Cara Meminta Pembayaran di PayPal

Fitur minta pembayaran adalah salah satu fitur di PayPal yang memudahkan kita untuk menagih pembayaran dari klien atau rekan bisnis.

Jadi, alih-alih menunggu klien kita mengirimkan pembayaran ke akun PayPal kita, kita bisa lebih dahulu melakukan permintaan.

Jadi nanti dari pihak klien akan langsung menyetujui (atau menolak) melakukan pembayaran sesuai dengan nilai yang kita inginkan.

Jika kamu mendapatkan klien dari luar negeri, biasanya mereka akan meminta kamu membuat permintaan pembayaran di PayPal alih-alih mereka yang langsung melakukan pembayaran ke alamat email PayPal kamu.

Baca juga:

Table of Contents

Cara Meminta Pembayaran di PayPal

Sebelum mengikuti tutorial dibawah ini, pastikan kamu sudah mengetahui alamat email PayPal dari orang yang ingin kamu mintai pembayaran.

Tutorial dibawah ini saya lakukan menggunakan aplikasi PayPal di Android, namun kamu tetap dapat mengikutinya di iOS juga. Jadi tinggal sesuaikan saja.

Jika ada perbedaan tampilan, mungkin versi aplikasi PayPal yang kita gunakan berbeda.

Namun secara garis besar fitur ini tetap sama cara menggunakannya.

1. Buka aplikasi PayPal, kemudian pastikan Sobat Androbuntu sudah login. Jika sudah, ketuk tombol Minta.

Cara Meminta Pembayaran di PayPal by Androbuntu 1

2. Ketuk kolom Nama atau email.

Cara Meminta Pembayaran di PayPal by Androbuntu 2

3. Selanjutnya tinggal masukkan saja alamat email PayPal milik klien kamu di kolom tersebut. Jika email tersebut memang terhubung dengan akun PayPal, nanti dibawah kolom akan ada tombol Minta dari [email protected] (contoh). Ketuk tombol tersebut.

Cara Meminta Pembayaran di PayPal by Androbuntu 3

4. Selanjutnya tinggal masukkan saja jumlah uang yang kamu minta dari pemilik akun PayPal tersebut. Kamu juga bisa menambahkan catatan yang berisi apa tujuan dari permintaan uang tersebut. Kalau sudah di isi semua, ketuk tombol Periksa.

Cara Meminta Pembayaran di PayPal by Androbuntu 4

5. Berikutnya akan muncul sebuah layar kecil yang berisi ringkasan dari permintaan pembayaran Sobat Androbuntu. Mulai dari jumlah uang yang di minta, hingga alamat email PayPal yang di tuju. Silahkan periksa sekali lagi apakah sudah benar atau belum. Kalau sudah, ketuk Kirim Permintaan.

Cara Meminta Pembayaran di PayPal by Androbuntu 5

6. Akan muncul lagi jendela yang berisi ringkasan permintaan uang kamu. Kini lebih lengkap, mulai dari jumlah uang yang diminta, alamat email PayPal yang di tuju, hingga catatan yang kamu tulis. Ketuk Selesai.

Cara Meminta Pembayaran di PayPal by Androbuntu 6

Catatan

Dengan mengirim permintaan pembayaran PayPal seperti tutorial di atas, maka pihak yang akan membayar fee (biaya layanan PayPal) adalah pihak yang mengirim permintaan pembayaran, dalam hal ini kamu.

Jadi pastikan kamu sudah siap dengan hal ini dan tidak kaget nantinya ya.

Jika kamu tidak ingin menjadi pihak yang membayar biaya lananan PayPal, maka kamu bisa meminta klien kamu yang mengirimkan uang tanpa perlu kamu mengirimkan permintaan pembayaran.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar