Cara Ampuh Menghapus Aplikasi Dan Game Di Komputer Sampai Ke Akarnya

Terkadang untuk melakukan suatu pekerjaan, kita membutuhkan beberapa aplikasi untuk diinstall kan di komputer atau laptop.

Atau terkadang ingin rasanya membuang penat dengan bermain game, maka kita hanya tinggal menginstall game pada komputer atau laptop kita.

Suatu saat, kamu pasti akan merasa kinerja komputer atau laptop kamu menurun alias lemot saking banyaknya aplikasi dan game yang kamu install.

Hal yang harus kamu lakukan pertama kalli adalah menguninstall aplikasi-aplikasi atau game yang sudah tidak lagi kamu gunakan, karena penyebab dari lemot pada laptop kamu bisa jadi karena penuhnya memori.

Sayangnya tidak sedikit yang tidak paham bagaimana caranya menguninstall aplikasi atau game pada laptop atau komputer.

Apakah kamu termask salah satunya?

Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana caranya menguninstall aplikasi atau game pada komputer atau laptop kamu.

Baca Juga:

Cara Menghapus Aplikasi dan Game Di Laptop

Pastikan laptop atau komputer Sobat Androbuntu sudah menyala ya. Kemudian caraya seperti ni:

  1. Kamu bisa klik icon windows di pojok kanan bawah, kemudian lihat ke arah kanan kamu akan menemukan “control panel”. Lalu klik control panel tersebut.

cara menghapus aplikasi di laptop hingga benar benar terhapus

  1. Setelah kamu masuk ke control panel, selanjutnya klik menu “Programs – uninstall programs”.

cara menghapus aplikasi di laptop yang susah dihapus

  1. Jika sudah, maka akan muncul jendela yang menampilkan semua aplikasi-aplikasi dan game yang ter install di komputer atau laptop kamu. Kamu tinggal memilih aplikasi mana yang mau dihapus atau di uninstall. Klik kanan pada aplikasi tersebut.

cara menghapus aplikasi di laptop windows 10

  1. Setelah itu kamu hanya perlu klik “uninstall” dan tunggu selama beberapa saat sampai prosesnya benar-benar selesai. Biasanya akan muncul jendela yang berisi persetujuan dan perlu kamu lakukan hanya klik “next” Sama seperti saat kamu menginstallnya.
  2. Selanjutnya, kamu perlu menghapus beberapa file sisa aplikasi. terkadang, ada beberapa aplikasi yang tidak menghapus sisa file di dalam sistem komputer kamu.

Biasanya, hal tersebut terjadi karena memang aplikasi tersebut sengaja tidak menghapus file nya, atau memang karena file-file tersebut dipertahankan oleh ketika kamu menguninstall aplikasi tersebut.

File-file yang belum ikut terhapus ini akan membuat memori pada komputer atau laptop kamu menjadi penuh dan lagipula file tersebut sudah tidak berguna karena tidak terpakai untuk aplikasi apapun.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menghapus file-file dan folder peninggalan aplikasi komputer yang telah kamu hapus tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer dengan cara menekan tombol Windows + R pad akeyboard untuk membuka Run, lalu ketik “explorer” dan tekan Enter pada keyboard.
  • Pilih partisi C
  • Pilih folder “Program Files” atau “Program Files (x64)”
  • Cari nama folder yang memuat nama perusahaan pembuat atau nama aplikasi yang sudah kamu hapus sebelumnya
  • Jika ketemu, hapus folder tersebut. Jangan lupa untuk menghapusnya secara permanen di Recycle Bin. Tapi kalau tidak ketemu, berarti aplikasi yang kamu hapus sudah benar-benar terhapus dari komputer kamu.

Sama halnya dengan game, jika kamu ingin menghapus atau menguninstallnya maka caranya sama seperti cara-cara diatas.

Mudah sekali bukan?

Cara tersebut terbukti paling efektif dan cepat untuk menghapus aplikasi atau game sampai ke akar akarnya loh.

Jadi memang sangat patut untuk dicoba.

Cara-cara diatas bisa kamu terapkan untuk berbagai macam OS, mulai dari Windows 10, 8, 7, Vista, hingga XP.

Nah cukup sekian pembahasan mengenai cara menguninstall aplikasi atau game di komputer atau laptop. Jika ada kekurangan atau kritik dan saran jangan lupaa mampir ke kolom komentar ya!

Sekian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar