Corning Gorilla Glass, Si Tipis Nan Perkasa yang Wajib Kamu Tahu

Corning Gorilla Glass by Androbuntu
sumber: unsplash.com

Sobat Androbuntu tentunya pernah membeli smartphone baru dan saat itu juga pasti ditawarkan apakah akan dipasangi “pelindung” layar atau tidak.

Pasti pernah bukan?

Pelindung layar ini biasanya digunakan untuk melindungi layar smartphone agar tidak mudah tergores atau lecet-lecet.

Dari banyaknya pelindung layar, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Corning Gorilla Glass.

Meskipun begitu, kadang ketika membeli smartphone pun kita tidak ditawari untuk dipasangkan pellindung layar gorilla glass ini karena sudah menjadi bawaan dari sang smartphone.

Seperti yang kita ketahui di zaman sekarang ini handphone lebih didominasi oleh layar dan teknologi-teknologi canggih yang mendukungnya.

Bahkan sudah dibahas sebelumnya tentang teknologi yang banyak digunakan oleh layar di smartphone zaman sekarang yaitu layar IPS dan Super Amoled, dapat dibaca disini.

Pada kesempatan kali ini Androbuntu akan kembali membahas teknologi lain yang sering digunakan pada layar smartphone yang kamu gunakan, yaitu Corning Gorilla Glass.

Meskipun dinamakan ‘gorilla’ namun ini bukan binatang, melainkan teknologi yang ada pada layar smartphone mu yang akan membuatnya tahan dari benda-benda tajam dan keras.

Baca Juga:

Apa itu Corning Gorilla Glass?

Corning gorilla glass adalah teknologi bernama coating yang berfungsi sebagai pelindung pada lapisan layar paling atas smartphone agar terhindar dari goresan maupun benturan.

Meskipun pelindung ini mampu menahan layar smartphone dari benturan yang sangat keras.

Lapisan Corning Gorilla Glass sendiri memiliki ketebalan yang sangat tipis sehingga tidak mengganggu pengguna smartphone dengan ‘ketebalannya’.

Corning Gorilla Glass ini adalah alasan dibalik kuatnya layar smartphone kamu meskipun terkena benturan yang sangat keras, tergores kunci, atau bahkan jatuh ke lantai karena kelalaian kita sendiri.

Ada dua jenis Gorilla Glass, yaitu: Corning Gorilla Glass Scratch Resistant dan Corning Gorilla Glass Waterproof. Apa perbedaannya?

Corning Gorilla Glass Scratch Resistant memiliki fungsi utama dalam memberikan perlindungan terhadap goresan dan benturan.

Sedangkan Corning Gorilla Glass Waterproof berfungsi untuk melindungi smartphone dari air.

Smartphone yang menggunakan Corning Gorilla Glass Waterproof ini akan lebih tahan di bawah guyuran air hujan.

Bahkan beberapa produk malah dapat bertahan didalam air dengan kedalaman tertentu.

Kelebihan Corning Gorilla Glass

touchwiz terhenti di smartphone samsung

Setelah mengetahui dasar-dasar tentang corning gorilla glass, sekarang kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari pelindung layar smartphone yang satu ini.

Karena corning gorilla glass ini adalah pelindung, maka kelebihan yang paling utama adalah terlindunginya layar smartphone kamu dari benturan atau goresan benda-benda keras sehingga membantu ketahanan layar.

Selain itu, pelindung ini juga sangat tipis dan tidak akan menganggu kenyamanan dalam penggunaan smartphone karena ketebalan nya.

Dari pihak corning gorilla glass sendiri pun mengklaim bahwa pelindung ini termasuk ramah lingkungan, sehingga penggunaan nya tidak memberikan efek buruk pada lingkungan sekitar mu.

Kekurangan Corning Gorilla Glass

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetapi bukan berarti gorilla glass tidak memiliki kekurangan loh, kawan.

Walau tahan banting, gorilla glass tidak tahan rusak. Kenapa begitu? Karena pelindung ini terbuat dari kaca yang tipis.

Jika pelindung ini dipukul dengan benda yang sangat keras, atau diperlakukan dengan kasar bisa juga merusak lapisan pelindung ini.

Bahkan bukan hanya lapisan pelindungnya tetapi bisa juga smartphonenya juga hehehe.

Nah, jadi meskipun diklaim tahan terhadap benturan benda keras atau goresan, kita tidak bisa seenaknya saja atau semena-mena dalam penggunaan smartphone dengan layar ini.

Karena corning gorilla glass hanya melindungi layar dari penggunaan sehari-hari kamu, bukan melindungi keseluruhan smartphone kamu.

Bukan begitu?

Semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan kepada kawan-kawan pembaca setia Androbuntu.

Jika dirasa ada yang kurang, silahkan mampir di kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat..