Cara Menggunakan SuperVPN di Android untuk Mengakses Situs yang Diblokir

SuperVPN adalah salah satu aplikasi VPN terbaik untuk Android. Itu terbukti dengan jumlah download yang sudah mencapai lebih dari 50 juta kali di Google Play Store.

SuperVPN juga mendapatkan rating yang cukup bagus, yaitu 4,5 di halaman Google Play Store. Ini menandakan bahwa layanan VPN dari mereka memang bisa diandalkan, baik itu untuk streaming, browsing ataupun bermain game.

SuperVPN menawarkan dua jenis layanan VPN, yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Jika kamu menggunakan SuperVPN hanya untuk hal-hal ringan seperti membuka situs yang diblokir, maka versi gratisnya sudah lebih dari cukup.

Kecuali jika kamu menggunakannya untuk keperluan pekerjaan, maka versi berbayarnya mungkin akan lebih kamu butuhkan.

Jika kamu belum punya aplikasi SuperVPN, kamu bisa download terlebih dahulu di Google Play Store.

Cara Menggunakan SuperVPN di Android

Tutorial ini juga sudah tersedia dalam bentuk video, kamu dapat menontonnya di YouTube atau langsung play video dibawah ini:

Advertisements

Jika Sobat Androbuntu tidak memiliki kuota yang cukup, maka ikuti saja tutorial dalam bentuk teks berikut:

1. Pertama buka aplikasi SuperVPN yang baru saja kamu download. Kemudian klik tombol Continue.

Cara Menggunakan SuperVPN Di Android

2. Nah, ini penting. Jika kamu mengaktifkan mode hemat baterai di Android, maka lebih baik dinonaktikan dulu. Karena mode hemat baterai akan terus menonaktifkan SuperVPN yang berjalan di latar belakang, jadi VPN akan terputus-putus. Akan ada notifikasi dari SuperVPN mengenai fitur tersebut. Klik saja Set now untuk menonaktifkannya.

cara menggunakan vpn di android tanpa root

3. Berikutnya akan ada tombol bertuliskan Connect. Klik tombol tersebut untuk mulai mengaktifkan layanan VPN dari SuperVPN.

cara menggunakan vpn di android

4. Kemudian akan muncul jendela permintaan sambungan VPN. Klik saja OKE. Ini adalah jendela yang akan muncul ketika kita ingin menggunakan layanan VPN. Jendela ini hanya akan muncul satu kali saat pertama kali menggunakan SuperVPN, berikutnya tidak akan muncul lagi.

cara menggunakan vpn di iphone

5. Selesai. Sekarang HP Android kamu sudah terhubung ke VPN. Ditandai dengan adanya timer yang menunjukan waktu sudah berapa lama HP Android kamu terhubung ke VPN. Terlihat seperti screenshot dibawah ini:

cara setting vpn telkomsel

Bagimana, sangat mudah bukan?

Advertisements

Sekarang kamu bisa menggunakan HP Android kamu untuk hal-hal lain yang hanya bisa dilakukan saat menggunakan VPN.

Contohnya adalah mengakses situs-situs yang diblokir.

Baca juga: Cara Menggunakan Turbo VPN Di Android

Cara Mengubah Server SuperVPN

Terkadang ketika menggunakan layanan VPN dari SuperVPN, koneksi internet kita malah jadi lambat. Ini dikarenakan beberapa hal.

Pertama server VPN yang kita gunakan sedang penuh karena digunakan oleh pengguna SuperVPN lainnya dari seluruh dunia.

Kedua, server VPN yang kita gunakan letaknya terlalu jauh dari negara asal kita. Sehingga memperlambat waktu koneksi.

Tapi tenang saja. Ada solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan mengubah lokasi server di SuperVPN.

Advertisements

Kamu bisa mengikuti cara-caranya dibawah ini:

1. Pertama klik tombol titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

cara setting vpn android

2. Kemudian pilih opsi Select Location.

Cara Menggunakan SuperVPN Di Android

3. Kemudian silahkan server VPN dari negara mana yang ingin kamu gunakan. Oh, ya. Nanti ada beberapa server yang tidak bisa kamu gunakan karena hanya tersedia untuk yang berlangganan VIP saja ya.

Cara Menggunakan SuperVPN Di Android Samsung

Selesai deh. Sekarang server VPN yang kamu gunakan akan berubah sesuai dengan negara yang tadi kamu pilih.

Koneksi VPN kamu kini seharusnya sudah lebih cepat. Kalau masih lambat juga, silahkan ganti lagi negara lain sampai menemukan yang paling cepat.

FAQ Seputar SuperVPN

Sejak artikel ini terbit, Tim Androbuntu menerima cukup banyak email dari pembaca. Pertanyaannya kurang lebih sama, sehingga membuat kami “bosan” menjawabnya secara terus menerus.

Advertisements

Karena itu kami memperbarui artikel ini dan menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan seputar SuperVPN. Semoga kamu yang memiliki pertanyaan sama juga dapat menemukan jawabannya dibawah ini.

Tapi jika ada pertanyaan lain, silahkan kirim pertanyaan kamu ke email Tim Androbuntu, yaitu [email protected] Kami akan dengan senang hati menjawabnya.

Apakah dengan menggunakan SuperVPN akan secara otomatis membuat internet saya lebih cepat?

Tidak juga. Mengaktifkan SuperVPN tidak serta merta membuat koneksi internet kamu jadi ngebut.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Mulai dari banyaknya pengguna operator di suatu wilayah, kepadatan server VPN, dan masih banyak lagi.

Saya sudah menggunakan SuperVPN, tapi kenapa masih ada situs yang diblokir?

Coba ganti server SuperVPN. Ada kemungkinan situs yang kamu kunjungi juga di blokir di negara server yang kamu pilih.

Contohnya begini, situs x.com di blokir di Indonesia dan Singapura. Jika kamu menggunakan server Singapura, maka kamu tetap tidak dapat mengakses situs x.com.

Jadi solusinya ganti server ke negara yang tidak memblokir situs tersebut. Untuk mengetahuinya, tinggal coba saja gunakan satu per satu server yang tersedia.

Advertisements

Apakah saya dapat menggunakan SuperVPN untuk bermain game?

Bisa. Selama game yang ingin kamu mainkan tidak melarangnya.

Dengan mengaktifkan SuperVPN, maka kamu akan bermain game di negara sesuai dengan server yang dipilih (hanya berlaku untuk game online).

Sebagai contoh seperti ini. Jika kamu menggunakan server India di SuperVPN, maka ketika kamu bermain Mobile Legends juga akan menggunakan server India. Kamu akan bermain bersama para player dari India.

Kenapa pilihan server di aplikasi SuperVPN sedikit sekali?

Pihak pengembang aplikasi SuperVPN menggratiskan beberapa server VPN sebagai “tester”. Jika mereka menggratiskan semua server, maka itu akan membuat tagihan membengkak.

Karena mereka harus membayar tagihan server yang juga mereka sewa dari pihak ketiga. Belum lagi biaya-biaya lain seperti gaji programmer, iklan, dan lain-lain.

Jika Sobat Androbuntu memang membutuhkan pilihan server yang lebih banyak, maka berlangganan saja SuperVPN Premium. Maka secara otomatis kamu memiliki akses ke seluruh pilihan server.

Apakah ada aplikasi VPN lain selain SuperVPN?

Ada. Bahkan pilihannya cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa aplikasi VPN yang sudah pernah dibahas di Androbuntu:

Advertisements

Dan masih banyak lagi sebenarnya, kamu bisa cek di halaman ini.

Kesimpulan

Nah itu dia tadi tutorial lengkap cara menggunakan SuperVPN di Android. Dengan menggunakan layanan VPN dari SuperVPN, kamu bisa melakukan banyak hal.

Mulai dari mengakses situs yang diblokir, main game menggunakan server luar negeri, dan masih banyak lagi.

Kamu mungkin akan melihat ada beberapa iklan yang muncul di aplikasi ini. Tapi menurut saya, itu tidak masalah karena kita bisa mendapatkan VPN gratis dari mereka. Jadi tidak ada salahnya pihak pengembang mendapatkan uang dari iklan tersebut.

Terakhir diperbarui: 19 Mei 2021

Pemikir, cowok rumahan.

Tinggalkan komentar