Cara Cek Windows 10 Asli Atau Bajakan

Cara Cek Windows 10 Asli atau Tidak by Androbuntu

Kini pengguna Windows 10 sudah sangat banyak.

Perkembangan teknologi yang pesat dan semakin mudahnya dalam mengakses informasi dari internet membuat banyak pengguna melakukan banyak hal, salah satunya adalah menginstal OS seperti Windows 10.

Namun, perlu diketahui jika Windows 10 yang ada di komputer ada dua jenis. Pertama adalah Windows asli dan Windows bajakan.

Mengapa hal ini penting? Karena akan sangat berpengaruh terhadap update sistem dari pihak Microsoft sendiri.

Jika menggunakan software bajakan, maka kemungkinan mendapatkan update di masa depan akan sangat sulit.

Maka dari itu, untuk mengetahui cara cek Windows 10 pada komputer asli atau bajakan, yuk ikuti beberapa langkah berikut ini.

Baca juga:

Cara Cek Windows Asli atau bajakan

1. Menggunakan Command Prompt

Cara pertama yang bisa Sobat Androbuntu lakukan adalah menggunakan aplikasi Command Prompt. Untuk lebih jelasnya, penjelasannya dibawah ini.

  • Tekanlah tombo Windows dan R secara bersamaan pada keyboard. Nantinya akan muncul apalikasi Run. Jika sudah terbuka, silakan masukan kata “cmd” dan enter. Secara otomatis, kamu akan diarahkan secara langsung membuka aplikasi Command Prompt.
  • Setelah itu, Anda bisa ketikan sebuah kata “slmgr/xpr” tanpa menggunakan kata kutip lalu tekanlah enter.
  • Jika sudah, akan muncul sebuah kotak kecil jika Windows yang kamu gunakan adalah asli. Tulisan tersebut hanyalah sebagai penanda saja dan tidak begitu berpengaruh pada mesin. Isinya sendiri lebih kurang seperti ini, “The machine is permanently activated”. Jika ada, silakan kamu close saja dengan klik OK.

Dengan munculnya kata tersebut, bisa disimpulkan bahwa windows 10 pada komputermu adalah asli dan bukan bajakan.

Di bagian ini, Anda sudah bisa tenang dan santai jika ada upgrade sesuatu dari pihak Microsoft.

2. Menggunakan File Explorer

Selain Command Prompt, kita juga bisa mengeceknya menggunakan File Explorer. Tanpa berlama-lama, berikut langkah-langkahnya khusus untuk kamu.

  • Bukalah file explorer pada komputermu. Bisa menggunakan cara klik My computer yang ada di layar desktop atau melalui klik kanan pada menu Start dan pilih “Open Windows Explorer”.
  • Setelah terbuka, pilihlah “This PC” atau “Computer” jika namanya berbeda lalu klik kanan. Kemudian kamu tinggal pilih Properties.
  • Saat Properties terbuka, akan muncul sebuah halaman informasi komputer yang digunakan, fokuslah pada bagian Windows Activation yang biasanya ada di bagian bawah. Di sana kamu akan menemukan sebuah tulisan yang menyatakan bahwa Windows yang kamu gunakan sudah aktif. Selain itu, di sana juga akan ada sebuah ID yang menunjukan produk Windows yang digunakan.

Jika kamu menggunakan Wndows bajakan, pada bagian Windows activation tidak akan muncul tulisan “activated”. Selain itu, ID produk pun tidak ada.

Ditambah lagi, jika kamu melihat seksama pada bagian layar pojok kanan bawah, akan muncul sebuah kotak kecil berwarna biru yang bernama “Ask For genuine Microsoft”.

Tulisan tersebut juga menrupakan bukti jika Windows yang kamu gunakan adalah bajakan.

Demikianlah beberapa cara cek Windows 10 yang kamu gunakan adalah asli atau palsu.

Dari ulasan di atas, kita bisa tarik kesimpulan jika memeriksa cek OS Windows itu cukup mudah dan tidak rumit.

Memang di satu sisi OS dan beberapa aplikasi lainnya memberikan harga yang mahal jika menggunakan produk asli. Akan tetapi hal ini juga berkaitan dengan hak cipta dan kualitas.

Jika kita menggunakan OS bajakan terus, maka lama-kelamaaan akan sangat berpengaruh pada komponen lainnya.

Termasuk disusupi oleh hacker karena sistem keamanan yang tidak bagus. Semoga artikel ini bermanfaat ya sob.

Video terbaru dari channel resmi Androbuntu: