Beranda Unik Cara Mencuci Cloth Diaper agar Awet dan Nyaman Dipakai Bayi

Cara Mencuci Cloth Diaper agar Awet dan Nyaman Dipakai Bayi

- Advertisement -

Akhir-akhir ini banyak ibu modern yang lebih memilih Cloth Diaper atau sering disingkat Clodi sebagai popok si kecil. Memang dibandingkan diapers sekali pakai, Clodi jauh lebih hemat karena bisa dipakai berkali-kali. Jika kamu memutuskan menggunakan produk ini, kebersihan clodi harus dijaga dengan benar. Selain membeli diaper cream bayi, kamu juga harus menyiapkan detergen khusus popok buah hati. Banyak yang mengeluh karena sulit menghilangkan noda pada popok tersebut. Namun jika sudah tahu caranya, kotoran tersebut bisa dengan mudah diangkat sehingga kondisi clodi menjadi bersih kembali.

Selain sabun bayi anti iritasi, detergen untuk baju bayi juga menjadi salah satu produk yang laris di pasaran saat ini. Jika kamu tidak ingin direpotkan saat mencuci clodi yang terkena noda kotoran si kecil, tak perlu risau karena ada cara mudah yang bisa dipraktikkan. Adapun tips membersihkan dengan cepat dan tidak ribet adalah:

1. Rendam clodi selama 1-2 jam

Stok Clodi yang yang kamu miliki harus banyak agar bisa gonta-ganti. Bila clodi terkena noda kotoran bayi, sebaiknya segera rendam menggunakan detergen yang sudah ditambahkan cairan pembersih. Kamu juga bisa memakai detergen khusus bayi agar clodi tetap awet. Rendam selama kurang lebih 1-2 jam agar noda mudah terangkat.

2. Rendam kedalam cairan bleaching

Merendam kedalam cairan bleaching memang tidak dianjurkan karena bisa merusak serat clodi. Namun sesekali bisa kamu lakukan, maksimal dua kali dalam sebulan agar kondisi popok tersebut kembali seperti baru.

3. Tambahkan cuka putih

Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, ada beberapa orang yang menggunakan baking soda. Tapi ada cara lain yang lebih aman yaitu dengan menambahkan cuka putih. Penambahan bahan ini selain bisa menghilangkan bau juga membuat clodi semakin awet.

Jika kondisi clodi bersih terawat, maka ruam pada kulit bisa dicegah. Tips memakai clodi yang benar adalah bersihkan bokong si kecil menggunakan sabun bayi anti iritasi lalu bilas sampai bersih dan keringkan. Setelah itu, oleskan diaper cream bayi sampai merata. Terakhir pakaiakan clodi dan si kecilpun bisa bermain lagi dengan nyaman.

- Advertisement -
Loki Fadilah
Pemikir, cowok rumahan.
- Advertisment -