Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac

Bagaimana cara menutup paksa aplikasi yang sedang berjalan di Mac? Jika di Windows 10 ada fitur Task Manager, maka di Mac ada yang namanya Activity Monitor.

Fungsinya kurang lebih sama dengan Task Manager yang ada di Windows 10. Dengan Activity Monitor, kamu bisa melihat proses dan aplikasi apa saja yang sedang berjalan di Mac kamu.

Kamu juga dapat mengetahui berapa presentase RAM, CPU dan DISK yang sedang digunakan. Dan jika mau, kamu dapat menutup paksa sebuah aplikasi di Mac melalui Activity Monitor.

Kenapa harus menutup paksa aplikasi dari Activity Monitor dan bukannya di close saja langsung jendela aplikasinya?

Terkadang saat kita menggunakan suatu aplikasi, aplikasi tersebut hang atau freeze. Sehingga kita tidak bisa menutupnya dengan cara menekan tombol Close seperti biasanya.

Maka dari itu kita bisa menggunakan Activity Manager yang ada di Mac.

Baca juga: Cara Mendengarkan Podcast di Mac

Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac

Jalankan Launchpad, atau bisa dengan mengetuk tombol F4 di keyboard Mac kamu. Kemudian pilih aplikasi bernama Monitor Aktivitas (Activity Monitor).

Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac by Androbuntu 1

Berikutnya jendela Monitor Aktivitas akan terbuka dan menampilkan seluruh daftar aplikasi yang sedang berjalan (termasuk aplikasi sistem). Pilih aplikasi yang ingin ditutup paksa, kemudian ketuk tombol X.

Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac by Androbuntu 2

Akan muncul jendela kecil berisi konfirmasi Apakah Anda yakin ingin menutup proses ini? Ketuk tombol Tutup untuk melanjutkan. Atau kamu juga bisa pilih tombol Tutup Paksa jika aplikasi yang ingin di tutup sedang hang.

Cara Menutup Paksa Aplikasi di Mac by Androbuntu 3

Sekarang aplikasi yang kamu pilih tadi akan berhenti berjalan. Dan jika kamu lihat di Dock, kini aplikasi tersebut sudah tidak ada lagi. Yang menunjukkan bahwa aplikasi sudah tidak berjalan lagi.

Jika diperhatikan pada langkah nomor 2, kamu akan melihat ada banyak nama aplikasi dan proses yang sedang berjalan. Jangan menutup aplikasi atau proses sembarangan.

Karena banyak diantara proses tersebut merupakan aplikasi sistem yang memang harus tetap berjalan agar Mac dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jangan sembarangan menutup aplikasi sistem yang tidak kamu ketahui.

Atau nantinya Mac kamu akan mengalami masalah ringan (seperti hang, dan semacamnya).

Walaupun ini dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan me-restart-nya. Namun jika bisa dihindari, kenapa tidak?

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari