7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di HP Vivo

Ruang penyimpanan internal HP Vivo sebenarnya bevariasi, ada yang 8GB, 16GB, 32GB, hingga 64GB. Jika kamu adalah pengguna HP Vivo dengan penyimpanan internal 32GB atau 64GB, tentu kamu tidak begitu pusing masalah penyimpanan.

Karena ruang penyimpanan sebesar itu bisa digunakan untuk menyimpan banyak aplikasi, game, foto dan juga video. Tapi lain halnya bagi teman-teman kita yang menggunakan HP Vivo dengan internal memory 8GB dan 16GB.

Menyimpan sedikit foto dan video saja akan langsung ada notifikasi bahwa penyimpanan internal hampir penuh. Karenanya, kali ini saya akan memberikan tips untuk kamu para pengguna HP Vivo yang memori internalnya terbatas.

Baca juga: Cara Backup SMS di Android

1. Pindahkan Aplikasi ke SD Card

Sebagian besar penyimpanan internal Android pasti digunakan untuk menyimpan aplikasi dan juga game. Semakin banyak aplikasi dan game yang kita install, maka akan semakin tipis ruang penyimpanan internal yang tersisa.

Nah, kita bisa mengakali hal ini dengan cara memindahkan aplikasi dan game ke SD Card. Secara garis besar, berikut ini adalah cara memindahkan aplikasi dan game ke SD Card di Vivo:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Pilih aplikasi atau game yang ingin dipindahkan
  • Klik tombol Pindahkan ke SD Card

Jika di HP Vivo kamu tidak ada tombol untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Link2SD.

Sobat Androbuntu bisa baca panduan lengkpanya di artikel cara memindahkan aplikasi ke SD Card.

2. Pindahkan Foto, Video, Musik, Dokumen dan File Lainnya ke SD Card

Selain game dan aplikasi, file-file yang kita simpan juga membutuhkan banyak space. Mulai dari dokumen, musik, video, hingga foto.

Yang paling besar memakan space tentu saja adalah foto dan video yang kita rekam menggunakan kamera HP Vivo. Karenanya, ada baiknya semua itu dipindahkan saja ke SD Card atau penyimpanan eksternal lainnya.

Untuk melakukan ini, kamu cukup menggunakan aplikasi file manager. Lalu cut foto, video dan file lainnya, lalu paste ke SD Card.

Dengan begitu penyimpanan internal HP Vivo bisa lebih longgar.

3. Mengatur Agar Foto dan Video Otomatis Disimpan di SD Card

Agar Sobat Androbuntu tidak perlu terlalu sering memindahkan foto dan video secara manual ke SD Card, lebih baik di setting saja agar setiap kali kita mengmabil foto dan video akan otomatis tersimpan di SD Card.

Cara ini sangat mudah dan tidak butuh aplikasi pihak ketiga. Buka aplikasi kamera HP Vivo kamu, kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya seperti dibawah:

  • Klik ikon gear di pojok kanan atas
  • Pilih menu Lokasi penyimpanan
  • Pilih SD Card

Setelah setting diatas diaktifkan, semua foto dan video yang kamu jepret akan otomatis tersimpan di SD Card. Jadi tidak akan memenuhi penyimpanan internal lagi.

4. Hapus Aplikasi dan Game yang Sudah Jarang Digunakan

Seiring dengan berjalannya waktu, pasti jumlah game dan aplikasi di HP Vivo kita akan semakin banyak. Kadang ada game dan aplikasi yang sudah tidak kita gunakan, tapi masih tetap kita simpan.

Kalau dibiarkan, maka penyimpanan internal kita akan semakin habis. Lebih baik hapus saja aplikasi dan game yang sudah lama tidak kita gunakan.

Cara ini terbukti efektif untuk melonggarkan penyimpanan internal HP Vivo. Jika belum tahu bagaimana cara menghapus aplikasi dan game di HP Vivo, kamu bisa baca panduannya disini.

Kalau Sobat Androbuntu butuh aplikasi dan game tersebut lagi, maka tinggal install lagi.

5. Menghapus File Cache Aplikasi dan Game

Cache adalah file yang digunakan aplikasi Android sebagai percepatan. Hampir semua aplikasi Android akan menyimpan file berupa cache.

Semakin banyak aplikasi di HP Vivo kamu, maka akan semakin banyak pula cache yang disimpan. Karena itu, menghapus cache akan lumayan membuat penyimpanan internal kamu jadi lega.

Berikut ini adalah caranya:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang diinginkan
  • Klik menu Penyimpanan
  • Klik tombol Hapus Cache

Diatas adalah salah satu cara manual untuk menghapus cache, untuk cara lainnya Sobat Androbuntu bisa baca disini.

6. Hapus Data Offline Aplikasi dan Game

Ada satu lagi file yang disimpan aplikasi dan game Android selain cache, yaitu data offline. Sama seperti cache, semakin banyak aplikasi, artinya semakin banyak data.

Jadi, lebih baik dihapus saja biar penyimpanan internal HP Vivo kamu tetap lega. Begini caranya:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih menu Aplikasi
  • Pilih Aplikasinya
  • Pilih Penyimpanan
  • Klik tombol Hapus Data

Selesai.

7. Memindahkan File ke Cloud Storage

Penyimpanan internal HP Vivo kamu kecil tapi tidak punya SD Card? Jangan panik, masih ada cara lain yang bisa dicoba, yaitu menggunakan cloud storage.

Gunakan cloud storage untuk menyimpan file kamu seperti foto, video dan dokumen. Setelah tersimpan di cloud storage, kemudian hapus semua file tersebut dari HP Vivo.

Dengan begitu penyimpanan internal jadi lebih bersih, plus kamu masih bisa mengakses file dari cloud storage. Beberapa aplikasi cloud storage yang Androbuntu rekomendasikan antara lain adalah:

Silahkan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar