BerandaAndroidCara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi di Android

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi di Android

Google Play Store merupakan salah satu aplikasi penting di sistem operasi Android. Melalui Google Play Store, kita dapat mengunduh aplikasi dan game yang kita inginkan.

Koleksi aplikasi & game yang ada di Play Store pun tidak main-main. Ada ratusan ribu, atau mungkin jutaan aplikasi & game yang dapat kita unduh. Sebagian gratis, sebagian lagi berbayar.

Tanpa adanya Play Store di HP Android, maka kamu harus sering-sering Googling mencari APK setiap kali ingin memasang suatu aplikasi atau game.

Walaupun saat ini kita memang diijinkan untuk memasang aplikasi dari luar Google Play Store, tapi ini tidak praktis.

Kenapa saya bilang tidak praktis? Karena pertama, kita harus melakukan pencarian terlebih dahulu di Google untuk mencari APK dari suatu aplikasi yang ingin kita pasang.

Terkadang ada beberapa situs di internet yang hanya menjebak pengunjungnya saja. Di situs tertulis bahwa mereka menyediakan aplikasi tersebut, nyatanya tidak.

Kedua untuk urusan update. Kita harus mencari APK versi terbaru dari aplikasi tersebut jika update, kemudian memasangnya kembali untuk menggantikan aplikasi versi lama.

Jika kita memasang aplikasi dari Play Store, maka hal itu tidak dibutuhkan lagi. Langkah-langkahnya akan lebih singkat. Kamu hanya perlu membuka Play Store, lalu mencari aplikasi yang diinginkan.

Advertisements

Setiap kali ada update, Google Play akan melakukannya secara otomatis. Namun jika kamu tidak menginginkan update otomatis, kamu masih tetap dapat menonaktifkannya.

Baca juga: Cara Membatalkan Langganan Aplikasi dan Game di Google Play

Keuntungan Menonaktifkan Update Otomatis

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika menonaktifkan update otomatis game dan juga aplikasi di HP Android. Pertama, kamu tidak akan pernah merasakan tiba-tiba kehabisa kuota internet.

Jika kamu adalah orang yang masih sering menggunakan kuota internet (bukan WiFi), tentu kamu harus menghematnya untuk keperluan-keperluan penting saja. Misalnya untuk mengirim pesan WhatsApp, mengirim email, dan semacamnya.

Keperluan yang tidak terlalu urgent seperti update aplikasi, dapat dilakukan di lain hari jika sedang terhubung ke WiFi kantor atau kafe.

Bayangkan jika update otomatis tetap menyala. Sedangkan kuota internet kamu tinggal sedikit. Lalu Google Play Store melakukan update otomatis untuk 10 aplikasi.

Maka itu tentu akan cukup menguras kuota internet kamu. Belum lagi ke esokan harinya, kita tidak tahu aplikasi mana lagi yang akan di update secara otomatis.

Karena itu, menonaktifkan update otomatis di Android merupakan pilihan yang bijak. Lain cerita jika kamu memiliki koneksi WiFi dirumah. Maka fitur ini tidak perlu di nonaktifkan.

Karena sebanyak apa pun aplikasi di update, kamu tidak akan kehabisan kuota internet. Karena biasanya provider WiFi tidak membatasi pemakaian internet para penggunanya.

Advertisements

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi di Android

Letak pengaturan update aplikasi berada di Google Play Store. Jadi semua merk HP Android dapat menggunakan trik ini. Entah kamu adalah pengguna HP Samsung, Xiaomi, Acer, Asus, Realme, OPPO, atau yang lainnya.

Yang terpenting HP kamu menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Jadi, langsung saja, berikut ini adalah cara untuk menonaktifkan update otomatis aplikasi di Android:

Buka aplikasi Google Play Store.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android by Androbuntu 1

Berikutnya ketuk Foto Profil yang ada di aplikasi Google Play.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android by Androbuntu 2

Akan muncul jendela berisi beberapa menu. Pilih menu Setelan.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android by Androbuntu 3

Ketuk tab Umum. Kemudian kamu akan melihat ada beberapa pilihan yang muncul, pilih Update otomatis aplikasi.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android by Androbuntu 4

Biasanya, secara default pilihannya adalah Melalui Wi-Fi saja. Kamu bisa memilih Jangan update otomatis aplikasi. Kemudian ketuk Selesai.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android by Androbuntu 5

Sekarang, semua aplikasi yang kamu unduh dari Google Play Store tidak akan di update secara otomatis lagi. Kamu harus meng-update-nya secara manual.

Advertisements

Jika opsi diatas sudah kamu aktifkan, saya sarankan untuk meng-update aplikasi secara rutin setiap 1 hingga 2 minggu sekali secara manual.

Kenapa?

Karena biasanya dalam kurun waktu 1 atau 2 minggu akan ada update yang cukup penting dari suatu aplikasi atau game. Jadi kamu jangan sampai melewatkannya hanya karena ingin berhemat kuota.

Buka aplikasi Google Play Store > Foto Profil > Aplikasi & game saya > Ketuk tombol Update pada aplikasi / game yang diinginkan.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android by Androbuntu 6

Kamu tidak perlu meng-update semua koleksi aplikasi dan game yang ada. Cukup update aplikasi yang penting dan paling sering kamu gunakan saja.

Loki Fadilah
Loki Fadilah
Pemikir, cowok rumahan.

Artikel lainnya

Cara Mengganti Jam dan Tanggal di HP Samsung

Secara default ketika kita membeli sebuah HP Android, maka...

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di HP Samsung

Di beberapa aplikasi bawaan HP Samsung, seperti galeri, file...

Cara Membuat Banner YouTube di Canva

Untuk kalian yang belum tahu, Banner YouTube adalah sebuah...

Cara Mengganti Wallpaper di HP Samsung

Wallpapaer merupakan salah satu elemen di HP Android yang...

Cara Mengaktifkan NFC di HP Samsung

Salah satu fitur yang kini banyak dibawa oleh ponsel...

Iklan