Mengenal Teknologi Wi-Fi, Penghubung Internet Tanpa Kabel

pengertian wifi menurut para ahli by Androbuntu
sumber: pexels.com

Sebenarnya Wi-Fi bukan teknologi yang muncul baru-baru ini.

Wi-fi sudah muncul dan booming sejak bertahun-tahun lalu.

Baru-baru ini hampir semua tempat-tempat seperti café, rumah makan, tempat karaoke, bahkan bus pun menggunakan wi-fi gratis sebagai media promosi untuk menarik pelanggan.

Wi-fi memang menjadi kebutuhan utama khususnya untuk generasi milenial.

Selain koneksi wi-fi saat ini terbilang sangat cepat, wi-fi juga merupakan penyelamat guna menghemat kuota.

Bukan begitu? Hehehe

Namun sebagai pengguna setia wi-fi, apakah Sobat Androbuntu sudah tahu apa itu wi-fi dan bagaimana ceritanya bisa muncul teknologi bernama wifi ini serta bagaimana bisa wi-fi bekerja pada gadget sahabat padahal  tidak ada kabel yan tersambung?

Untuk yang belum mengetahuinya, beruntunglah artikel kali ini akan membahas mengenai  Wi-fi secara lengkap hingga cara kerjanya. Simak ulasannya berikut ini ya sahabat

Apa Itu Wi-Fi?

Baca juga :

Wi-fi merupakan singkatan dari wireless fidelity.

Wi-fi adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk melakukan tukar-menukar data dengan menggunakan beberapa perangkat elektronik dengan memanfaatkan gelombang radio tanpa kabel.

Beberapa perangkat elektronik tersebut adalah komputer, smartphone, laptop, tablet dan lainnya.

Untuk dapat tersambung dengan wi-fi, perangkat elektronik Sobat Androbuntu harus berada pada suatu titik akses atau yang biasaya disebut dengan hotspot area untuk dapat terkoneksi dengan wi-fi. Biasanya hotspot area inimenjangkau hingga 20 meter didalam ruangan.

Lalu bagaimana cara kerja wi-fi hingga perangkat kita dapat terkoneksi dengan internet walaupun tanpa ada kabel yang tersambung?

Cara Kerja Wi-Fi

Wi-fi bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio untuk dapat saling berbagi data.

Agar dapat menerjemahkan suatu data atau dokumen yang dikirim melalui gelombang radio ini, sebuah perangkat elektronik harus memiliki wireless adaptor sehingga dapat terhubung dengan wi-fi.

Adaptor ini yan berfungsi untuk menangkap data digital.

Data digital kemudian dirubah menjadi sinyal gelombang radio yang kemudian dikirim menuju router yang berfungsi sebagai penerjemah kode atau biasa disebut decoder.

Setelah kode tersebut diterjemahkan, data tersebut dikirim ke jaringan internet dengan memanfaatkan koneksi ethernet.

Jaringan wi-fi ini bekerja dua arah sehingga proses ini dikembalikan ketika informasi yang dikirimkan dari internet dalam bentul sinyal radio ke komputer.

Sejarah Dan Perkembangan Wi-Fi

wifi smartphone android

Wifi tidak begitu serta merta muncul , terdapat sejarah perkembangan wi-fi yang cukup panjang dan akan AndroBuntu rangkum menjadi poin- poin singkat sebagai berikut :

  • Pada tahun 1997 dibentuk sebuah jaringan wireless bernama 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
  • Kemudian tahun 1999 muncul Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. Wireless B ini memiliki kelemahan yaitu frekuensi operasi yang berada dalam angka 2,4 GHz yang ternyata banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga seperti oven dan microwave, sehingga sinyalnya mudah sekali terganggu.
  • Pada tahun 2003 muncul Wireless G dengan kecepatan transfer data maksimal 54 Mbps. Namun wireless G ini masih beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.
  • Pada tahun 2009 era wireless berkembang dengan munculnya Wireless N yang  mendukung kecepatan transfer data hingga 300 Mbps (2 antena) dan 450 Mbps (3 antena) dengan jangkauan lebih luas dibandingkan sinyal Wireless G.
  • Pada akhirnya di tahun 2014 muncul lah wireless AC yang memiliki kecepatan 500Mb/s hingga 1 Gb/s dan beroperasi di frekuensi 5GHz.

Fungsi Dari Wi-Fi

Selain untuk menghubungkan perangkat elektronik sahabat dengan internet, wi-fi juga memiliki fungsi-fungsi lain yang penting juga. Berikut fungsi-fungsi wi-fi yang wajib sahabat tau

  • Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Wi-fi memudahkan banyak penggunanya untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan karena wi-fi bisa digunakan di banyak komputer tanpa harus menambah jumlah kabel.

Tentunya berbeda dengan jaringan kabel LAN yang memiliki keterbatasan pengguna.

  • Berbagi Data Antar Perangkat

Jika sahabat memiliki dua buah perangkat elektronik dan ingin memindahkan data di salah satu perangkat  ke perangkat lainnya.

Wi- fi dapat dimanfaatkan sehingga tidak dibutuhkan lagi kabel data dan otomatis pekerjaan lebih praktis dan efisien.

  • Mempercepat Akses Internet

Pada umumnya, kecepatan akses internet pada wi-fi lebih cepat dan lebih stabil dibandingkat dengan paket data yang sahabat gunakan.

Kecepatan akses internet ini dapat sahabat manfaatkan untuk streaming video tanpa buffering atau dapat sahabat gunakan untuk mendownload file dengan ukuran besar.

Demikian merupakan pengertian, sejarah, fungsi dan cara kerja wi-fi, teknologi yang hampir setiap hari digunakan oleh sahabat.

Tentunya kecepatan setiap jaringan wi-fi berbeda-beda tergantung dengan providernya.

Wi-fi juga memiliki kelebihan tersendiri yang membuat pemakai nya fleksibel untuk berpindah-pindah tempat dan tetap terhubung pada jaringan internet karena wi-fi ini tanpa kabel.

Namun terdapat juga kekurangannya yaitu biaya pemasangan dan perangkatnya yang ternyata relatif mahal.

Nah sekian artikel yang membahas tentang wi-fi. Semoga dapat memberi manfaat. Jika dirasa ada yang kurang silahkan mampir di kolom komentar kami!