10 Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik di Android

Tidak diragukan lagi bahwa TikTok adalah salah satu media sosial dengan jumlah terbanyak saat ini. Karenanya, hampir semua orang memiliki akun di TikTok.

Tidak hanya itu saja, orang-orang juga berlomba-lomba untuk membuat video TikTok. Entah itu sekedar iseng, hobi atau memang ingin viral dan menjadi seleb TikTok.

Di artikel kali ini, saya akan merekomendasikan 10 aplikasi edit video terbaik yang dapat kalian gunakan untuk mengedit video TikTok kalian. Dengan begitu video TikTok kalian akan terlihat lebih menarik.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

1. VN

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa aplikasi edit video yang tersedia di Android hanya dapat digunakan untuk mengedit video-video sederhana. Itu tidak sepenuhnya benar, karena VN dapat kalian gunakan untuk mengedit video tingkat lanjut.

Salah satu fitur unggulan VN adalah multi-track video editor yang memungkinkan Sobat Androbuntu untuk menambahkan video, foto, stiker dan teks ke dalam satu timeline video. Dengan begitu kalian dapat mengedit video TikTok dengan hasil yang maksimal.

Saya juga sangat suka dengan fitur intelligent cutout yang memungkinkan kita untuk memotong latar belakang video. Cocok untuk kalian yang sering membuat video dengan latar belakang green screen.

2. YouTube Create

Seperti namanya, ini adalah aplikasi resmi buatan Google yang dapat kita gunakan untuk mengedit video. Namun walaupun menggunakan nama YouTube Create, aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengedit video apapun, termasuk video TikTok.

Aplikasi ini dilengkapi dengan tampilan yang modern dan simpel. Untuk fitur dasar seperti trim, audio, GIF dan semacamnya, kalian dapat menemukannya dengan mudah dibagian bawah tampilan video.

Yang paling menarik dari YouTube Create adalah aplikasi ini sepenuhnya gratis. Selain itu aplikasi ini juga tidak menampilkan iklan didalamnya. Jadi lebih nyaman digunakan dibanding beberapa aplikasi edit video lain.

3. Quik

Salah satu format video populer yang banyak diunggah pengguna TikTok adalah video slideshow. Yaitu kumpulan foto yang dijadikan satu dalam sebuah video kemudian ditambahkan backsound musik.

Jika kalian tertarik untuk membuat video semacam itu, kalian dapat menggunakan aplikasi bernama Quik. Dengan aplikasi ini, kalian hanya perlu memilih foto dan juga video, maka selanjutnya video slideshow kalian akan jadi dalam sekejar.

Di aplikasi ini juga tersedia banyak musik latar belakang yang siap untuk digunakan. Quik dapat mempersonalisasi 23 koleksi gaya berbeda dan merancangnya agar dapat dikenali.

4. PowerDirector

Kalian pasti sering melihat video-video di TikTok dengan beragam efek transisi yang memukau bukan? Tertarik untuk membuat video semacam itu?

PowerDirector adalah salah satu aplikasi yang dapat kalian coba. Selain itu kalian juga dapat memilih lebih dari 30 efek dan transisi berbeda yang siap untuk digunakan.

Tidak hanya itu saja, PowerDirector juga dilengkapi dengan lebih dari 100 fitur pengeditan video dan audio. Dengan begitu video TikTok kamu akan menjadi lebih menarik seperti milik para seleb TikTok.

5. KineMaster

Walaupun video TikTok hanya berupa video-video pendek, namun jangan kesampingkan kualitasnya. Semakin tinggi kualitasnya biasanya akan lebih disukai oleh para pengguna TikTok.

Jika ingin video kamu disukai oleh para pengguna TikTok, maka cobalah untuk merekamnya dalam format 4K. Kemudian kamu dapat mengeditnya menggunakan aplikasi KineMaster.

KineMaster merupakan salah satu dari beberapa aplikasi edit video yang mendukung pengeditan video 4K. Tidak hanya itu saja, KineMaster juga tersedia di iOS.

6. Alight Motion

Alight Motion adalah salah satu dari sedikit aplikasi edit video profesional yang tersedia untuk Android. Alight Motion dilengkapi dengan fitur-fitur tingkat lanjut seperti yang biasa kalian temukan pada aplikasi edit video di PC.

Sobat Androbuntu dapat menambahkan animasi, color grading, efek visual, dan fitur-fitur tingkat lanjut lainnya. Kekurangan aplikasi ini mungkin hanya satu, yaitu kita harus membayar biaya langganan jika ingin menggunakannya secara penuh.

Jika kita tidak berlangganan, maka akan ada tanda air Alight Motion di setiap video yang kita edit. Namun jika kalian memang sering mengedit video maka berlangganan Alight Motion adalah investasi yang bijak.

7. CapCut

CapCut menjadi salah satu aplikasi edit video TikTok yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Tidak lain dan tidak bukan penyebabnya adalah karena kemudahan penggunaannya.

Ada ratusan ribu template yang siap untuk digunakan. Kamu hanya perlu memilihnya dari dalam aplikasi, kemudian masukkan aset video dan gambar, maka video kalian akan jadi dan siap untuk diunggah ke TikTok.

Di YouTube juga banyak orang yang membuat video tutorial bagaimana cara untuk menggunakan CapCut. Jadi kalian tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya.

8. InShot

Dibekali dengan antarmuka yang sederhana, InShot merupakan aplikasi edit video gratis yang ramah bagi pemula. Kemudahan dalam penggunaannya memang menjadi nilai tambah tersendiri bagi aplikasi ini.

Aplikasi edit video ini dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti mengedit video, menambahkan bingkai dan teks, serta menggabungkan berbagai video yang berbeda.

Pengembangan aplikasi ini juga sangat aktif. Hampir setiap minggu pengembangnya menambahkan fitur-fitur baru ke dalam aplikasi InShot.

9. Filmora

Sebagai salah satu dari 10 aplikasi edit video TikTok terbaik, Filmora dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti template, stiker, musik, dan bingkai.

Yang membuat aplikasi ini berbeda adalah kamu bisa menggunakan berbagai jejaring sosial dan sudut memori ponsel untuk menghasilkan konten video yang berbeda.

Filmora juga dilengkapi dengan perpustakaan musik gratis yang siap untuk digunakan. Berbagai jenis musik tersedia di aplikasi ini. Kamu bisa menggunakan musik tersebut dengan bebas tanpa takut melanggar hak cipta.

10. LightCut

Aplikasi edit video TikTok yang satu ini belum terlalu populer karena memang usianya belum terlalu tua. Namun percayalah bahwa kalian akan menyukainya.

Untuk kamu yang hobi membuat video dengan efek tilt-shift, maka kamu dapat melakukannya di LightCut. Jadi kini kamu tidak perlu menggunakan komputer lagi untuk membuat video semacam itu.

Yang tidak kalah menarik ialah fitur integrasi dengan perangkat DJI. Jadi untuk kamu yang sering merekam video dengan Drone DJI, ini adalah aplikasi yang tepat untuk mengedit video-video kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari