Cara Mengatasi Upload File ke Google Drive Lama

Google Drive adalah layanan penyimpanan awan milik Google yang memungkinkan kita untuk menyimpan dan berbagi file secara online.

Layanan ini menjadi sangat populer karena menyediakan ruang gratis sebesar 15GB kepada para penggunanya.

Terlebih lagi Google Drive juga terintegrasi dengan baik di Android, produk Google lainnya dengan jumlah pengguna yang juga banyak.

Namun pernahkah kamu merasa proses pengunggahan file ke Google Drive berjalan sangat lambat atau bahkan stuck? Jangan khawatir, dalam artikel kali ini saya akan berikan tips bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Sudah Dihapus di Google Drive

Kenapa Upload File ke Google Drive Lama?

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara mengatasi upload file ke Google Drive lama, ada baiknya Sobat Androbuntu mengetahui alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin saja menyebabkan hal itu bisa terjadi pada kamu:

File yang di Upload Terlalu Besar

Alasan pertama yang menyebabkan kenapa proses upload file “terasa” lambat adalah karena ukuran file yang kamu upload terlalu besar. Kenapa ukuran file yang besar akan mengakibatkan proses upload file jadi terasa lambat?

Karena semakin besar ukuran file, maka akan semakin banyak waktu pula yang dibutuhkan untuk mengunggah file.

Jika kamu biasa mengupload file berukuran 10MB, namun suatu hari kamu mengupload file berukuran 1GB, maka itu akan terasa lambat. Namun bisa jadi sebenarnya proses upload berjalan lancar dan tidak lambat.

Hanya saja progress bar di Google Drive terasa tidak berjalan, padahal itu berjalan. Jadi silahkan tunggu selama beberapa jam sebelum memutuskan apakah proses pengunggahan bermasalah atau tidak.

Internet Kamu Lambat

Aasan yang kedua ini bisa jadi merupakan penyebab utama upload file ke Google Drive menjadi lambat. Coba cek apakah kecepatan internet yang kamu gunakan sedang mengalami penurunan kecepatan atau tidak.

Jika kamu adalah pengguna ponsel Android, maka kamu bisa menampilkan kecepatan internet di status bar. Atau kamu juga bisa menggunakan website seperti speedtest.net untuk menguji kecepatan internet kamu.

Jika memang internet yang Sobat Androbuntu gunakan sedang lambat, maka itu berarti upload file akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Terlalu Banyak Aplikasi yang Menggunakan Internet

Internet kamu sudah cepat namun proses upload file ke Google Drive tetap lambat? Bisa jadi permasalahannya ada pada jumlah aplikasi yang berjalan cukup banyak, terutama aplikasi-aplikasi yang juga menggunakan internet.

Jika internet kamu sudah cepat namun harus dibagi koneksinya ke banyak aplikasi, maka setiap aplikasi hanya akan mendapatkan sedikit “bandwidth“.

Server Google Sedang Mengalami Gangguan

Hal ini memang jarang terjadi, namun terkadang tetap dapat terjadi jika pengguna layanan Google sedang membludak.

Jika sudah begitu, maka ketika kamu mencoba mengupload file ke Google Drive akan terasa lama walaupun koneksi internet kamu sudah cepat.

Kamu bisa pantai apakah layanan Google (termasuk Drive) sedang bermasalah atau tidak di link ini. Biasanya, jika satu layanan Google bermasalah, maka layanan Google yang lain juga akan terkena dampaknya.

Silahkan coba cek kembali apakah layanan Google yang lainnya juga sedang bermasalah atau tidak.

Cara Mengatasi Upload File ke Google Drive Lama

Setelah mengetahui apa saja penyebab lamanya upload file ke Google Drive, sekarang waktunya untuk mengetahui bagaimana cara mengaatasinya.

Setidaknya ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu:

1. Gunakan WiFi Jika Memungkinkan

Biasanya jaringan WiFi memiliki kecepatan internet yang lebih bisa diandalkan dibandingkan paket internet di ponsel kamu, terutama untuk download dan upload video.

Jika kamu sudah mencoba mengupload file ke Google Drive namun terasa sangat lama atau gagal terus menerus, maka itu saatnya untuk menggunakan jaringan WiFi.

Coba pergi ke kafe atau tempat lainnya yang menyediakan jaringan WiFi gratis, lalu upload file kamu.

Jangan lupa untuk menggunakan VPN jika kamu terhubung ke jaringan WiFi di tempat umum untuk melindungi privasi.

2. Hentikan Aplikasi Lain yang Juga Menggunakan Internet

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa jumlah aplikasi yang sedang menggunakan internet akan mempengaruhi kecepatan upload file.

Maka dari itu ada baiknya kamu hentikan terlebih dahulu aplikasi lain yang juga menggunakan internet, seperti:

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • dan aplikasi lainnya

Setelah aplikasi-aplikasi tersebut dihentikan, silahkan coba upload file kamu kembali. Seharusnya kini proses upload dapat berjalan lebih cepat dan lancar.

3. Bagi File Menjadi Beberapa Bagian Jika Memungkinkan

Ide lain yang bisa Sobat Androbuntu lakukan adalah membagi file menjadi beberapa bagian, kemudian menguploadnya satu per satu ke Google Drive. Cara ini sangat efektif terutama jika file yang kamu upload berukuran sangat besar.

Dengan membagi file menjadi beberapa bagian, maka proses upload akan jadi lebih efisien. Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membagi file menjadi beberapa bagian adalah GSplit.

Jika kamu ingin mengunggah file berukuran diatas 1GB dan mengalami kesulitan, maka membagi file menjadi beberapa bagian adalah hal yang patut kamu coba.

4. Kompres File Jika Perlu

Mengkompres file juga dapat kamu lakukan jika ingin mengatasi upload file yang lama di Google Drive. Dengan mengkompres file, maka ukuran file akan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan ukuran aslinya.

Yang tentu saja ini akan menghemat waktu kamu ketika menguploadnya ke Google Drive. Mengkompres file juga sangat berguna jika Sobat Androbuntu ingin mengunggah banyak file berukuran kecil.

Dengan mengkompres seluruh file tersebut, maka proses pengunggahan dapat berjalan lebih cepat karena yang di upload hanya satu file hasil kompresannya saja.

5. Perbarui Paket Internet

Apakah kamu menggunakan paket internet unlimited? Bisa jadi kamu sudah mencapai batas pemakaian wajar atau FUP.

Banyak operator yang memiliki paket internet unlimited, namun memberikan batasan berupa FUP di paketnya tersebut. Saat kamu sudah mencapai batas pemakaian wajar, maka kecepatan internet akan berkurang secara drastis.

Jika kamu dalam kondisi terdesak dan harus segera mengupload file tersebut, maka tidak ada salahnya untuk memperbarui paket internet yang sedang kamu gunakan.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar