Cara Daftar Akun Mi di HP atau PC

Akun Mi adalah layanan yang dimiliki oleh perusahaan Xiaomi, yang terintegrasi dengan ponsel buatannya, terutama yang menggunakan ROM MIUI.

Ponsel Xiaomi memang akan lebih maksimal fitur dan penggunaannya jika menggunakan Akun Mi.

Ibaratnya seperti iPhone dan Apple ID, nah di Xiaomi ada yang namanya Akun Mi ini.

Namun untuk sebagian orang masih ada yang belum paham mengenai apa itu Akun Mi, apa fungsinya, dan bagaimana cara untuk mendaftarnya.

Maka dari itu saya menulis artikel ini.

Layanan yang Bisa Digunakan di Mi Account

Beberapa diantara kamu yang baru pertama kali menggunakan ponsel buatan Xiaomi mungkin belum familiar dengan Akun Mi.

Dan menganggapnya tidak begitu menarik.

Padahal menurut saya jika kamu ingin memaksimalkan ponsel Xiaomi, maka dengan menggunakan Akun Mi adalah salah satu yang wajib kamu coba.

Karena dengan mendaftar Akun Mi, kamu bisa menggunakan layanan-layanan di bawah ini:

  • Mi Cloud: Layanan ini memungkinkan kamu untuk menyimpan berbagai macam data dan file ke server penyimpanan awan Xiaomi, mulai dari foto, video, dan masih banyak lagi. Jadi jika sewaktu waktu ponsel kamu hilang atau rusak, maka kamu dapat mengembalikan semua video dan foto kamu menggunakan layanan ini.
  • MIUI Theme Store: Sudah tahu ‘kan kalau di Xiaomi kita bisa gonta-ganti tema sesuka hati? Nah, toko tema ini hanya dapat diakses jika kamu sudah memiliki Akun Mi. Sayang banget ‘kan kalau Sobat Androbuntu tidak memanfaatkan layanan ini?
  • MIUI Forum: Seperti namanya, disini kamu bisa saling berbagi informasi dengan pengguna Xiaomi lainnya dari seluruh dunia. Kamu bisa berbagi pengetahuan tentang Xiaomi, atau mendapatkan informasi baru dari para pengguna Xiaomi lainnya.
  • Dan masih banyak lagi layanan yang bisa kamu gunakan jika menggunakan Akun Mi. Silahkan kamu eksplor sendiir di ponsel Xiaomi kamu.

Cara Daftar Akun Mi

Pihak Xiaomi memberikan kita kemudahan untuk mendaftarkan Akun Mi dengan cara menyediakan dua pilihan untuk mendaftar yaitu melalui ponsel Xiaomi langsung atau melalui website.

Dalam tutorial kali ini saya akan membahas keduanya agar Sobat Androbuntu dapat mengikuti keduanya atau memilih salah satunya yang paling kamu anggap mudah.

1. Daftar Langsung dari HP Xiaomi

  • Buka menu Setelan
  • Gulir ke bawah lalu klik menu Akun
  • Kemudian pilih Akun Mi
  • Berikutnya klik tombol Buat akun
  • Akan ada dua pilihan metode, yaitu menggunakan nomor HP dan Email. Saya sarankan gunakan cara kedua yaitu menggunakan nomor email.
  • Berikutnya masukan data data yang diperlukan seperti lokasi negara, email dan kata sandi pada kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol Buat akun.
  • Lihat Xiaomi akan mengirimkan email konfirmasi ke kamu. Buka email kamu kemudian klik tombol Aktivasi akun pada email yang dikirim oleh Xiaomi Corporation.
  • Setelah klik tombol aktivasi akun maka Akun Mi kamu sudah bisa digunakan.

2. Daftar dari Wbsite Resmi Xiaomi

  • Buka browser kemudian kunjungi situs resmi Xiaomi: https://account.xiaomi.com/pass/register?_locale=in_ID
  • Masukan alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Xiaomi
  • Setelah itu klik tombol Buat Akun Mi
  • Lalu buat sebuah password untuk Akun Mi kamu tersebut
  • Berikutnya cek email kamu dan buka email dari Xiaomi, klik link yang ada di dalam email tersebut untuk mengkonfirmasi pembuatan Akun Mi
  • Setelah itu maka Akun Mi Sobat Androbuntu sudah selesai dibuat dan dapat digunakan di ponsel Xiaomi

Manfaat Mendaftar Akun Mi

Jika kamu adalah pengguna produk Xiaomi terutama lini smartphone-nya, maka dengan mendaftar Akun Mi kamu akan mendapatkan banyak sekali.

Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Bisa Unlock Bootloader

Jika kamu suka ngoprek perangkat Xiaomi kamu seperti misalnya menginstall Custom ROM, maka setidaknya perangkat kamu harus di Unlock Bootloader (UBL) terlebih dahulu.

Jika belum di UBL, maka perangkat kamu tidak bisa dipasang Custom ROM.

Nah, kamu bisa melakukannya jika sudah memiliki Akun Mi.

2. Memakai Berbagai Layanan yang Disediakan oleh Xiaomi

Xiaomi memiliki berbagai macam layanan khusus untuk para pengguna Akun Mi.

Beberapa diantaranya adalah Mi Cloud untuk menyimpan foto dan video di cloud, sinkronisasi catatan, dan masih banyak lagi.

3. Menggunakan Mi PC Suite

Mi PC Suite adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berhubungan dengan ponsel dan komputer kamu.

Kamu bisa memindahkan data dari ponsel ke komputer atau sebaliknya, kamu bisa backup data ponsel dari komputer, kamu juga bisa melakukan pembaruan perangkat lunak dari komputer.

Pokoknya Mi PC Suite ini berguna banget deh.

Dan ini hanya bisa digunakan jika kamu sudah memiliki Akun Mi.

4. Melacak HP Xiaomi yang Hilang

Sama seperti Apple ID untuk perangkat buatan Apple, Akun Mi juga digunakan untuk melacak ponsel Xiaomi kamu jika sewaktu waktu perangkat tersebut hilang atau dicuri orang.

Tentu hal ini hanya bisa dilakukan jika ponsel kamu sudah terhubung dengan Akun Mi.

Kamu dapat menggunakan fitur pelacakan ini di website Xiaomi.

Pemikir, cowok rumahan.