Cara Memperbesar Resolusi Foto secara Online

Sejak zaman dahulu, foto telah menjadi aset penting karena berfungsi sebagai sarana dalam mengabadikan tiap momen atau kenangan yang berharga dalam hidup.

Sayangnya, tidak semua hasil jepretan kamera sesuai ekspektasi.

Foto pun dapat terlihat kabur karena kurangnya fokus pada proses pengambilan gambar atau resolusi kamera yang terlalu rendah.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara memperbesar resolusi foto secara online.

Kini sudah banyak situs web yang menyediakan layanan pembesaran resolusi foto.

Berikut ini ulasan mengenai prosedur dalam memperbesar resolusi foto secara digital. Simak hingga akhir artikel, ya!

Penyuntingan Foto dengan Website Waifu2x

Menyoal cara memperbesar resolusi foto secara online, Sobat Androbuntu bisa menggunakan situs web Waifu2x untuk melakukannya.

Meskipun namanya terkesan ada kaitannya dengan anime, sesungguhnya, website Waifu2x difungsikan untuk membantu para pengunjungnya untuk memperbesar resolusi gambar atau foto secara gratis!

Di bawah ini ialah panduannya.

  1. Buka browser pada komputermu dan kunjungi situs web Waifu2x pada alamat waifu2x.booru.pics atau http://waifu2x.udp.jp/.
  2. Masuklah pada laman depan situs dan pilih opsi “Type URL” atau “Choose File” guna memilih foto atau gambar pada gallery di komputer yang kamu ingin edit.
  3. Lakukan pengaturan pada opsi “Setting” guna menambah kualitas gambar atau foto.
  4. Untuk pilihan “Style,” terdapat dua pilihan, yakni “Artwork” atau “Photo.” Tentunya, kamu akan mengambil opsi “Photo” dalam hal ini.
  5. Pada menu “Noise Reduction,” pilihlah opsi “High” untuk meraih kualitas foto atau gambar terbaik.
  6. Selanjutnya, pada menu “Scale”, kamu dapat memilih opsi “None” atau “2x.” Ada baiknya kamu pilih opsi “2x” karena mutu gambarmu akan semakin meningkat.
  7. Jangan lupa untuk memverifikasi “I’m not a robot” agar bisa melanjutkan proses penyuntingan.
  8. Jika sudah melakukan verifikasi, kamu dapat memilih tombol “Convert” pada bagian bawah laman untuk melakukan konfirmasi penyelesaian proses penyuntingan gambar/foto.
  9. Setelah itu, tunggu proses pengeditan hingga selesai, ya!
  10. Seusai proses edit, kamu dapat menyimpan fail gambar/foto dalam format JPG atau PNG. Untuk sekadar tips, pilihlah format PNG karena kualitas gambarmu akan menjadi lebih baik serta tak mudah “pecah” jika dibandingkan dengan format JPG.
  11. Terakhir, kamu pun dapat mengunduh gambar dari aplikasi di situs web Waifu2x dengan menekan tombol “Download” tepat di sebelah kanan tombol “Convert.” Kemudian simpan fail hasil unduhan tersebut di komputermu.

Penyuntingan Gambar Menggunakan Situs Web ILoveIMG

Selain dengan Waifu2x, cara memperbesar resolusi foto secara online juga dapat dilakukan melalui situs web ILoveIMG.

Jika kamu masih merasa asing, ILoveIMG merupakan sebuah website yang menawarkan beragam fitur secara gratis pada para penggunanya, termasuk memperbesar ukuran resolusi foto maupun gambar.

Selain memperbesar resolusi foto/gambar, ILoveIMG juga mampu mengubah (convert) fail gambar ke dalam bentuk JPG, Crop, Compress, menambahkan watermark pada gambar/foto, dan masih banyak lagi!

Berikut ini sejumlah cara memperbesar resolusi foto secara online melalui situs ILoveIMG.

  1. Pertama, bukalah browser (seperti Chrome, Mozilla, atau Opera) pada gawaimu (laptop, PC, ponsel pintar, atau tablet).
  2. Kunjungi situs web ILoveIMG pada alamat https://www.iloveimg.com.
  3. Selanjutnya, Sobat Androbuntu akan melihat halaman depan dari situs ILoveIMG. Pilihlah menu “Resize Images” dan pilih “Select Images” untuk memilih foto yang ingin disunting dari tempat penyimpanan foto di gawaimu (atau di dalam situs penyimpanan “cloud” seperti Dropbox atau Google Drive).
  4. Kamu juga dapat langsung menarik gambar atau foto ke arah laman (drop images here).
  5. Setelah menentukan foto atau gambar yang hendak diedit, kamu akan dihadapkan dengan pilihan “Resize Options” >> “By Pixels” atau “By Percentage.” Jika kamu memilih untuk memperbesar resolusi gambar dengan “By Pixels,” kamu akan harus memilih angka sesuai keperluan pada kolom Height (tinggi) dan Width (lebar).
  6. Bila kamu memilih opsi “By Percentage,” kamu akan diarahkan untuk memilih dua opsi di bawahnya: “25% Smaller” atau “50% Smaller.”
  7. Kamu juga dapat menambahkan jumlah foto yang akan diubah resolusinya dengan memilih fitur “Add More Images” di sebelah kanan atas gambar/foto yang telah dipilih sebelumnya.
  8. Setelah menentukan pilihan, tekan tombol besar “Resize Images” di bagian sudut kanan bawah laman.
  9. Terakhir, tekan tombol besar “Download Resized Images” untuk mengunduh sekaligus menyimpan hasil editan foto sebelumnya. Selesai!

Kesimpulan

Nah, sebelum melakukan pembesaran resolusi foto secara online, sebaiknya ketahui terlebih dahulu keunggulan maupun kelemahan dari masing-masing situs web.

Keunggulan:

  • Proses penyuntingan yang ditawarkan cukup mudah dilakukan
  • Tidak membutuhkan waktu terlalu lama
  • Sebagian fitur dapat dinikmati secara gratis
  • Hasil editan foto yang cukup berkualitas
  • Pengguna tidak diharuskan untuk mengunduh aplikasi apapun

Kelemahan:

  • Lebih banyak fitur berbayar dibandingkan fitur gratisnya
  • Harus menggunakan sambungan internet
  • Tidak terdapat fitur history dari proses penyuntingan foto
  • Kadang, pewarnaan pada hasil editan foto dirasa kurang tepat

Demikianlah pembahasan tentang cara memperbesar resolusi foto secara online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.