Ingin Membuat Game Android? Ini 5 Kemampuan yang Wajib Kamu Kuasai

Android adalah sistem operasi ponsel dengan pengguna terbanyak di dunia, karenanya banyak pengembang yang membuat aplikasi dan game untuk sistem operasi berlogo robot hijau ini. Jika kamu tertarik untuk membuat game android, maka ada beberapa kemampuan yang harus kamu kuasai.

Dengan menguasai setidaknya 5 kemampuan dibawah ini, maka kamu bisa dengan lebih mudah untuk membuat game dan mempublikasikannya di Google Play Store. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menyisipkan iklan atau IAP (In App Purchase) di dalam game.

1. Pemrograman

Membuat Game Android by Androubntu 1

Mempelajari pemrograman adalah kemampuan yang wajib untuk kamu miliki jika ingin membuat game android sendiri.

Karena seperti aplikasi, game sejatinya adalah rangkaian kode pemrograman yang sudah kita susun untuk menampilkan suatu objek serta bereaksi terhadap pilihan yang kita ambil.

Beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa kamu pelajar antara lain adalah:

  • Java
  • Python
  • Swift

Tenang saja, kamu tidak harus kuliah jurusan teknologi informasi hanya untuk mempelajari pemrograman.

Jika memiliki komputer dan koneksi internet, maka kamu bisa mengikuti kursus online yang kini banyak tersedia di internet.

2. Desain

Membuat Game Android by Androubntu 2

Untuk membuat game android yang menarik dan disukai banyak orang, maka salah satu caranya adalah mendesain game kamu semenarik mungkin.

Untuk itu, kamu butuh kemampuan mendesain, baik itu desain 2D ataupun desain 3D.

Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak desain yang bisa kamu pelajari:

  • Adobe Illustrator
  • Blender 3D
  • CorelDraw
  • Maya

Sama seperti mempelajari pemrograman, kamu juga tidak perlu kuliah jurusan desain untuk mempelajari apliikasi-aplikasi diatas.

Cukup ikuti saja tutorial dan kursus online yang banyak tersedia di internet.

Beberapa dapat kamu ikuti secara gratis, dan beberapa lainnya merupakan kursus berbayar.

3. Kreativitas

Membuat Game Android by Androubntu 3

Membuat game android pada dasarnya adalah merealisasikan imajinasi ada di otak kamu menjadi sebuah game yang dapat dimainkan. Karenanya kreativitas juga menjadi hal yang penting dalam proses pengembangan sebuah game.

Kamu dapat melatih kreativitas dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mencoba hal-hal baru
  • Belajar alat musik
  • Bermain game teka-teki
  • Dan lain-lain

Dengan melatih otak agar tetap kreatif, maka kamu bisa terus mendapatkan ide-ide baru untuk game android yang kamu buat.

4. Problem Solving

Membuat Game Android by Androubntu 4

Mendapatkan pesan error dari IDE ketika membuat game android adalah hal yang akan sering kamu temui. Pesan error akan muncul karena beberapa alasan, entah itu karena penulisan kode yang salah, logika yang tidak benar, dan semacamnya.

Karenanya, salah satu kemampuan yang wajib kamu miliki adalah problem solving atau pemecahan masalah. Untuk melatih skill problem solving, kamu dapat melakukan beberapa hal seperti selalu berpikir positif, mengidentifikasi masalah, brainstorming, evaluasi, dan lain-lain.

5. Manajemen Waktu

Membuat Game Android by Androubntu 5

Membuat game android bukanlah hal mudah, kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk mengembangkan game yang apik dan berkualitas. Selama proses pembuatan game berlangsung, kamu harus memenuhi deadline yang sudah ditentukan oleh perusahaan ataupun klien.

Karenanya kemampuan manajemen waktu yang baik adalah hal wajib untuk kamu pelajari. Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan game yang akan dikerjakan tepat waktu.

Bagaimana? Apakah kamu sudah menguasai semua kemampuan diatas? Jika sudah, maka selamat. Kamu sudah bisa menjadi seorang pengembang game android.

Untuk kamu yang belum menguasai kemampuan-kemampuan diatas tapi tetap ingin membuat game androi, tenang saja. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan cara menggunakan jasa pembuatan game di Fastwork.

Di Fastwork, terdapat ratusan pengembang game berpengalaman yang siap membuatkan game android sesuai dengan keinginan kamu. Berikut ini adalah kelebihan jika kamu menggunakan jasa pembuatan game Fastwork:

  • Ada ratusan pembuat game profesional. Kamu tinggal pilih saja mana freelancer yang ingin kamu gunakan jasanya. Kamu bisa melihat portofolio mereka sebagai bahan pertimbangan.
  • Aman. Fastwork menggunakan sistem rekening bersama. Uang yang kamu bayarkan akan ditampung oleh Fastwork. Setelah game android yang kamu pesan selesai, uang baru akan di transfer ke freelancer.
  • Praktis. Kamu tidak perlu lagi mempelajari bahasa pemrograman selama berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun) hanya untuk membuat sebuah game. Serahkan ahlinya pada para freelancer di Fastwork.

Untuk menggunakan jasa game development di Fastwork, akses tautan berikut https://fastwork.id/game-development.

Pemikir, cowok rumahan.

Tinggalkan komentar