4 Penyebab Keyboard Komputer Mengetik Sendiri

penyebab keyboard komputer mengetik sendiri by Androbuntu.com
sumber: pexels.com

Harga komputer terbaru biasanya sudah sepaket dengan perangkat pendukung lainnya. Dalam satu perangkat komputer, biasanya Anda akan mendapatkan monitor, processor, keyboard dan juga mouse.

Keyboard merupakan salah satu jenis input device pada perangkat komputer. Yang dimaksud dengan input device adalah perangkat yang digunakan untuk memberikan perintah atau masukan ke dalam komputer. Perannya cukup penting. Tanpa keyboard, Anda tidak dapat mengetikkan kata-kata ke dalam komputer Anda.

Sebagai salah satu perangkat elektronik, keyboard juga dapat mengalami kerusakan. Apalagi jika digunakan setiap hari dan tidak dirawat dengan baik. Semahal apapun harga komputer terbaru yang Anda beli, jika komponennya tidak dirawat dengan baik, akan tetap mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kerusakan yang bisa terjadi pada keyboard komputer Anda adalah keyboard mengetik sendiri. Keyboard beroperasi sendiri tanpa Anda menyentuh tombol-tombol yang ada. Hal ini menandakan keyboard komputer Anda mengalami kerusakan.

Penyebab Keyboard Komputer Mengetik Sendiri

Jangan takut dan jangan panik. Keyboard yang mengetik sendiri bisa disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Terdapat Kotoran

Hal yang paling mungkin menjadi penyebabnya adalah terdapat kotoran pada keyboard Anda. Entah itu berupa debu yang sudah menumpuk atau kerikil kecil yang ikut masuk di sela-sela tombol keyboard Anda. Kotoran ini akan menyebabkan tombol keyboard Anda menjadi sensitif.

Kotoran yang masuk ke sela-sela keyboard bisa disebabkan oleh banyak hal. Beberapa diantaranya karena keyboard yang jarang dibersihkan dan remah-remah makanan yang jatuh ke sela- sela keyboard.

Jika kerusakan yang dialami keyboard disebabkan oleh adanya kotoran, Anda bisa mengatasinya dengan cara dibersihkan. Namun tentu saja Anda tidak boleh sembarangan ketika membersihkan keyboard. Anda bisa membersihkannya sendiri atau jika tidak yakin bisa meminta ahlinya untuk membersihkan keyboard Anda.

2. Terinveksi Virus

Penyebab lainnya adalah kemungkinan komputer Anda terinfeksi virus. Virus di komputer tidak hanya menyerang file-file dan dokumen lain yang disimpan di dalam komputer. Namun juga dapat menyerang komponen komputer dan mengakibatkan komponen tersebut tidak dapat bekerja secara sempurna, seperti keyboard yang mengetik sendiri.

Untuk memastikan apakah komputer Anda terinfeksi virus atau tidak, Anda sebaiknya melakukan scanning dengan anti virus. Lakukan scanning secara menyeluruh. Kalau perlu, scanning dilakukan dalam kondisi safe mode untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Karena komputer rentan terinfeksi virus, pilihlah komputer yang sudah dipasang
dengan anti virus pada harga komputer terbaru yang ditawarkan.

3. Terdapat Karat

Jika keyboard sudah dibersihkan, baik dari debu maupun juga virus, namun tidak kunjung sembuh, bisa jadi keyboard komputer Anda berkarat di dalamnya. Karat pada keyboard mugnkin saja terjadi disebabkan oleh air yang mengenai keyboard.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menjemur keyboard komputer di bawah panas matahari secara tidak langsung atau bisa juga dengan menggunakan pembersih karat.

4. Terlalu Sering Digunakan

Keyboard yang terlalu sering digunakan untuk bermain game bisa menjadi penyebab keyboard komputer mengetik sendiri. Hal tersebut dikarenakan keyboard terlalu banyak ditekan. Biasanya kalau sudah bermain game, keyboard ditekan secara sembarangan mengikuti emosi permainan.

Demikian empat penyebab keyboard komputer mengetik sendiri. Keyboard komputer juga perlu dijaga dan dibersihkan secara rutin. Harga komputer terbaru yang Anda beli bisa saja mahal dan memiliki garansi yang panjang. Namun jika tidak dijaga dengan baik, komputer yang Anda beli bisa berumur pendek karena cepat rusak.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli komputer terbaru, Anda bisa membelinya di Bukalapak. Selain menyediakan satu set harga komputer terbaru, di Bukalapak juga tersedia harga laptop Macbook terbaru. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan karena belanja di Bukalapak banyak sekali pilihannya.