Berikut Adalah Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

pengertian sistem informasi menurut para ahli
sumber: dnvgllearning.com

Pada dasarnya sistem informasi hanya fokus pada sebuah studi disiplin pada sebuah organisasi informatika.

Seiring berkembangnya zaman, sistem informatika ini tersebar luas dan banyak dipelajari orang-orang, bahkan menjadi salah satu bidang studi di sekolah dan universitas.

Sistem informasi sendiri juga merupakan sebuah gabungan terorganisasi dari sejumlah orang, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi seta sumber data.

Sebagai sebuah sistem dalam satu organisasi, sistem informasi mempertemukan kebutuhan pengolahan untuk transaksi harian dalam sebuah organisasi.

Dengan terbentuknya sistem informasi, hal ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah informasi.

Informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi merupakan sebuah data dan diolah menjadi lebih berguna bagi para pemakainya.

Adapun faktor- faktor pendukung dari sebuah informasi berguna yaitu informasi berupa sebuah data tepat kepada orangnya dengan sifat relevan.

Kedua sebuah informasi data dapat dikatakan berguna yaitu tepat waktu, dalam artian data terkirim dan dikirim berlangsung cepat dan secara otomatis.

Faktor terakhir bagi sebuah informasi berguna yaitu nilainya akurat dan terpercaya, dalam artian sebuah data informasi harus akurat berdasarkan fakta dan research.

Apabila ketiga faktor tersebut tidak terpenuhi, data informasi tersebut tidak dapat berguna sehingga dianggap sebagai sampah.

Baca juga : Panduan Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Terbukti Ampuh

Seperti Sobat Androbuntu tahu, sebuah sistem sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan besar.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak sekali orang memilih untuk belajar sistem informasi.

Dalam mempelajari sistem informasi, tentunya Sobat Androbuntu perlu mengetahui pengertian sistem informasi.

Dan berikut ini merupakan pengertian sistem informasi menurut para ahli beserta penjelasannya secara detail.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

pengertian sistem informasi menurut para ahli by Androbuntu 2
sumber: akms.org
  1. O’ Brien 2005

Menurut salah seorang ahli sistem informasi bernama O’ Brien, sistem informasi merupakan sebuah kombinasi antara manusia, hardware, software, jaringan komputer, jaringan komunikasi, dan database.

Perangkat- perangkat tersebut merupakan perangkat yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

  1. Erwan Arbie 2002

Adapun pengertian lain dari sistem informatika menurut Erwan Arbie.

Sistem informatika merupakan sebuah sistem yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu kegiatan operasi, dan membantu mempermudah penyediaan laporan dalam organisasi.

  1. Rommey 1997

Menurut Rommey salah seorang ahli sistem informasi mengatakan bahwa sistem informasi diciptakan untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data secara terorganisir.

  1. Kertahadi 2007

Sistem informasi adalah sebuah alat untuk menyajikan informasi agar bermanfaat bagi penggunanya, hal ini diungkapkan oleh seorang ahli informasi bernama Kertahadi.

  1. John F. Nash 1995

John F. Nash pada tahun 1995 mengungkapkan sestem informasi merupakan sebuah kombinasi dari manusia, fasilitas, alat, teknologi, media, prosedur, dan pengendali untuk mengatur jaringan komunikasi.

Baca juga : Cara Mengubah Aplikasi Pengguna Menjadi Aplikasi Sistem Di Android

  1. Tafri D. Muhyuzir 2001

Sistem informasi menurut Tafri D. Muhyuzir merupakan sebuah cara mengumpulkan, mengelompokkan, dan mengolah data menjadi sebuah informasi bagi penerimanya.

  1. Sutabri 2005

Sistem informasi merupakan sebuah sistem dalam organisasi dimana ini mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian untuk mendukung fungsi operasi organisasi bersifat manajerial.

  1. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis 1999

Menurut dua orang ahli sistem informasi Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi untuk mengolah, mengoperasikan, dan menyediakan informasi bersifat manajerial.

Itulah beberapa pengertian sistem informasi menurut para ahli yang dapat kami sampaikan dengan penjelasan singkatnya.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Sobat Androbuntu.