Cara-Cara Mudah Mengatasi Hasil Printer Yang Bergaris

cara mengatasi hasil print bergaris by Androbuntu

Jika kamu seorang pelajar, mahasiswa, atau pekerja pasti printer menjadi komponen penting yang harus ada di hidup kamu.

Oke, bagimana tidak?

Karena kamu tentu saja membutuhkan printer untuk mencetak tugas-tugas sekolah atau kuliah, skripsi, atau bahkan laporan pekerjaan.

Pokoknya hampir setiap hari ada saja yang dicetak.

Tapi, bagaimana jika printer kamu tidak bekerja dengan maksimal atau kualitas hasil cetakan printer kamu rendah ?

Banyak sekali masalah yang terjadi pada printer salah satu yang paling sering terjadi adalah hasil cetakan yang bergaris.

Bagaimana jika kamu mengalaminya? Sudah pasti hal itu akan sangat menghabat kegiatan dan pekerjaan kamu bukan?

Eits, jangan buru-buru dibawa ke tempat servis karena artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi hasil printer yang bergaris.

Tentunya agar bisa dicoba dirumah kamu yang mengalami masalah hasil printer bergaris.

Baca Juga:

Berikut cara-cara mengatasi hasil printer yang bergaris

1. Dilakukan Maintenance

Hal pertama yang dapat kamu lakukan jika hasil print bergaris adalah dengan melakukan maintenance printer.

Kadang penyebabnya hanya karen tinta yang baru diisi ulang, sehingga tinta dalam cartridge belum mengalir dengan lancar atau mungkin tersumbat. Langkah-langkah melakukan maintenance printer adalah:

  • Buka dokumen dalam bentuk word kemudian tekan CTRL+P untuk memunculkan menu Print.
  • Pilih printer properties, selanjutnya akan muncul kotak dialog properties printer.
  • Klik menu Maintenance dan pilih cleaning atau deep cleaning.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog print head celaning, pada bagian ini pilih tinta yang bergaris (kalau ragu pilih saja all colors) dan klik execute.
  • Akan muncul kotak dialog lagi, kemudian langsung saja klik OK lagi, terakhir klik print check pattern dan tinggal tunggu hasilnya.
  • Jika kamu sudah melakukannya lebih dari 3 kali tapi tidak ada yang berubah dan masih tetap bergaris, maka kemungkinan catridge kamu bermasalah.

2. Rendam Catridge dengan Air Panas

Bisa jadi hasil printer bergaris karena catridge tersumbat. Jika seperti ini, maka cara yang paling baik adalah merendamnya dengan air panas.

Agar kamu mengetahui cartridge tersumbat atau tidak, kamu dapat mengetesnya dengan cara menempelkan bagian bawah cartridge pada tisu.

Jika ada tinta yang menempel pada tisu setiap kali ditempelkan maka artinya cartridge tidak tersumbat.

Tapi jika tinta yang menempel hanya sedikit atau bahkan tidak ada, itu berarti ada tinta yang membeku.

Kamu perlu merendamnya dengan air panas supaya tinta yang menyumbat bisa dikeluarkan.

3. Ubah Kualitas Printer Menjadi High

Cara ketiga ini terbukti lumayan ampuh loh guys. Kamu hanya perlu mengubah settingan kualitas printer menjadi high maka dengan begitu akan membuat cartridge bergerak berulang kali sehingga sudah pasti akan meminimalisir hasil print yang bergaris.

Sayangnya kecepatan printer akan menjadi lambat dan lama.

Langkah-langkahnya saya yakin kamu tahu yaitu jika dokumen berbentuk word silahkan CTRL+P, kemudian pilih printer properties. Pada print quality ubah menjadi high quality. Mudah kan?

4. Cek Botol Infus Tinta Printer

Jika printer kamu menggunakan botol infus, coba cek botol infus kamu. Biasanya permasalahan disebabkan karena tintanya tidak mengalir dengan baik ke catridge sehingga hasil printer kamu bergaris.

Maka dari itu, kamu perlu mengecek dengan cara cabut ujung selang infus. Kemudian sedot selang tersebut dengan suntikan hingga tintanya sampai di ujung selang. Jika sudah sampai ke ujung, pasang kembali selang tersebut ke lubang catridge.

5. Mengganti Cartridge

Jika keempat cara mengatasi hasil print bergaris di atas sudah Sobat Androbuntu lakukan tapi tetap saja hasil cetakannya masih bergaris, sebaiknya kamu membeli cartridge yang baru sesuai dengan jenis printer yang kamu miliki.

Sangat wajar jika membeli cartridge baru dan mengganti cartridge tersebut, karena mungkin catrdge kamu sudah rusak atau bermasalah.

Nah, kuranglebihnya seperti itulah cara mengatasi printer dengan hasil yang bergaris-garis. Biasanya masalah seperti ini sangat sering dialami oleh printer dengan merk c*n*n karena biasanya tinta yang diisikan tidak asli. Maka dari itu penggunaan tinta yang asli sesuai merk printer kamu sangat membantu menjaga kualitas catridge.

Sekian dari penulis. Jika masih ada yang kurang atau terlewat boleh mampir ke kolom komentar. Semoga bermanfaat!