Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps

Google Maps memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk menyimpan suatu tempat ke daftar favorit. Jadi secara garis besar, fungsi fitur ini adalah seperti bookmark tempat.

Sobat Androbuntu bisa menyimpan tempat yang ingin kamu kunjungi suatu hari nanti. Jadi jika waktunya tiba, kamu tidak perlu mencarinya lagi melalui kolom pencarian. Cukup buka daftar tempat favorit, kemudian tinggal pilih tempat yang ingin di tuju.

Fitur ini juga akan memudahkan kamu yang sering mengunjungi suatu tempat yang sama, namun masih belum hafal jalannya dan harus menggunakan Google Maps setiap kali ke sana. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa mempercepat proses keberangkatan.

Berikut ini adalah caranya.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Maps Offline

Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps

Buka aplikasi Google Maps di HP kamu. Bisa Android, bisa juga iPhone. Kemudian ketuk kolom pencarian. Silahkan cari nama tempat yan gingin kamu simpan ke dalam daftar favorit.

Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps by Androbuntu 1

Setelah muncul hasil pencariannya, kamu akan melihat tmbol Simpan dibawah nama tempat tersebut. Ketuk tombol tersebut.

Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps by Androbuntu 2

Berikutnya Google Maps akan membuat halaman Simpan ke daftar. Disini kamu bisa menyimpan tempat tersebut ke dalam 3 daftar default, yaitu Ingin dikunjungi, Favorit, dan Tempat berbintang. Pilih salah satu. Selain itu kamu juga bisa membuat daftar baru dengan mengetuk tombol Daftar baru.

Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps by Androbuntu 3

Sekarang tempat tersebut sudah tersimpan ke daftar yang kamu buat. Untuk menampilkan seluruh tempat yang kamu simpan, ketuk tombol Tersimpan.

Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps by Androbuntu 4

Maka kamu akan melihat seluruh tempat yang pernah kamu simpan. Disini saya hanya menyimpan satu tempat, jadi yang muncul hanya satu. Hasil di HP kamu mungkin akan berbeda.

Cara Menyimpan Tempat Favorit di Google Maps by Androbuntu 5

Apakah ada batasan jumlah tempat yang dapat disimpan?

Tidak ada batasan berapa jumlah tempat yang dapat kamu simpan di Google Maps. Namun saran saya, jangan terlalu banyak menyimpan tempat ke daftar favorit.

Karena jika Sobat Androbuntu menyimpan terlalu banyak tempat, nanti kamu akan kesulitan mencarinya. Hanya simpan tempat-tempat yang sekiranya penting dan benar-benar kamu sukai.

Dengan begitu kamu dapat mencari tempat yang diinginkan saat dibutuhkan.

Bagaimana cara menghapus tempat dari daftar favorit?

Mudah. Tinggal cari saja nama tempat yang sudah kamu masukkan ke dalam daftar favorit, kemudian ketuk tanda ceklis agar tandanya hilang.

Secara otomatis tempat tersebut sudah tidak masuk ke dalam daftar favorit lagi.

Apakah cara ini juga dapat dilakukan di Google Maps versi web?

Bisa. Caranya juga hampir sama. Yang membedakan hanya tampilannya saja.

Apakah orang-orang akan tahu tempat-tempat yang saya simpan?

Berbeda dengan ulasan yang bersifat publik, menyimpan tempat ke daftar favorit merupakan fitur yang bersifat pribadi. Jadi hanya kamu saja yang tahu daftar tempat yang kamu simpan.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari