Apa itu Dogecoin? dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk kamu yang mengikuti perkembangan mata uang kripto, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Dogecoin. Koin berlogo anjing ini sering trending di Twitter, terutama setiap kali Elon Musk berkicau tentang Dogecoin.

Dan saat itu juga, biasanya harga Dogecin langsung naik. Namun sebenarnya apa sih Dogecoin itu? Apakah mata uang kripto ini bagus untuk dibeli dan di hodl jangka panjang?

Yuk simak ulasan Androbuntu kali ini tentang Dogecoin.

Jadi, Apa sih Dogecoin Itu?

Logo Dogecoin
Logo Dogecoin

Dogecoin adalah mata uang kripto yang berjalan diatas teknologi blockchain, sama seperti Bitcoin. Sedangkan blockchain adalah teknologi buku besar terdistribusi yang aman, yang mencatat seluruh transaksi mata uang digital terdesentralisasi.

Dogecoin diciptakan oleh insinyur perangkat lunak Billy Marcus dan Jackson Palmer pada akhir 2013. Palmer menggunakan nama “Doge” berdasarkan sebuah meme yang populer pada saat itu, yaitu sebuah kata yang sengaja dibuat salah eja “Doge” yang merujuk pada anjing Shiba Inu.

Mata uang kripto bermaskot anjing Shiba Inu ini awalnya dibuat sebagai lelucon untuk para penggemar kripto. Di tahun 2021, popularitas Dogecoin melejit dan nilainya melambung sebesar 5.000%.

Salah satu yang menyebabkan Dogecoin melambung nama dan nilainya adalah karena CEO Tesla, Elon Musk, menyebut bahwa Dogecoin adalah mata uang kripto favoritnya.

Cara Mendapatkan Dogecoin

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan Dogecoin adalah dengan membelinya dari exchange. Dan exchange yang kami rekomendasikan adalah Tokocrypto.

Di Tokocrypto, kamu bisa mendaftar dan memverifikasi akun hanya dalam hitungan menit. Kemudian deposit menggunakan akun bank Indonesia, lalu membeli Dogecoin. Semuanya dapat dilakukan dalam hitungan menit.

Harga Dogecoin Sekarang

Pada saat artikel ini dipublikasikan, harga terakhir Dogecoin adalah Rp. 7.130,- atau sekitar $0.5. Ini tentu akan terus berubah seiring waktu. Kamu bisa mengeceknya langsung di Tokocrypt atau di exchange lainnya.

Selain di exchange, kamu juga bisa memantau harga Dogecin di situs seperti CoinMarketCap dan CoinGecko.

Aplikasi Wallet untuk Menyimpan Dogecoin

Ingin menyimpan Dogecoin di wallet sendiri? Berikut ini adalah beberapa aplikasi Wallet Dogecoin yang Androbuntu rekomendasikan.

Trust Wallet

Trust Wallet merupakan aplikasi dompet multi-kripto, yang artinya dapat digunakan untuk mengirim dan menerima beragam mata uang kripto.

Aplikasi ini mendukung 160.000 aset dari 40+ blockchain, beberapa diantaranya adalah:

  • Bitcoin
  • Dogecoin
  • XRP
  • BNB
  • BAT
  • dan masih banyak lagi

Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan juga Android, jika tertarik menggunakannya, downloa dengan cara ketuk tombol dibawah ini:

Dogecoin Wallet

Ini adalah dompet Dogecoin resmi dari Dogecoin.com. Seperti namanya, aplikasi dompet ini dibuat khusus untuk menyimpan Dogecoin saja.

Wallet ini memiliki beberapa fitur dasar untuk kamu menerima, mengirim dan menyimpan Dogecoin.

Kesimpulan

Dogecin adalah mata uang kripto yang dibuat untuk tujuan lelucon. Jadi sangat tidak direkomendasikan untuk investasi jangka panjang. Beli dan jual di saat yang tepat, jangan menyimpannya untuk jangka panjang karena terlalu beresiko.

Jika ingin mata uang kripto yang aman untuk di simpan dalam jangka panjang, kamu bisa beli Bitcoin.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.