Cara Agar Ping PUBG Mobile Tetap Stabil

Sama seperti game online lainnya, ping di PUBG Mobile menjadi salah satu yang sering diperhatikan para pemain. Karena nilai ping ini akan mempengaruhi pengalaman bermain kalian.

Semakin rendah nilai ping, maka akan semakin lancar permainan. Sebaliknya, semakin tinggi nilai ping maka PUBG Mobile akan semakin tidak menyenangkan untuk dimainkan.

Dan dalam artikel kali ini saya akan berikan beberapa tips agar nilai ping PUBG Mobile di HP Android kalian tetap stabil. Dengan begitu kalian dapat bermain dengan nyaman.

Baca juga: Cara Main PUBG Mobile di PC

1. Aktifkan Fitur Game Booster

Saat ini hampir semua pabrikan HP Android melengkapi perangkat buatan mereka dengan fitur bernama game booster. Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk mempercepat kinerja game yang kita mainkan.

Cara kerja fitur ini sebenarnya cukup sederhana. Ketika kita mengaktifkannya, maka semua aplikasi akan dihentikan agar kinerja HP Android hanya berfokus untuk bermain game.

Jika kamu adalah pengguna HP Android merk Xiaomi, Samsung, Vivo, Acer dan Asus, silahkan cek di menu pengaturan. Kalian akan menemukan fitur game booster. Jika HP kalian belum memiliki fitur tersebut, kalian dapat menggunakan aplikasi ini.

2. Kontrol Pengaturan WiFi

Jika kamu sudah bermain menggunakan internet yang bagus namun ping PUBG tetap lambat, maka cobalah cara ini. Ada baiknya Sobat Androbuntu mengubah pengaturan WiFi di HP Android kalian.

Masuk ke menu Pengaturan, pilih WiFi, kemudian pilih Advanced atau Additional Settings. Aktifkan Traffic Mode kemudian pilih Extreme Mode.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka HP Android akan mengerahkan seluruh koneksi internet ke game yang sedang kamu mainkan, yaitu PUBG Mobile. Dengan begitu nilai ping akan semakin kecil.

3. Nonaktifkan Sinkronisasi

Sinkronisasi latar belakang befungsi untuk menyelaraskan data di HP Android dengan server. Ini akan menggunakan banyak sekali internet.

Ketika kamu sedang bermain PUBG Mobile, lebih baik fitur ini dinonaktifkan saja. Dengan menonaktifkannya, ping akan jadi lebih stabil.

Menonaktifkan sinkronisasi bisa dengan meng-klik tombol sinkronisasi yang ada di bilah notifikasi. Atau masuk ke menu Pengaturan.

4. Coba Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Seiring dengan kepopuleran PUBG Mobile, muncul aplikasi-aplikasi lain yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan bermain game survival ini. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang cukup populer dikalangan pemain PUBG Mobile ialah GFX Tool for PUBG.

Aplikasi ini digunakan untuk mengakses fitur-fitur yang terkunci pada perangkat tertentu. Silahkan unduh aplikasi tersebut, lalu gunakan pengaturan ini untuk menstabilkan ping: graphic ke 720p, rendering ke medium atau low, nonaktifkan shadow dan light effect, aktifkan GPU Optimization.

Semua pengaturan itu akan membuat PUBG Mobile menjadi lebih stabil di perangkat kalian. Nilai ping yang akan kmeu dapatkan juga akan lebih kecil dari biasa.

5. Ganti Server

Koneksi internet yang kita gunakan bukan hanya menjadi satu-satunya penentu nilai ping. Banyaknya pemain yang sedang bermain PUBG Mobile juga akan sangat berpengaruh.

Ketika ada banyak sekali orang yang bermain PUBG Mobile secara bersamaan, itu akan mempengaruhi kinerja server PUBG Mobile. Dan akhirnya itu akan membuat ping menjadi rendah.

Cara termudah untuk mengatasi hal ini ialah dengan mengganti server PUBG Mobile menggunakan VPN. Kalian dapat menggunakan aplikasi seperti Proton VPN, SuperVPN, atau TunnelBear.

6. Bersihkan Ruang Penyimpanan Ponsel

Ruang penyimpanan internal HP Android yang penuh akan mempengaruhi performanya secara keseluruhan. Terutama ketika digunakan untuk memainkan game berat seperti PUBG Mobile.

Karenanya membersihkan penyimpanan internal HP Android kamu secara berkala adalah ide yang bagus. Dengan begit kamu memiliki sisa ruang penyimpanan yang cukup untuk membuat HP Android tetap berjalan cepat.

Kamu dapat membersihkan ruang penyimpanan internal menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia di Google Play.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari