Tips Memilih Headphone Bluetooth Sesuai dengan Kebutuhan

Headphone bluetooth kini semakin populer di kalangan pecinta gadget sebagai salah satu aksesoris wajib untuk dimiliki. Headphone bluetooth dinilai lebih praktis daripada headphone konvensional karena tidak perlu menggunakan kabel untuk menggunakannya.

Selain itu headphone juga bisa memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik dibandingkan perangkat audio lainnya. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, headphone bluetooth juga memiliki banyak variasi, baik dari segi kualitas, fitur ataupun harganya.

Biasanya semakin lengkap fiturnya dan bagus kualitasnya, maka harganya juga akan semakin tinggi. Untuk kamu yang sedang ingin membeli headphone bluetooth, jangan sampai salah beli. Ikuti tips dibawah ini.

1. Harga

Tips pertama yang wajib kamu lakukan ketika ingin membeli headphone bluetooth baru adalah menyesuaikan harga dengan budget yang kamu miliki. Misalnya kamu memiliki budget 200 ribu, maka kamu tidak perlu mencari headphone yang berharga 500 ribu atau lebih tinggi.

Jika kamu memang memiliki uang lebih maka tidak ada salahnya kamu membeli headphone bluetooth dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Karena biasanya headphone dengan harga yang lebih mahal akan memiliki kualitas yang lebih baik juga. Kualitas tersebut biasanya dapat dilihat dari beragam material yang digunakan untuk build headphone tersebut, dan juga tentunya kejernihan dan kegaringan suara yang dikeluarkan.

Tapi jika kamu hanya memiliki sedikit uang, tidak apa juga membeli headphone yang sedikit murah. Masih banyak pabrikan headphone yang menawarkan kualitas baik dengan harga yang murah.

2. Kapasitas Baterai

Tips berikutnya yang juga perlu kamu perhatikan adalah kapasitas baterai dari headphone tersebut. Usahakan untuk membeli headphone bluetooth dengan kapasitas baterai yang besar. Dengan begitu kamu bisa menggunakan headphone tersebut dalam waktu yang lama.

Salah satu headphone bluetooth yang memiliki kapasitas baterai besar adalah Zealot B20. Headphone ini dapat digunakan untuk mendengarkan musik hingga 8 jam. Jadi, kamu bisa seharian mendengarkan musik favorit, entah ketika sedang dalam perjalanan ataupun saat sedang bersantai.

3. Versi Bluetooth

Namanya juga headphone bluetooth, maka bluetooth adalah fitur utama yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama soal versinya. Saran dari saya, ketika ingin membeli headphone, pilihlah yang sudah menggunakan bluetooth versi terbaru yaitu bluetooth 5.0.

Kenapa ini penting? Karena bluetooth versi terbaru ini memiliki performa yang lebih handal dari versi sebelumnya. Misalnya jangkauannya yang lebih jauh, serta kinerja yang lebih cepat. Lantas, mendengarkan musik menggunakan headphone jadi lebih asik.

Dengan bluetooth versi terbaru kamu juga bisa lebih leluasa mendengarkan musik sambil beraktivitas. Kamu bisa menaruh ponsel di meja, sementara kamu bisa terus wara-wiri di dalam ruangan sambil mendengarkan musik melalui headphone.

4. Fitur Tambahan

Tips berikutnya jika kamu ingin membeli headphone bluetooth adalah fitur tambahan yang ditawarkan oleh headphone tersebut. Carilah headphone dengan beberapa fitur tambahan yang membantu, misalnya noise cancelling.

Dengan fitur tambahan ini, kualitas suara dari musik yang kamu dengarkan akan lebih baik karena suara bising dari luar headphone tidak akan bisa masuk ke telinga kamu. Fitur tambahan lainnya yang juga banyak ditawarkan headphone bluetooth adalah headphone yang bisa dilipat.

Fitur foldability membuat headphone lebih mudah dimasukan ke dalam tas. Fitur ini bisa kamu pertimbangkan jika kamu adalah orang yang sering bepergian, tapi ingin tetap membawa headphone.

Ada juga beberapa pabrikan yang menawarkan fitur tambahan berupa integrasi dengan asisten digital seperti Siri dan Google Assistant. Fitur ini cocok untuk kamu para power user atau tech enthusiasts.

5. Desain

Setiap pabrikan headphone tentu punya ciri khasnya masing-masing. Ada yang lebih sering membuat headphone dengan desain futuristik, klasik, atau bahkan perpaduan antara keduanya. Ketika kamu membeli headphone bluetooth, carilah yang memiliki desain sesuai dengan kesukaan kamu. Jangan sampai nantinya kamu menyesal.

Jangan sampai karena kamu memilih headphone dengan harga murah, tapi desain dari headphone tersebut tidaklah nyaman saat dipakai di telingamu. Pilihlah yang terbaik di antara keduanya. Kamu bisa mencari referensi singkat di internet tentang headphone bluetooth keluaran terbaru dari berbagai pabrikan.

Nah, itu dia tadi beberapa tips penting yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin membeli headphone bluetooth. Semoga bermanfaat!

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari