Super AMOLED VS IPS, Diantara Keduanya Mana Yang Terbaik?

super amoled vs ips by Androbuntu
sumber: unsplash.com

Dengan seiring perkembangan teknologi, barang-barang elektronik khususnya alat komunikasi berbasis smartphone pun semakin canggih.

Semakin tahun, perkembangan smartphone semakin pesat dan trendy dimulai dari fitur hingga desain nya.

Salah satu perkembangan smartphone yang paling terasa adalah dibagian layar.

Awal mula smartphone masih menggunakan keyboard QWERTY hingga akhirnya sekarang ini smartphone di dominasi dengan layar sentuh atau touch screen.

Hampir seluruh body dari smartphone sekarang adalah layar.

Tahukah Sobat Androbuntu bahwa layar yang terpasang di smartphone itu terdiri dari berbagai macam jenisnya?

Banyak sekali jenis-jenis layar dimulai dari LCD, TFT, IPS, OLED, AMOLED, dan Super AMOLED.

Namun artikel kali ini akan membahas perbandingan layar IPS dan Super AMOLED dimana layar jenis tersebut yang paling sering digunakan di smartphone jaman sekarang.

Baca Juga:

Pertama-tama kamu harus tahu apa itu layar IPS dan Super AMOLED

Apa itu layar IPS?

IPS merupakan singkatan dari In Place Switching. Layar jenis IPS ini memiliki sudut pandang yang jelas.

Layar IPS pada smartphone menggunakan yang cenderung lebih sedikit sehingga smartphone dengan layar IPS akan lebih hemat baterai.

Bagaimana dengan layar super AMOLED?

Jenis layar ini merupakan jenis layar versi lanjutan dari tipe AMOLED.

Super AMOLED sendiri adalah kependekan dari Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode dan jenis layar ini dikembangkan oleh Samsung.

Bisa dibilang Super AMOLED ini adalah jenis yang paling canggih dari layar AMOLED lainnya karena selain lebih responsif, layar jenis ini mempunyai sensor sentuhan pada layarnya sendiri untuk menciptakan lapisan sentuhan yang sensitif.

Sekarang, mari kita lihat perbandingannya dari sisi penggunaan dan harga. Yuk!

1. Tingkat Kejernihan Layar Dan Warna

Untuk jenis layar IPS ini memiliki warna yang baik dan mampu menghasilkan warna yang bisa dibilang natural.

Kekurangannya ada di bagian warna hitam dan putih dikarenakan kedua warna ini disusun oleh cahaya yang dihasilkan dari layar.

Tapi jangan khawatir, dengan begitu layar IPS ini bisa digunakan dibawah sinar matahari tanpa perlu khawatir terlalu cerah.

Sedangkan untuk Super AMOLED sendiri lebih unggul karena memiliki kontras warna yang sangat tajam.

Pada Super AMOLED, warna hitam yang dihasilkan bukan berasal dari pencahayaan.

Ketika menghasilkan warna hitam, pixel akan dimatikan.

Selain itu, Super AMOLED dapat mengupdate pixel secara otomatis dengan sangat cepat.

2. Penggunaan Baterai

Tahukah kamu jika jenis layar sangat berpengaruh dengan penggunaan baterai?

Hal ini disebabkan karena sebagian besar aktivitas smartphone terjadi pada layarnyaa.

Dari kedua jenis layar tersebut yaitu IPS dan Super AMOLED bisa dikatakan sama sama memiliki konsumsi baterai yang relatif rendah.

Namun, ketika rilis dijelaskan bahwa layar Super AMOLED ini mengkonsumsi daya baterai 10 kali lipat lebih rendah dari pada jenis layar lain, apalagi jika wallpaper yang digunakan berwarna hitam karena pada Super AMOLED warna hitam tidak dihasilkan oleh pencahayaan layarnya sendiri.

3. Waktu Respon

Dalam waktu respon, layar Super AMOLED juga lebih unggul karena dapat mengupdate pixel secara otomatis dan independen.

Sedangkan layar IPS harus mengupdate pixel secara bersamaan.

4. Ketahanan Layar

Sebenanrnya pada layar IPS dilengkapi dengan lapisan backlight sebagai penghasil warna dan membuatnya menjadi lebih tebal.

Namun ternyata kedua jenis layar ini memiliki ketahanan yang sama sama baik.

Tapi Super AMOLED dikenal memiliki ketahanan terhadap goresan yang cukup baik sehingga lebih tahan terhadap goresan dibandingkan dengan layar IPS

5. Harga

Rupanya, layas Super AMOLED ini menggunakan anoda dan katoda sebagai resource utama dalam menghasilkan tampilan dan merupakan teknologi paling canggih yang di kembangkan oleh Samsung.

Hal ini kontan membuat Super AMOLED lebih mahal dibandingkan dengan layar IPS.

Tapi, IPS juga digunakan oleh ponsel besutan Apple dimana harga ponselnya juga relatif mahal.

Setelah melihat dari sisi penggunaan dan Harga, sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing layar.

  • Kelebihan layar IPS adalah memiliki sudut pandang atau penglihatan yang sudah sangat baik sehingga saat dilihat dari sudut pandang yang ekstrim, pengguna masih bisa melihatĀ  layar dengan baik dan dapat melihat warna pada layar yang tidak jauh berbeda dari posisi normal. Selain itu, layar IPS mampu mereproduksi gambar yang sangat baik dan cocok untuk fotografi, desain grafis, produksi film, CAD atau CAM teknik.
  • Sedangkan untuk kelemahan layar IPS sendiri adalah kecerahan layarnya tidak bisa tampil dengan sempurna, kemudian ketika ada tampilan grafis yang bergerak pada kecepatan tinggi, terkadang dapat meninggalkan jejak serta harganya yang cukup mahal.
  • Selanjutnya, kelebihan layar Super AMOLED memiliki gambar yang sangat jernih dan bening dan ketika menampilkan layar dengan warna hitam tidak akanĀ  mengeluarkan cahaya sama sekali. Selain itu, layar Super AMOLED juga dapat menghemat daya sebesar 40% dan tidak memerlukan lapisan layar sentuh yang terpisah karena layar sentuhnya sudah terintegrasi dan menyatu di dalamnya
  • Kekurangannya adalah ketika menapilkan warna putih maka warnanya akan terlihat sedikit kekuning kuningan dan bisa merusak penglihatan mata.

Nah, begitulah kurang lebih penjelasan mengenai perbedaan layar IPS dengan layar Super AMOLED serta kelebihan dan kekurangannya.

Tentunya masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan nya.

Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu, terutama yang sedang bingung hendak membeli smartphone!

Semoga membantu.