Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Android

SIM card merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika kita menggunakan sebuah ponsel. Tanpa adanya SIM card, kita tidak dapat terhubung ke internet, terutama jika kamu sering berpergian keluar rumah.

Jika kamu lebih sering di rumah sih masih mending, kamu bisa menggunakan WiFi untuk berselancar di internet. Dengan SIM card juga, kita bisa menerima telepon ataupun menelepon orang lain. Begitu juga dengan mengirim dan menerima SMS, ya walaupun yang satu ini saya yakin kamu sudah jarang melakukannya.

Nah, lantas bagaimana jika hp kamu tidak bisa membaca SIM card? Itu tentu akan menjadi momok yang menakutkan, kamu akan terputus dari internet, tidak bisa menerima telepon dan SMS, intinya hp kamu jadi seperti barang yang tidak ada gunanya.

Jika kamu sedang mengalami hal ini, coba lakukan beberapa langkah di bawah ini, semoga bisa membantu mengatasinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android

1. Restart HP Android

Jangan langsung panik jika kamu mendapati SIM Card terbaca di HP Android, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah merestart HP. Bisa jadi itu hanyalah error ringan, dan biasanya akan teratasi dengan cara merestart HP.

Untuk kamu yang belum tahu, cara merestart HP sangatlah mudah yaitu tinggal tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik. Lalu nanti di layar akan ada beberapa pilihan, pilih Restart Ponsel.

Kemudian HP Android kamu akan restart, coba lihat apakah kini SIM Card sudah kembali terbaca atau belum.

Dalam banyak kasus, cara pertama ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah apabila kartu SIM tiba-tiba tidak terbaca di HP Android kamu. Selain itu, cara ini juga dapat kamu coba jika kamu menggunakan iPhone.

2. Bersihkan Kartu SIM

Salah satu penyebab umum kartu SIM tidak bisa dibaca oleh HP Android biasanya adalah karena adanya kotoran yang menempel di kartu. Sehingga sensor pembaca kartu SIM di HP Android tidak dapat mendeteksinya.

Hal ini biasanya dialami jika kamu sering memindahkan kartu SIM dari satu perangkat ke perangkat lain. Karenanya ada kemungkinan kotoran akan menempel selama proses pemindahan kartu.

Untuk mengatasi masalah ini, Sobat Androbuntu dapat mencoba membersihkan kartu SIM terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam HP. Caranya bersihkan bagian berwarrna kuning yang ada di kartu SIM menggunakan kapas atau tisu yang lembut.

Bersihkan dengan gerakan yang pelan, jangan sampai kalian menggores kuningannya. Setelah dirasa bersih, silahkan masukkan kembali kartu SIM ke dalam HP.

3. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara ketiga yang bisa di coba jika cara pertama dan kedua tidak berhasil adalah dengan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Dengan melakukan ini, maka seluruh data kamu akan hilang dari HP.

Maka dari itu alangkah baiknya back up terlebih dahulu seluruh data kamu, mulai dari foto, video, kontak, dan lainnya.

Kalau sudah, ikuti langkah-langkah ini untuk factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Coba lihat apakah kartu SIM sudah terbaca atau belum setelah mengikuti tutorial tersebut.

4. Coba SIM Card Lain

Bisa jadi yang mengalami kerusakan adalah HP kamu, bukan SIM Card-nya. Bagaimana cara untuk mengetahui hal tersebut?

Salah satunya bisa dengan mencoba SIM Card lain di HP kamu. Pertama, keluarkan SIM Card lama, kemudian masukkan SIM Card baru ke HP.

Coba lihat, apakah SIM Card baru tersebut terbaca di HP atau tidak? Kalu terbaca, berarti SIM Card lama kamu yang bermasalah.

Dan jika tidak terbaca juga, itu berarti HP kamu yang bermasalah.

5. Bawa HP ke Service Center

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membawa hp service center resmi.

Katakan pada mereka bahwa hp kamu tidak bisa membaca SIM card.

Biasanya nanti akan dilakukan pengecekan, dan nanti akan diputuskan apakah hp kamu harus di servis atau tidak.

Silahkan cari di Google lokasi service center paling dekat yang ada di kota kamu.

Itu dia tadi 5 cara mengatasi SIM card yang tidak terbaca di HP Android. Semoga dengan mengikuti cara-cara diatas, hp kamu bisa kembali normal seperti sedia kala.

Jadi kamu bisa chatting, menonton video, dan membaca androbuntu.com lagi.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari