Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan di Android

YouTube merupakan salah satu aplikasi dan situs terpopuler di dunia. Kita dapat menonton berbagai macam video di aplikasi ini, mulai dari video musik, tutorial, berita, dan masih banyak lagi.

Karena gratis, maka jangan heran jika kamu akan sering di jeda oleh adanya iklan ketika menonton. Iklan ini merupakan salah satu cara YouTube untuk mendapatkan uang, karena pihak Google juga butuh biaya operasional server dan perawatan lainnya.

Selain itu, iklan yang muncul di tengah-tengah video juga akan dibagi dua dengan pihak kreator. Sehingga kita tetap dapat menikmati YouTube secara gratis.

Beberapa tahun lalu, YouTube memperkenalkan layanan premium. Yang mana salah satu dari fitur ini ialah kita dapat menonton video di YouTube tanpa terganggu oleh iklan.

Namun jika Sobat Androbuntu enggan untuk berlangganan premium tapi tetap ingin menikmati sensasi menonton YouTube tanpa iklan, bisa mencoba cara dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengunduh Video YouTube Menggunakan NewPipe

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan di Android

Kita butuh sebuah aplikasi YouTube pihak ketiga yang sudah di desain agar tidak menampilkan iklan saat kita menonton video. Salah satu aplikasi yang Androbuntu rekomendasikan adalah NewPipe.

Kamu dapat mengunduh NewPipe di situs resminya, yaitu newpipe.net. Ketuk tombol Get NewPipe, maka nanti kamu akan mendapatkan berkas newpipe.apk.

Ketuk berkas tersebut untuk memasangnya di HP Android kamu. Jika sudah, buka aplikasi NewPipe dan ikuti tutorial berikut untuk menonton tanpa iklan:

Buka aplikasi NewPipe. Kemudian cari video yang ingin kamu tonton menggunakan kolom pencarian di aplikasi ini. Lalu pilih video dari hasil pencarian.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 1

Tidak tidak akan otomatis terputar. Kamu perlu mengetuk tombol PLAY yang ada ditengah video.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 2

Setelah tombol PLAY di ketuk, maka video akan segera diputar. Dan tentu saja tidak akan ada iklan di video tersebut.

Jika mau, Sobat Androbuntu juga dapat mengunduh video YouTube dari aplikasi NewPipe. Caranya adalah dengan mengetuk tombol Unduh yang ada dibawah judul video. Perhatikan screenshot dibawah:

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 3

Maka video tersebut akan langsung di unduh dan tersimpan di galeri HP Android kamu. Jadi kamu dapat memutarnya kapan saja, walaupun sedang tidak terhubung ke internet.

NewPipe juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti aplikasi YouTube resmi, salah satunya ialah untuk melihat deskripsi video.

Jika kamu butuh melihat deskripsi yang sedang ditonton di NewPipe, ketuk ikon bergambar dokumen. Letaknya ada dibawah kanan halaman aplikasi NewPipe.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 4

Cara Berlangganan (Subscribe) Channel di NewPipe

Seperti yang kita ketahui, video-video yang ada di YouTube dibuat oleh para pengguna yang memiliki channel. Jika kamu memiliki beberapa channel favorit dan ingin berlangganan melalui NewPipe, kamu juga bisa melakukan itu.

Kamu bahkan tetap tidak memerlukan akun tuntuk dapat berlangganan channel di aplikasi NewPipe.

Caranya, cari nama channel di kolom pencarian. Setelah ketemu dengan channel yang ingin kamu ikuti, ketuk channel tersebut.

Kemudian setelah masuk ke halaman channel, ketuk tombol MELANGGAN atau SUBSCRIBE.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 5

Kini kamu akan mendapatkan notifikasi setiap kali channel YouTube tersebut mengunggah video baru.

Untuk menampilkan seluruh channel yang kamu ikuti, ketuk tombol burger di pojok kiri atas.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 6

Lalu pilih menu Langganan.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 7

Di menu ini, kamu dapat melihat seluruh channel yang kamu ikuti.

Untuk unsubcribe atau berhenti berlangganan, sentuh dan tahan selama beberapa menit pada nama channel.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 8

Berikutnya pilih Berhenti Berlangganan.

Cara Menonton YouTube Tanpa Iklan by Androbuntu 9

Kini kamu sudah tidak berlangganan channel tersebut lagi.

Apakah Dapat Berkomentar di NewPipe?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa NewPipe tidak menyediakan fitur untuk login ke akun YouTube kamu. Karenanya hingga saat ini, kamu tidak bisa berkomentar di video YouTube yang kamu tonton di aplikasi NewPipe.

Kamu hanya dapat membaca komentar yang sudah ada di video tersebut. Jika kamu ingin berkomentar, maka kamu harus membuka video tersebut menggunakan aplikasi YouTube resmi.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari