Cara Mudah Untuk Memperluas Jangkauan Sinyal Wi-Fi

Di zaman sekarang ini siapa yang tidak mengenal dan tidak menggunakan Wi-Fi?

Rasanya sudah hampir semua kalangan masyarakat termasuk kamu menggunakan Wi-fi baik saat bekerja di kantor, nongkrong bersama teman-teman di café, dan saat melakukan kegiatan-kegiatan lain. Betul?

Jika kamu penikmat wi-fi, pasti akan merasa kesal jika sinyal yang kamu dapatkan sangat buruk, tentunya hal itu sangat menghambat aktivitas kamu.

Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir karena banyak sekali perangkat untuk mendukung sinyal wi-fi agar kecepatan dalam mengakses datanya tinggi  dan jangkauan nya sangat luas.

Banyak sekali cara untuk memperluas jangkauan sinyal wi-fi.

Salah duanya adalah memilih router yang tepat dan melakukan konfigurasi dengan benar.

Jika kamu sedang mencari cara untuk memperluas jangkauan sinyal wi-fi, maka kamu membaca artikel yang tepat karena artikel kali ini akan membahas bagaimana cara memperluas jangkauan sinyal wi-fi!

Berikut merupakan cara-cara untuk memperluas jangkauan sinyal wi-fi. Selamat menyimak!

Baca Juga:

1. Letakkan Router Wi-fi Di Tempat Yang Tepat

Lokasi ideal untuk meletakkan router wi-fi adalah di tengah-tengah ruangan atau ditengah-tengah rumah.

Setelah itu, pastikan posisi antena router wi-fi kamu menghadap ke arah tembok jika kamu ingin  sinyal WiFi bisa melewati sebuah tembok. Tapi dengan catatan bukan  tembok yang terbuat dari beton loh ya, karena tembok beton akan menghalangi sinyal WiFi.

2. Pilih Chanel Yang Tepat

Sama seperti televise, rupanya router wi-fi juga memiliki channel loh guys. Terkadang, bisa jadi ketika kamu mengganti channel akan memperlancar akses data ketika menggunakan wi-fi.

Hal tersebut bisa terjadi karena perbedaan jumlah sinyal yang mengganggu sinyal wifi milik kamu.

Misalnya jika kamu tinggal di sebuah apartemen yang penuh dengan router wi-fi, maka Sobat Androbuntu harus memilih channel yang cocok agar sinyal kamu tidak terganggu oleh sinya dari router wi-fi lain.

3. Atur Password Untuk Jaringan Wi-fi Kamu

Penting sekali untuk mengatur password pada jaringan wi-fi kamu karena dengan adanya password, tidak sembarangan orang dapat terkoneksi dengan wi-fi milik kamu sehingga akses data yang sedang kamu gunakan tidak akan terpengaruh dengan akses data lain.

Kamu juga harus membatasi jumlah pengguna wi-fi karena semakin banyak yang menggunakan wifi kamu maka semakin melambat pula performa sinyal wi-fi kamu.

4. Menggunakan Router Dengan Teknologi Terbaru

Jika kamu menginginkan wi-fi dengan kecepatan sinyal yang kuat dan jangkauan yang luas, kamu bisa membeli router terbaru dengan teknologi yang paling terkini.

Selain router wi-fi terbaru memiliki kecepatan tinggi, router saat ini memiliki teknologi yang mampu mengirimkan sinyal secara langsung kepada sebuah perangkat dengan jangkauan sinyal yang lebih jauh dan otomatis hal ini dapat membuat pekerjaan kamu semakin lancer bukan?

5. Menggunakan Wi-fi Range Extender

Wi-fi Range Extender ini bisa digunakan untuk membantu sinyal wi-fi mencapai tempat-tempat yang sulit dicapai. Atau mudahnya untuk menambah jarak sinyal dari Wi-fi yang sudah di dapat atau di atur.

Dengan adanya alat ini, kamu tak perlu lagi menerapkan ponsel sebagai repeater.

Terdapat banyak macam-macam wi-fi Range Extender yang banyak dijual di pasaran seperti TP-Link, D-Link, dan Linksys.

TP-Link dan D-Link sering digunakan oleh kebanyakan orang dengan harga yang cukup dibilang terjangkau dengan kualitas yang standar , sedangkan untuk Lynksys merupakan merk berkualitas tinggi dan harganya pun juga jauh lebih mahal.

Nah, cara-cara diatas merupakan cara memperluas jaringan wi-fi agar sinyal wi-fi dapat mencapai jarak yang lebih jauh. Dari kelima cara diatas, manakah yang akan kamu coba terlebih dahulu? Tentunya itu merupakan pilihan kamu.

Sekian artikel kali ini, jika dirasa ada yang kurang jangan sungkan untuk mampir ke kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan untuk kamu semua!

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar