Pengertian Intranet, Manfaatnya, Dan Perbedaannya Dengan Internet

pengertian intranet
sumber: pexels.com
Loading...

Di zaman yang maju akan teknologi seperti sekarang ini pasti sudah sangat banyak orang yang mengetahui bahkan memakai yang namanya Internet yang mampu menghubung setiap komputer hampir di seluruh dunia.

Selain Internet ternyata ada juga yang bernama Intranet. Kedua hal tersebut sama – sama berperan penting dalam dunia jaringan komputer.

Secara harfiah internet dan intranet memiliki pengertian yang berbeda, tetapi internet dan intranet memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama berfungsi untuk menghubungkan komputer satu sama lain.

Sama seperti Internet, jaringan pada Intranet juga memiliki komputer server.

Bagi anda yang menggeluti dunia jaringan pastinya akan terbiasa menghadapi teknologi Intranet ini, mengingat lingkupnya yang lebih rendah yakni hanya pada satu perusahaan atau organisasi saja.

Namun pada kesempatan kali ini, Androbuntu akan membahas pengertian intranet, manfaat atau kegunaannya, serta perbedaanya dengan internet.

Selamat membaca!

Baca juga:

Apa Itu Intranet ? – Pengertian Intranet

 

Intranet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang cukup besar dan bersifat private yang dihubungkan dengan menggunakan protokol – protokol TCP/IP.

Biasanya jaringan intranet digunakan oleh sebuah instansi atau lembaga untuk membagikan informasi rahasia kepada para pegawai atau karyawan.

Jadi, tidak semua orang dapat mengakses intranet hanya orang – orang tertentu yang dapat mengakses intranet sebuah perusahaan atau instansi.

Apakah anda sudah memahami apa itu intranet? Jika sudah maka selanjutnya akan membahas mengenai manfaat dari intranet. Apa saja manfaat intranet?

Apa Saja Manfaat Intranet

Sekarang ini, bukan hanya organisasi dan perusahaan saja yang menggunakan intranet, namun juga ada instansi lain seperti sekolah yang mulai menggunakan teknologi jaringan Intranet.

Manfaat utama dari intranet sendiri adalah untuk menghubungkan komputer dalam jumlah yang banyak dan terdiri dari server dan host.

Manfaat selanjutnya adalah intranet memudahkan penggunanya untuk berbagi data atau melakukan transfer data.

Tidak hanya itu saja, tapi intranet juga dapat meningkatkan produktifitas serta mempermudah interaksi data dalam satu perusahaan atau instansi.

Hal tersebut otomatis memberikan dampak pada penghematan biaya serta efisiensi waktu yang diperlukan.

Itulah manfaat dari intranet yang harus kita semua ketahui. Lalu apa bedanya dengan internet? Bukan kah sama saja?

Tentu beda dong. Nah apa perbedaannya dengan internet?

Perbedaan Intranet Dengan Internet

Memang sebelumnya sempat dijelaskan jika internet dan intranet memiliki kesamaan yaitu sama-sama untuk menghubungkan komputer.

Tapi sebenarnya internet dan intranet memiliki cara kerja yang sangat berbeda, loh! Jangan sampai keliru ya sahabat.

Untuk Internet:

  • Sifat internet terbuka. Selama pengguna memiliki koneksi untuk Internet maka prosesnya bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun,dan tidak perlu izin dari server.
  • Jangkauan jaringan yang sangat luas bahkan tidak terbatas hingga dapat diakses oleh seluruh dunia.
  • Karena memiliki jangkauan yang tidak terbatas maka secara otomatis komputer server yang digunakan juga tidak hanya satu karena menampung jutaan pengguna dalam waktu bersamaan.

Untuk Intranet:

  • Sifat intranet tertutup. Penggunanya bisa mensetting siapa saja yang dapat melihat atau mengakses data. Tentunya keamanan data juga lebih terjaga, terutama data yang bersifat rahasia.
  • Jangkauan jaringan intranet terbatas hanya pada satu lingkup saja, bisa untuk perusahaan, organisasi, atau instansi lain.
  • Karena memiliki jangkauan dalam lingkup yang terbatas maka kinerja komputer server tidak terlalu berat biasanya hanya diperlukan 1 komputer server saja.

Untuk internet dan intranet memegang peran penting dalam kemajuan teknologi hingga saat ini. Terutama dalam menunjang produktivitas kinerja sehari-hari.

Itulah sajian mengenai intranet yang mudah-mudahan memberikan manfaat untuk anda yang belum memahaminya.

Jika dirasa ada yang kurang silahkan mampir ke kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat!

Menarique
Loading...