Mengenal Lebih Jauh Tentang Virtual Reality, Portal Masuk Dunia Lain

pengertian virtual reality by Androbuntu
sumber: pexels.com

Perkembangan teknologi yang begitu pesat juga menciptakan karya-karya teknologi yang luar biasa.

Salah satu teknologi yang muncul dan langsung hangat menjadi perbincangan media dan pengamat teknologi adalah Virtual Reality.

Virtual reality ini bisa dibilang seperti portal dunia lain yang tampak seperti dunia nyata dan di dunia lain ini disuguhkan tampilan yang sangat memukau.

Sayangnya, banyak sekali orang-orang yang masih belum memahami betul mengenai teknologi bernama virtual reality ini, sejarahnya dan konsep virtual reality.

Pada kesempatan kali ini Androbuntu akan membahas secara lengkap mengenai virtual reality. Mungkin sahabat termasuk dalam orang-orang yang belum memahaminya, kalua begitu simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Virtual Reality?

Virtual reality atau yang sering disebut dengan ‘VR’ merupakan gabungan dari dua kata yaitu Virtual yang berarti maya atau tidak nyata, dan Reality yang berarti kenyataan.

Yang jika digabungkan maka artinya adalah kenyataan yang tidak nyata. Loh, maksudnya bagaimana?

Maksudnya adalah teknologi ini memungkinkan sahabat untuk berinteraksi dengan lingkungan virtual yang terasa seperti dunia nyata baik berdasarkan objek nyata maupun animasi.

Mudahnya, teknologi ini memunculkan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan oleh komputer, dan terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu.

Sebenarnya cara kerja virtual reality ini adalah melakukan manipulasi dengan otak manusia hingga hal-hal yang tidak nyata terasa seperti nyata.

Dengan begitu sahabat akan merasa masuk ke dunia virtual sehingga tak perlu lagi bersentuhan dengan dunia nyata.

Nah jika sahabat ingin masuk ke dunia virtual reality, sahabat membutuhkan alat tempur headset VR seperti Oculus Rift atau Samsung Gear VR.

Baca juga :

Sejarah Dan Perkembangan Virtual Reality

Setelah Sobat Androbuntu mengetahui apa itu virtual reality, sahabat juga harus tau bagaimana ide-ide mengenai virtual reality ini tercipta agar sahabat lebih memahaminya, berikut sejarah mengenai perkembangan virtual reality.

  • Pada tahun 1800-an, muncul gagasan ide mengenai pembuatan alternative realitas yang berbeda dengan dunia nyata dan kemudian disusul dengan munculnya praktek fotografi.
  • Pada tahun 1838-an, stereoskop ditemukan. Stereoskop merupakan benda yang menggunakan cermin ganda untuk memantulkan gambar.
  • Tahun 1839, setahun kemudian stereoskop dipatenkan dan mulai dikembangkan.
  • Tahun 1957-1960. Lama tak terdengar kabar, muncul seorang sinematografer bernama Morton Heilig yang simulasi sensorama yang membuat orang-orang dapat melihat dan merasakan gambar-gambar yang dipadukan dengan bau dan getaran.
  • Tahun 1960. Morton Heilig mematenkan peralatan simulasi sensorama tersebut yang bernama Telesphere Mask yang menarik mata investor untuk ikut bekerjasama.
  • Pertengahan tahun 19800-an. Jaron Lanier mulai menggunakan istilah virtual reality, saat itu teknologi untuk membuat simulasi maya semakin dikembangkan.
  • Saat ini. Setelah hamper 6 dekade dikembangkan, akhirnya VR berhasil meledak dengan bantuan dari para investor juga. Dengan begitu, kini VR dapat digunakan secara luas dan harganya pun tergolong ekonomis, dan menggunakan peralatan yang berkualitas tinggi serta sangat mudah untuk diakses.

Contoh Aplikasi Dan Game yang Menggunakan Teknologi Virtual Reality

contoh aplikasi dan game virtual reality by Androbuntu
sumber: pexels.com

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi dan game yang menggunakan teknologi virtual reality:

1. Cardboard Camera

Aplikasi yang satu ini tidak boleh sahabat lewatkan begitu saja. Cardboard Camera menyuguhkan alternatif baru untuk sahabat dalam mengabadikan momen berharga lewat kamera smartphone.

Sangat cocok digunakan ketika sahabat pergi mengunjungi lokasi pariwisata

2. Sisters

Sisters sangat layak dicoba untuk penggemar film-film horror.

Meskipun kualitas animasinya masih terbatas dan belum terlihat seperti nyata, Sisters tetap memberikan sensasi berada di dunia virtual yang menegangkan.

Jangan lupa gunakan headphone agar bisa lebih menikmati teror demi teror yang menghampiri sahabat.

3. Google Street View

Google Street View pada dasarnya tidak dikhususkan dibuat untuk VR, tapi memungkinkan sahabat melihat tempat-tempat tertentu di berbagai belahan dunia secara 360 derajat dan terasa seperti berada di tepmat tersebut.

4. Zombie Shooter VR

Seperti Namanya, Zombie Shooter VR adalah game yang akan membawa sahabat menuju lokasi yang dipenuhi dengan mayat hidup.

Tugas kamu sederhana.

Habisi semua zombie dan mutant dengan senjata yang sudah disediakan.

5. Roller Coaster VR

Roller Coaster VR ini akan membuat sahabat akan merasakan sensasi seperti sedang berada di roller coaster. Lumayan seru dan bikin deg-degan.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat kamu unduh dan mainkan dengan gratis loh!

Demikian penjelasan mengenai virtual reality dan perkembangannya.

Semoga artikel kali ini dapat memberikan sahabat pemahaman mengenai apa itu VR.

Jika masih ada yang belum dipahami atau masih ada penjelasan yang dirasa kurang, silahkan mampir kekolom komentar kami.

Semoga bermanfaat!