Domain .id vs .com, Mana yang Lebih Baik?

Jika ingin membangun sebuah website, tentu hal paling penting yang harus dimulai sebagai langkah pertama adalah domain. Selayaknya alamat, domain merupakan petunjuk arah agar pengguna internet bisa berkunjung ke website Anda. Hanya saja dalam urusan menentukan domain, ada perdebatan baru yang muncul mengenai lebih baik mana domain id vs com.

Seperti yang Anda tahu, ada banyak sekali pilihan ekstensi domain yang dijual mulai dari .org, .online, .site, .my.id, .xyz, .net dan tentunya .id serta .com. Jika disuruh memilih, dua ekstensi terakhir yakni .com dan .id bisa dibilang yang paling populer. Apalagi untuk .com yang menjadi ekstensi domain paling banyak digunakan di dunia.

Apakah ini artinya ekstensi domain .com jauh lebih baik daripada .id? Belum tentu. Nah supaya makin paham, berikut akan kami bahas lebih mendalam mengenai domain id vs com sehingga Anda bisa memilih yang paling tepat.

Seputar Kelebihan dan Kekurangan Domain id vs com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ekstensi domain .com jadi yang terpopuler di dunia. Sehingga sedikit banyak membuat website dengan ekstensi .com, bakal berpotensi dikunjungi banyak orang. Namun itu bukan berarti website .id kalah kredibilitas, karena justru domain .id punya keunggulan yang tidak mudah ditiru.

Supaya makin paham, berikut beberapa ulasan penting soal domain id vs com:

1. Pihak Pengelola

Sebagai domain internasional, ekstensi .com dikelola oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang membuatnya menjadi domain internasional dan dipakai banyak sekali website-website brand populer seperti facebook.com, instagram.com, bahkan startup raksasa asal Indonesia, gojek.com atau tokopedia.com.

Sedangkan domain .id, dikelola dan dikeluarkan PANDI (Pengelola Domain Indonesia) dengan tujuan besar agar seluruh masyarakat Indonesia mempunyai website.

2. Kepemilikan

Lantaran dikelola oleh ICANN, siapapun orang di seluruh dunia ini berhak memiliki domain dengan ekstensi .com. Namun untuk .id, domain ini cuma boleh dimiliki oleh WNI (Warga Negara Indonesia). Selain itu, ekstensi .id dianggap sangat eksklusif dan punya profesionalitas tinggi sehingga hak kepemilikannya dibatasi.

Misalkan saja ekstensi .co.id hanya boleh dipakai perusahaan di Indonesia, .net.id untuk perusahaan-perusahaan ISP hingga go.id yang cuma boleh dimiliki instansi pemerintahan. Namun khusus untuk .id, dapat dimiliki setiap WNI secara pribadi.

3. Cara dan Syarat Pembelian Domain

Terakhir, perbandingan domain id vs com terletak dari cara dan syarat pembelian. Anda bisa membeli .com di layanan penjualan domain lokal atau internasional tanpa syarat berbelit. Sementara khusus ekstensi .id, cuma bisa dibeli di penjual domain lokal dan mewajibkan syarat KTP. Bahkan khusus untuk pembelian .go.id atau .co.id, sampai diperlukan nomor SIUP dan NPWP.

Niagahoster Promo Domain id untuk Anda

Tentu saja dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa baik ekstensi domain .com atau .id sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya. Hanya saja jika Anda benar-benar menjunjung tinggi nasionalisme, membeli ekstensi .id adalah keharusan. Apalagi saat ini, Niagahoster sebagai layanan kebutuhan website berkualitas tengah menggelar promo domain id.

Dalam masa promo ini, Anda bisa memperoleh ekstensi domain .id dengan harga yang lebih terjangkau. Dilengkapi dengan proteksi WHOIS, website yang menggunakan .id tentu akan jauh lebih aman saat dikelola. Hal ini tentu sesuai dengan keinginan Niagahoster dalam menyediakan ekstensi domain populer, berkualitas, terjamin keamanan dan pastinya punya harga sangat kompetitif.

Pemikir, cowok rumahan.


Video terbaru dari channel resmi Androbuntu:



Join Grup Telegram Androbuntu, Yuk!

Di grup ini kamu bisa berdiskusi dengan pembaca Androbuntu lainnya yang juga memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi.

Gabung Grup Telegram
%d blogger menyukai ini: