5 Cara Mengatasi Ubuntu Linux yang Error

Ubuntu adalah salah satu Distro Linux terbaik yang digunakan jutaan orang di dunia. Salah satu kelebihan Ubuntu dibandingkan distro lainnya adalah karena antarmukanya yang mudah digunakan, bahkan oleh pemula.

Ubuntu juga menjadi salah satu distro yang paling konsisten pengembangannya. Setiap 6 bulan sekali Canonical selaku pengembang distro ini selalu memperbarui Ubuntu.

Untuk Sobat Androbuntu yang baru pertama kali mencoba Ubuntu dan kebetulan mengalami kendala karena error atau semacamnya, kalian sedang membaca artikel yang tepat. Berikut ini adalah 5 cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi Ubuntu yang mengalami error.

Baca juga: Pengertian dan Sejarah Linux dari Masa ke Masa

1. Update Repository

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi error adalah dengan memperbarui repository. Buka terminal, kemudian ketik perintah dibawah ini:

sudo apt update

Cara ini biasanya efektif jika kamu belum memperbarui repository Ubuntu dalam waktu yang cukup lama. Dengan memperbaruinya, maka repository Ubuntu kamu akan diperbarui ke versi terbaru.

Dengan begitu beberapa error ringan yang mungkin terjadi dapat teratasi. Tapi jika masih error, silahkan lakukan langkah kedua dibawah ini.

2. Upgrade Ubuntu

Meng-upgrade Ubuntu menjadi langkah yang wajib kamu lakukan, terutama jika kamu sudah lama tidak meng-upgrade Ubuntu kamu.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Canonical selalu memperbarui Ubuntu setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis meliputi perbaikan bugs dan juga fitur baru.

Barangkali error yang kamu alami merupakan bugs yang sudah ditambal oleh Canonical di Ubuntu versi terbaru. Karenanya, kamu wajib memperbaruinya menggunakan perintah terminal berikut:

sudo apt dist-upgrade

Catatan: perintah ini baiknya di ketik setelah menjalankan perintah pertama, yaitu perintah update repository.

3. Batalkan Perubahan Terakhir yang Kalian Lakukan

Ubuntu menggunakan Linux sebagai kernelnya. Sama seperti distro Linux lainnya, Ubuntu juga dapat kita modifikasi sesuai kebutuhan.

Jika Sobat Androbuntu memodifikasinya dengan benar maka tidak akan terjadi masalah. Sebaliknya, jika ada kesalahan dalam proses modifikasi, mungkin akan terjadi error pada Ubuntu kamu.

Maka dari itu, ingat-ingatlah apa yang terakhir Sobat Androbuntu lakukan dengan Ubuntu kamu. Apakah mengubah kernel? Atau mengubah pengaturan sistem lainnya?

Kembalikan ke pengaturan awal agar error-nya hilang dan laptop bisa digunakan sebagaimana mestinya.

4. Kembalikan ke Pengaturan Default

Mengembalikan Ubuntu ke pengaturan default juga bisa jadi ide bagus kalau-kalau kamu mengalami error. Jalankan perintah dibawah ini satu per satu pada aplikasi terminal:

sudo dpkg –configure -a

sudo apt-get update

sudo apt-get -f install

sudo apt-get full-upgrade

sudo apt-get install –reinstall ubuntu-desktop

sudo apt-get autoremove

sudo apt-get clean

sudo reboot

Setelah menjalankan perintah terakhir, laptop atau komputer kamu akan restart secara otomatis. Tunggu hingga menyala kembali dan cobalah gunakan laptop kamu seperti biasanya.

5. Hapus Aplikasi Tertentu

Aplikasi tertentu kadang akan mengunduh paket-paket tertentu agar ia bisa berjalan sebagaimana mestinya. Nah, permasalahannya adalah kadang paket-paket yang di unduh itu tidak kompatibel dengan sistem Ubuntu.

Sehingga hal ini akan mengakibatkan error. Lebih baik coba ingat-ingat aplikasi terakhir apa yang kamu install sebelum Ubuntu error.

Uninstall aplikasi tersebut lalu perhatikan apakah error masih muncul atau tidak.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari