lainnya.

Jangan lupa juga untuk memberikan password dekripsi. Tanpa password tersebut, penerima pesan tidak akan dapat mendekripsi pesan teks yang kamu berikan.

Mengenkripsi pesan teks sebelum dikirim sangat cocok digunakan untuk mengirim pesan yang berisi informasi-informasi penting dan rahasia sepertti informasi data bank, data perusahaan, atau semacamnya.

Tidak hanya itu saja, cara ini juga cocok dilakukan untuk seru-seruan antara kamu dan teman. Dengan menggunakan cara ini, hanya kamu dan teman kamu yang dapat mengerti apa yang sedang kalian berdua bicarakan.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari