Tugas dan Cara Kerja Cleaning HouseKeeping

Cleaning Service
sumber: pexels.com

Sebelum anda mengetahui apa itu general cleaning housekeeping, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu General Cleaning. General Cleaning yaitu melakukan pembersihan suatu area atau gedung secara menyeluruh. Tujuan dari general cleaning dapat membuat area yang dibersihkan tersebut bersih dan bebas dari kotoran yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan program daily cleaning atau pembersihan biasa. Oleh karena itu, proses general cleaning membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Cleaning Housekeeping sendiri merupakan salah satu lembaga departemen yang ada di hotel, yang bertugas menjaga, merawat, dan membersihkan serta memelihara rooms atau kamar-kamar hotel maupun area di luar kamar hotel atau area yang tergolong kedalam area umum.

Secara umum, Cleaning Housekeeping mempunyai tugas diantaranya:

  1. Menjaga kebersihan area umum pada hotel, meliputi lobby, corridor, ballroom, meeting room, dan area lainnya. Pembersihan yang dilakukan menyapu dan mengepel lantai, dan juga menjaga agar area tersebut tetap bersih dan rapi.
  2. Memelihara, membersihkan, dan menata seluruh bagian kamar-kamar tamu hotel agar terlihat indah dan bersih. Pembersihan pada area kamar ini termasuk merawat furniture yang ada, baik itu mengganti sprei kasur atau perawatan spring bed, pencucian sofa, pembersihan karpet, dan lain sebagainya.
  3. Restorasi atau pembersihan toilet secara detail dan menyeluruh. Toilet yang dimaksud yaitu toilet umum maupun toilet pada kamar hotel. Baik dari membersihkan lantai dan dinding toilet, maupun kebersihan air dan fasilitas di toilet tersebut.
  4. Pembersihan debu dengan vacuum cleaner secara detail di seluruh bagian area yang dibersihkan.
  5. Merawat dan menjaga peralatan dari HouseKeeping itu sendiri.
  6. Selain melakukan pembersihan HouseKeeping juga bertugas untuk melaporkan status kamar ke bagian front office.

Itulah cara kerja cleaning service khususnya hotel. Mungkin bisa saja mempunyai perbedaan dengan kerja cleaning service pada perusahaan-perusahaan lain, tergantung dengan jenis perusahaan itu sendiri.

Tidak semua lembaga penyedia jasa Cleaning service menyediakan jasa yang dapat mengcover semua jenis pekerjaan pembersihan yang anda butuhkan, sehingga anda harus memilih lembaga general cleaning yang kompeten di bidangnya.

Untuk mencari jasa General Cleaning yang kompeten anda dapat mengunjungi ptmitratama.com.