Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di Google Photos

Google Foto atau Google Photos adalah salah satu layanan gratis dari Google. Sama seperti namanya, layanan ini memungkinkan kita untuk menyimpan foto dan video di cloud milik Google.

Seperti layanan Google lainnya, Google Foto terintegrasi dengan Google Drive. Yang artinya, semua foto dan video yang kita simpan di Google Foto tersimpan di Google Drive.

Namun salah satu fitur yang menarik di Google Foto yang jarang diketahui adalah fitur untuk mengembalikan foto dan video yang sudah terhapus.

Fitur ini sangat berguna jika kamu tidak sengaja menghapus foto atau video yang sebenarnya tidak ingin kamu hapus. Penasaran bagaimana menggunakannya? Ikuti tutorial Androbuntu dibawah ini.

Baca juga: Cara Menambahkan Google Foto ke Folder Google Drive

Cara Memulihkan Foto yang Sudah Terhapus di Google Photos

Langsung saja, untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di Google Photos, tentu kamu harus punya aplikasinya terlebih dahulu.

Jika kamu pengguna ponsel Android dengan OS versi terbaru, maka seharusnya aplikasi ini sudah terpasang secara default. Jika belum, silahkan download disini.

Kalau sudah, langsung ikuti tutorial Androbuntu dibawah ini.

  1. Buka aplikkasi Google Photos kalian.
  2. Lalu ketuk tombol Library yang ada di pojok kanan bawah aplikasi Google Photos.
Cara Mengembalikan Google Foto 1

3. Berikutnya pilih menu Trash atau Sampah.

Cara Mengembalikan Google Foto 2

4. Disini kamu akan melihat foto dan video yang pernah kamu hapus. Silahkan pilih salah satu atau beberapa yang ingin kamu kembalikan. Kemudian klik Pulihkan atau Restore.

Cara Mengembalikan Google Foto 3

5. Sekarang silahkan cek kembali folder atau lokasi foto dan video yang tadi kamu pulihkan. Kini foto dan video tersebut sudah ada di folder sebelumnya.

Dengan kata lain, foto dan video tersebut sudah tidak terhapus lagi dan bisa kamu bagikan ke media sosial atau email.

Cara Kerja Google Foto

Sebenarnya, ketika kita menghapus foto dan video di Google Photos, aplikasi ini tidak langsung menghapusnya. Tapi “memindahkan” foto dan video yang kita hapus tersebut ke folder khusus untuk menampung mereka secara sementara.

Foto dan video yang Sobat Androbuntu hapus akan bertahan selama 60 hari di folder tersebut sebelum akhirnya terhapus secara permanen. Jika sebelum 60 hari, kita masih bisa mengembalikannya lagi. Tapi jika sudah lebih dari itu, foto dan video sudah tidak bisa dikembalikan lagi alias sudah terhapus secara permanen.

Mengapa saya tidak menemukan foto yang ingin dikembalikan?

Kemungkinan foto atau videi tersebut sudah terhapus secara permanen karena telah melalui masa tunggu 60 hari.

Atau foto tersebut kamu hapus dari file manager ataupun aplikasi galeri lain. Sehingga foto tersebut telah dihapus permanen saat kamu menghapusnya.

Foto hanya dapat dikembalikan jika dihapus dari aplikasi Google Foto, bukan dari aplikasi lain.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar