Beranda Berita Rekomendasi 10 Microphone Terbaik untuk YouTuber

Rekomendasi 10 Microphone Terbaik untuk YouTuber

- Advertisement -

Buat kamu yang serius ingin jadi Youtuber, jangan sepelekan masalah kualitas audio.

Sebagus apapun videonya kalau kualitas audionya parah, maka orang juga malas untuk menontonnya.

Akibatnya bisa fatal dan kamu akan kehilangan subscriber maupun penonton atau visitor.

Perlu diingat bahwa ada dua hal penting penentu kualitas suatu video Youtube itu, yakni kualitas video itu sendiri dan juga suara atau kualitas audionya.

Biasanya di suatu kamera yang sering dipergunakan untuk membuat video Youtube itu sudah dilengkapi berikut dengan bawaan microphone standar internalnya.

Namun kualitas suara yang dihasilkan sering kali kurang maksimal oleh karenanya kamu akan memerlukan suatu Microphone External sebagai tambahannya, guna meningkatkan kualitas suara atau audio nya.

Nah, berikut ini adalah beberapa microphone eksternal yang terbaik.

Lebih tepatnya adalah 10 microphone terbaik untuk Youtuber.

Baca juga:

10 Microphone Terbaik untuk Youtuber

1. Rode VideoMic Pro

Pertama, kamu bisa mencoba microphone vlog Youtube ini, yang termasuk sebagai salah satu yang terbaik.

Microphone ini menggunakan sistem mic shotgun kondenser supercardioid yang juga tersambung dengan suatu jack mini stereo 1/8 atau dual mono.

Harganya ialah sekitar 3 jutaan Rupiah.

Keluaran VideoMic Pro yang terbaru dibuat dengan peningkatan kualitas dari model keluaran yang sebelumnya, dengan ditambahkannya kapsul kondensor ½ inci yang bisa meningkatkan kualitas hasil rekaman.

Juga disertai dengan konektor mini jack stereo 1/8 inci yang akan mengeluarkan sinyal mono ke saluran yang ada di sisi kiri dan juga sisi kanan.

Yang akan memberikan efek suara rendah hingga sekitar 14db serta terpasangnya pola kutub supercardioid untuk memastikan bahwa noise mengganggu dari audio di sekitar dapat diminimalisir supaya tidak ikut masuk terekam.

- Advertisement -

Sehingga hasil rekamannya bisa fokus pada satu objek suara saja, yakni audio yang terdekat dengan mic nya.

Rode VideoMic Pro ini sangat cocok dan berkualitas bagus.

2. Blue Snowball Ice Condenser Microphone Cardioid

Berikutnya ada Snowball ice yang memiliki kapsul condenser custom dan juga pola cardioid yang bisa membuat kualitas hasil rekaman audio yang jernih seperti kristal.

Bagian mic nya sudah mendapat sertifikasi dari Skype.

Salah satu microphone yang tergolong sebagai yang terbaik untuk vlog Youtube ini juga, dapat digunakan dan kompatible dengan banyak software.

Harganya cukup terjangkau dan termasuk murah, yakni di kisaran 1 jutaan Rupiah, dan sudah bisa digunakan untuk proses merekam dengan secara lebih cepat serta mudah.

3. Audio Technica AT2020

Selanjutnya ada audio technica AT2020 yang harganya sekitar 1,3 juta Rupiah.

Mic ini juga menggunakan sistem pola kutub kardioid yang akan bisa mengurangi masuk dan terekamnya suara dari sisi kanan kiri juga dari belakang.

Pemasangannya pada kamera juga bisa dilakukan dengan cukup mudah.

4. Zoom H1

Ada lagi Zoom H1, yang dibandrol dengan harga sekitar 1,6 juta Rupiah.

Microphone ini sudah cukup bagus dan memadai untuk digunakan oleh para Youtuber.

Microphone ini menggunakan konfigurasi dengan pola X/Y untuk fungsi menangkap suara dalam hasil stereo.

Mic Zoom H1 ini juga adalah termasuk jenis microphone directional yang bisa fokus hanya akan merekam pada objek rekam utamanya saja.

Jadi tidak akan seperti kebanyakan omnidirectional mic yang lainnya yang akan merekam setiap suara yang ads di sekelilingnya.

Mic Zoom H1 ini beda, dan bisa fokus hanya akan merekam audio utamanya saja dan mampu mengeliminasi suara-suara yang tidak diinginkan untuk masuk ke dalam hasil rekaman.

5. Azden WLX-Pro Lavalier System

Kemudian ada juga mic Azden WLX pro Lavalier System yang menggunakan sistem nirkabel dan menggabungkan antara pemancar WL/T-Pro dengan bagian WR-Pro penerimanya pada puncak kamera.

Salah satu mic yang terbaik untuk vlog Youtube ini juga sangat mudah dalam penggunaannya.

Microphone Azden ini merupakan jenis mic single accepter namun dengan mempunyai dua frekuensi yang bisa dipilih salah satunya jika pada suatu saat terjadi gangguan pada salah satu salurannya.

Jangkauan jarak maksimum kemampuan rekam mic Azden ini adalah sekitar 80 meter.

Harga dari mic produksi Lavalier ini ialah sekitar 2 juta Rupiah.

6. Rode Lightweight Mic

Selanjutnya ada juga microphone terbaik untuk vlog Youtube hasil produksi dari Rode, yang memiliki bobot yang ringan, yang cocok untuk audio camrecorder kecil yang biasanya memiliki kamera HDSLR dengan kualitas yang tinggi.

Adapun beratnya adalah hanya sekitar 2,6 ons menjadikan kamera Sobat Androbuntu bisa tetap nyaman dipergunakan dan bisa dioperasikan dengan mudah meskipun hanya dengan menggunakan satu tangan.

Harga mic ringan ini juga cukup terjangkau yakni sekitar 800 ribu Rupiah dan sudah dilengkapi juga dengan Rackote Lyic Shock yang terintegrasi sebagai perlindungan jika ada gundukan atau getaran, yang menimbulkan goncangan.

Mic Rode Lightweight ini termasuk jenis mic directional yang mempergunakan teknologi berpola kutub cardioid.

Kutup tersebut mampu untuk meminimalisir noise suara dari sisi samping kiri dan kanan.

Juga dari bagian belakang audio utama rekam, serta bisa menghasilkan sinyal yang lebih dekat dengan bagian kameranya.

Sangat bagus dan cocok digunakan untuk lingkungan lokasi rekam yang dalam kondisi sangat bising sekalipun.

7. Blue Yeti

Berikutnya ada blue yeti, yang dijual dengan harga cukup lumayan tinggi, yakni sekitar 3,5 juta Rupiah.

Mic ini merupakan mic yang paling populer dan terkenal serta banyak digunakan oleh para pembuat vlog.

Dapat digunakan untuk banyak hal dan serbaguna, seperti dengan adanya fitur pola ganda kardioid yang akan memungkinkan mic tersebut berfungsi menjadi bidirectional dan juga omnidirektional stereo.

Blue Yeti juga dilengkapi dengan adanya tombol mute dan juga ada output headphone zero latecy.

Kesemuanya itu menjadikan mic ini cukup memadai dan bahkan nyaris sempurna untuk merekam audio berupa vokal, juga alat musik, maupun podcasting, dan juga untuk wawancara di luar ruangan secara outdoor maupun di dalam ruangan secara indoor.

Desainnya yang unik juga turut memberi nilai lebih pada microphone yang juga termasuk sebagai yang terbaik untuk vlog Youtube ini.

8. Sennheiser MKE 600 Shotgun

Selanjutnya ada MKE 600 yang merupakan mic jenis eksternal dslr yang mampu untuk menangani berbagai tantangan dan kendala pada saat proses pembuatan video.

Tingkat Directivity nya yang tinggi akan memungkinkan mic MKE 600 ini fokus hanya akan mengambil suara yang berasal dari satu arah objek saja dan lalu meredam suara bising atau noise mengganggu yang muncul di sisi kanan dan kiri juga dari bagian belakang dengan secara efektif.

Mic ini dilengkapi dengan fitur switchable low cut yang dapat meminimalisir efek bising angin.

Mic MKE 600 ini menggunakan tenaga baterai dan dengan saklar on dan off yang bisa untuk mencegah baterai dari kemungkinan hidup sebelum waktunya.

Harga dari salah satu mick terbaik MKE 600 Ini adalah sekitar 4 juta Rupiah. Lumayan murah ‘kan Sobat Androbuntu

9. Saramonic UWMIC10

Ada juga mic Saramonic yang dijual dengan harga 6 juta Rupiah.

Mic Saramonic ini mempunyai bandwidth RF Switching yang cukup lebar, dan dilengkapi dengan layar LCD yang mudah dibaca serta ada juga sinkronisasi inframerah untuk antar pemancar dan dengan penerima.

Mic ini juga dilengkapi dengan fungsi autoscan, dan mic UWMIC10 ini bisa secara otomatis mencari frekuensi transmisi di sekitar lokasi yang tersedia.

Ada juga soket headphonenya yang disiapkan untuk memantau suara audio yang masuk pada saat bersamaan, disertai juga dengan pemancar compact TX-10 UWMIC10 yang menggunakan teknologi crystal controlled PLL synthesizer.

Terdapat juga fungsi untuk mute serta untuk input mic tipe BMP.

10. Sennheiser EW 112P G3

Lalu ada lagi mic produksi Sennheiser, suatu microphone untuk Youtube yang menggunakan teknologi sistem nirkabel portable untuk merekam berbagai video yang dibuat secara outdoor di luar ruangan.

Harganya cukup tinggi, yakni di harga sekitar 8,4 juta Rupiah, dengan kelebihan fitur yang lengkap.

Ada fitur pemindaian frekuensi otomatis guna mencari frekuensi di sekitar lokasi yang tersedia, serta pengoperasian menu yang praktis dan mudah juga pilihan kontrol yang lebih banyak.

Dilengkapi juga dengan berbagai perangkat tambahan lainnya yang mendukung proses perekaman.

Ada juga fungsi auto lock guna menghindari perubahan pengaturan tanpa sengaja, hasil rekamannya juga jernih.

Itulah 10 microphone terbaik untuk Youtuber.

- Advertisement -
Faddlah Akbar
Senior "Hello world" programmer, coffee addict.
- Advertisment -
Loading...
- Advertisment -