Cara Mengetahui Mac Kamu Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon

Pada ajang WWDC 2020 lalu, Apple memberikan pengumuman yang cukup mengejutkan, yaitu tentang rencana mereka untuk menggunakan prosesor buatan mereka sendiri untuk Mac terbaru dan meninggalkan prosesor Intel.

Apple Silicon adalah prosesor ARM, yang mana itu berarti penggunaan prosesor ini akan membuat Mac jadi lebih hemat baterai, lebih cepat dan lebih tipis.

Prosesor buatan Apple ini mulai digunakan di Mac keluaran 2021 dan seterusnya.

Untuk kamu para pengguna Mac dan masih bingung apakah Mac kamu menggunakan prosesor Intel atau Apple Silicon, ada cara sederhana untuk mengetahuinya.

Langsung saja baca tutorialnya dibawah ini.

Baca juga:

Cara Mengetahui Mac Kamu Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon

Tutorial dibawah ini dapat dilakukan di semua perangkat berbasis macOS, mulai dari Mac, Macbook Pro, Macbook Air, hingga Mac Mini.

1. Ketuk timbol berlogo Apple yang ada di pojok kiri atas.

Cara Mengetahui Mac Kamu Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon by Androbuntu 1

2. Kemudian pilih menu Mengenai Mac Ini.

Cara Mengetahui Mac Kamu Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon by Androbuntu 2

3. Akan muncul jendela kecil berisi informasi mengenai Mac kamu, mulai dari versi macOS yang digunakan, tipe prosesor, hingga nomor serinya. Yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahui jenis prosesor di Mac kamu yaitu pada informasi Prosesor, jika tertulis Intel Core, artinya Mac kamu masih menggunakan prosesor. Contohnya seperti Mac saya dibawah:

Cara Mengetahui Mac Kamu Menggunakan Prosesor Intel atau Apple Silicon by Androbuntu 4

Sedangkan jika informasi yang terpampang adalah Chip Apple M1, itu artinya Mac kamu sudah menggunakan prosesor Apple Silicon. Contohnya seperti dibawah ini:

sumber: howtogeek.com

Apakah Ada Perbedaan Signifikan Antara Mac yang Menggunakan Intel dan Apple Silicon?

Berdasarkan orang-orang yang sudah menggunakan Mac dengan Apple Silicon, katanya sih Mac mereka lebih ngebut dan hemat baterai.

Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Apple Silicon adalah prosesor berbasis ARM yang memang terkenal hemat daya dan lebih unggul dari segi performa.

Jadi untuk Sobat Androbuntu yang ingin membeli Mac baru, saya sarankan untuk membeli yang keluaran 2020 keatas karena sudah menggunakan Apple Silicon.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.

Tinggalkan komentar