Cara Edit Video untuk Postingan Instagram Kamu

Salah satu platform media sosial yang paling menjadi pilihan, Instagram memiliki jutaan pengguna yang masuk setiap jam nya. Awalnya Instagram sebenarnya adalah platform berbagi foto, hari ini, video adalah bagian penting dari keberadaannya. Dengan konten video setara ribuan jam yang di upload setiap harinya, kamu harus mengedit video kamu sampai sempurna sebelum mempostingnya di Instagram.

Video yang di edit dengan baik memiliki kesempatan lebih tinggi untuk muncul di hadapan penonton dan menjadi viral di platform tersebut. Untuk memastikan agar video kamu mendapatkan popularitas yang pantas, berikut ini adalah beberapa tips mengedit video.

Gunakan Filter yang Disediakan di Aplikasi Instagram

Cara Edit Video untuk Postingan Instagram Kamu by Androbuntu 1

Jika kamu baru dalam edit video dan tidak tahu dari mana memulainya, hal teraman yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan filter yang disediakan oleh aplikasi media sosial ini. Antarmuka aplikasi Instagram menampilkan pilihan untuk menambahkan filter ke video yang kamu posting di Stories ataupun sebagai postingan biasa.

Filter sangat berguna jika kamu terburu-buru dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengedit video. Semakin banyak kamu memposting video, kamu akan mulai mencari cara untuk mengedit video Instagram dan bisa mulai mempertimbangkan tips lain dibawah ini.

Manfaatkan Keunggulan Alat Invideo

Invideo by Androbuntu

Invideo adalah salah satu alat edit video tercanggih yang ada di pasaran dan datang dengan antarmuka yang simpel. Tidak peduli pengalaman edit video kamu, ini adalah pilihan yang tepat untuk video Instagram kamu.

Jika kamu menghabiskan waktu beberapa saaat pada aplikasi ini, kamu akan menyaadari ada banyak pilihan untuk kamu mengedit nada, warna, dan tampilan dari video. Dengan Invideo, kamu dapat membuat perubahan ke audio dari sebuah video dan meminimalisir kebisingan.

Tergantung apakah kamu ingin memposting video sebagai Instagram story atau postingan, alat Invideo memberikan kamu kemampuan untuk mengatur aspek rasio.

Gunakan Aplikasi VSCO

Cara Edit Video untuk Postingan Instagram Kamu by Androbuntu 3

Banyak orang mengetahui fitur edit foto pada aplikasi VSCO, tidak banyak diantara kamu yang tahu ada fitur untuk mengedit video Instagram. Alat ini menyediakan beberapa filter gratis yang mengijinkan kamu untuk memelihara estetika merk sambil mempersiapkan video. Yang lebih baik lagi adalah fakta bahwa terdapat paket preset filter yang berguna untuk para pemula dalam bidang edit video.

Jika sebelumnya kamu memiliki pengalaman edit foto, maka alat ini akan berguna untuk kamu karena antarmuka pengeditan aplikasi ini terlihat identik seperti alat edit fotonya. Lebih jauh lagi, alat ini menyediakan fitur pengaturan kecerahan, temperatur, dan kontras dari video kamu, dengan begitu menjadikannya pilihan yang tepat untuk mengedit video Instagram. Alat ini memiliki masa percobaan gratis selama seminggu dan datang dengan biaya berlangganan tahunan seharga $19.99.

Coba Aplikasi Color Story

Cara Edit Video untuk Postingan Instagram Kamu by Androbuntu 4

Jika kamu mencari alat edit foto untuk seseorang dengan keahlian edit rata-rata, maka Color Story adalah pilihan yang tepat. Di sini, proses pengeditan berjalan intuitif, dan kamu hanya perlu meng-klik Album setelah membuka alat.

Pilih video dan kemudian pilih filter, efek spesial, atau penggantian lain yang dibutuhkan. Aplikasi dasar tersedia secara gratis baik untuk pengguna Android dan iOS. Jika kamu ingin menjelajah beberapa paket filter tambahan, maka kamu perlu berlangganan.

Bereksperimen dengan Aplikasi InShot

Cara Membuat Video Slow Motion di InShot by Androbuntu 1

Tantangan terbesar yang dihadapi sebagian orang saat mengunggah video ke Instagram adalah fakta bahwa konten tidak di optimasi untuk platform tersebut. Ini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi InShot. Kamu perlu membuka aplikasi dan memilih mode ‘Canvas’, dan kamu akan mendapatkan pilihan untuk mengaatur ukuran untuk Instagram Stories atau postingan.

Penggantian ukuran dan mengganti rasio aspek terjadi tanpa perubahan apapun ke kualitas video. Lebih jauh lagi, kamu dapat menambahkan filter atau latar belakang atau sesimpel menambahkan gambar sebagai latar belakang. Ini meninggalkan banyak ruang untuk kebebasan kreativitas dan sebuah pilihan ideal untuk para influencer dan merk yang mencari tanda pada platform.

Coba Aplikasi iMovie

Cara Edit Video untuk Postingan Instagram Kamu by Androbuntu 6

Jika kamu memiliki Macbook dan suka mengedit video di desktop, maka iMovie adalah pilihan sempurna untuk kebutuhan edit video Instagram kamu. Alat ini memiliki fitur mutahir yang memungkinkan kamu untuk menambahkan latar belakang, judul dan transisi untuk video Instagram kamu. Bagian terbaik dari alat ini adalah tersedia secara gratis dan sudah terpasang di semua perangkat Mac.

Di sini, kamu memulai perjalanan edit video Instagram dengan membuka sebuah proyek dan kemudian memilih video yang ingin kamu kerjakan. Kamu kemudian memilih ikon filter dan membuat pilihan akan seperti apa video-nya terlihat nanti. Setelah pemilihan filter, kamu ketuk pilihan di luar menu untuk menyelesaikan pilihan dan kemudian mengekspor video. Aplikasi iMovie juga memiliki fitur khusus yang memungkinkan kamu untuk mengedit video vertikal.

Manfaatkan Adobe Premiere Pro Sebaik-baiknya

Cara Edit Video untuk Postingan Instagram Kamu by Androbuntu 7

Untuk yang sebelumnya memiliki pengalaman edit video, kami merekomendasikan kamu untuk memilih Adobe Premiere Pro. Alat ini memungkinkan kamu untuk mengedit video lebih lanjut dan memiliki Programmed Lookup Tables (LUT). LUT adalah perhitungan kode matematik yang di program untuk mengubah warna dari rekaman.

Dengan cara ini, jika kamu menghabiskan beberapa saat pada aplikasi, kamu akan mendapatkan koleksi LUT dan mengaplikasikan nada yang sama ke video kamu. Jika kamu adalah seorang influencer, seseorang yang ingin memanjakan brand dalam pemasaran video, atau siapa pun yang ingin sering memposting video Instagram, maka fitur LUT ini benar-benar akan berguna untuk kamu.

Jadi, saat ini ada beberapa alat edit video yang cocok untuk video Instagram. Kamu perlu mengidentifikasi kebutuhan edit video kamu untuk mengukur mana di antara alat di atas yang bekerja baik untuk kamu. Saat kamu mulai mencari pengoptimalan editi yang kamu inginkan dan dapat kamu lakukan, semoga artikel ini berguna pada beberapa poin di perjalanan kamu.

Pemikir, cowok rumahan.

Kalau Berani, Komentar Dong!


Video terbaru dari channel resmi Androbuntu:



Join Grup Telegram Androbuntu, Yuk!

Di grup ini kamu bisa berdiskusi dengan pembaca Androbuntu lainnya yang juga memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi.

Gabung Grup Telegram
%d blogger menyukai ini: