10 Drama Korea Terbaik di Netflix dari Berbagai Genre

Siapa sih yang tidak tahu drama korea? Baik untuk para pecinta drama ataupun yang bahkan tidak suka menonton drama pasti tahu apa itu drama korea.

Karena kepopulerannya, banyak drama korea yang mendunia,. Selain alur cerita yang bagus banyak juga drama yang memiliki efek dan sinematografi yang laur biasa sehingga semakin menarik untuk ditonton.

Nah, selama masa pandemi sejak tahun 2020 lalu banyak orang yang menonton drama korea semakin meningkat nih karena banyak waktu luang di rumah membuat orang-orang mencari hiburan dan salah satunya adalah nonton drakor.

Buat kamu yang masih baru di dunia drakor dan lagi seneng-senengnya nonton drakor, saya akan memberikan rekomendasi drakor terbaik yang bisa kamu tonton di Netflix.

Apa saja drama tersebut? Simak terus inilah 10 pembahasan drama terbaik dan juga sedikit sinopsis nya buat kamu.

Baca juga: 10 Aplikasi VPN Terbaik untuk Nonton Netflix

1. Itaewon Class

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 1

Bagi kamu pecinta drakor pasti sudah tidak asing lagi dengan judul drakor ini, namun mungkin masih ada yang belum sempat ataupun masih ragu untuk menontonnya.

Sama halnya seperti saya, saya cukup sering mendengar drama ini namun masih ragu untuk menontonnya.

Tapi ketika saya mendengar pendapat dari orang yang awalnya tidak suka bahkan tidak pernah nonton drama korea bercerita tentang drama ini dan akhirnya menjadi pecinta drakor.

Saat itu saya putuskan untuk menontonnya, karena penasaran kenapa bisa bikin banyak orang suka dengan drama ini.

Sedikit sinopsis tentang drama ini yaitu bercerita tentang perjuangan seorang anak muda bernama Park Sae-royi yang diperankan oleh Park Seojun untuk membalaskan dendamnya terhadap seorang pengusaha kaya yang telah memenjarakannya saat masih SMA karena telah memukuli anaknya yang diketahui sebagai penyebab ayah Park Sae-royi meninggal dunia.

Karena merasa tidak bersalah dan tidak mendapat keadilan, ia bertekad untuk membalas dendam setelah bebas dari penjara.

Namun yang menarik disini adalah cara Park Sae-royi membalas dendam yang tidak menggunakan kekerasan melainkan menggunakan kecerdasannya dan mulai mengikuti jejak musuhnya yaitu pemilik perusahaan Jangga Jang Dae-hi.

Dia mulai membuka bisnis di daerah Itaewon yang dimana daerah itu adalah salah satu daerah paling ramai dan dikunjungi banyak orang dengan sebuah kedai kecil bernama Danbam.

Saat menjalankan bisnisnya Park Sae-royi bertemu dengan seorang gadis sosiopat bernama Jo Yi-seo yang membantunya menjalankan bisnis dan melanjutkan aksinya untuk menjatuhkan perusahaan Jangga dengan menjadikan kedai miliknya sebagai kedai nomor satu di Itaewon.

Ada beberapa plot twist yang cukup mengejutkan dalam drama ini. Kita juga akan mendapatkan banyak pelajaran dalam drama ini.

2. Prison Playbook

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 2

Drama bergenre komedi ini menceritakan kehidupan seorang pemain bisbol terkenal bernama Kim Je hyeok (Park Hae Soo) yang harus dipenjara selama 1 tahun karena telah membuat orang yang berusaha untuk memperkosa adiknya koma dan cacat otak.

Di dalam penjara ia berkelahi dan tertusuk dibagian lengannya yang menyebabkan tangan kirinya cidera dan disarankan dokter untuk berhenti bermain bisbol, dan akhirnya ia di pindahkan ke penjara lain.

Di dalam penjara baru ia bertemu dengan teman-teman satu selnya yang memiliki kisahnya masing-masing dan semua akan diceritakan di drama ini, bukan hanya sisi gelap dalam kehidupan penjara namun juga kekeluargaan dan unsur komedi yang akan membuat kamu tidak bisa berhenti tertawa.

Saat didalam penjara, sifat Kim Je Hyeok yang ceroboh dan lamban ini terlihat jelas tidak seperti dirinya ketika berada di lapangan yang kharismatik dan terlihat cerdas.

Kim je Hyeok menjadi penghuni penjara yang sangat disayangi dan dilindungi teman-temannya karena kebaikan dan rasa pedulinya terhadap sesama, meskipun ada yang mencoba untuk menjebak dan bertindak jahat terhadapnya.

Sementara itu ada karakter wanita yang diperankan oleh Kristall sebagai mantan kekasih Kim je Hyeok bernama Jung Hae in yang ingin kembali bersama.

Apakah mereka akan kembali bersama? Dan bisakah Kim Je Hyeok bermain bisbol seperti dulu? Jika kamu penasaran kamu bisa langsung tonton dijamin tidak akan nyesel dan bikin kamu ketawa sampai sakit perut.

Baca juga: 10 Aplikasi untuk Nonton Drama Korea Terbaik

3. Extracurricular

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 3

Satu lagi drama yang akan membuat kamu semakin jadi pecinta drakor adalah Extracurricular yang dibintangi oleh Kim Dong Hee sebagai Oh ji-Soo dengan genre kriminal dan berlatar tentang kehidupan sekolah.

Bermula dari seorang siswa SMA berprestasi dan tidak pernah berbuat onar disekolah bernama Oh ji-soo. Ia merupakan siswa teladan, namun siapa sangka dibalik sikapnya yang pendiam dan tenang ternyata ada sisi gelap dalam hidupnya yang tidak pernah terbayang bisa dilakukan anak SMA seusianya.

Oh Ji-soo ternyata menjalankan bisnis prostitusi online yang menjual gadis-gadis muda dengan menawarkan sistem keamanan bagi mereka. Ia dibantu oleh tangan kanannya bernama Mr Lee.

Dia melakukan ini untuk membiayai kehidupan sekolahnya hingga masuk ke universitas karena ia hidup seorang diri semenjak ditelantarkan oleh kedua orang tuanya dan menjadikannya pribadi yang kuat dan mendambakan kehidupan normal seperti orang lain.

Semua bisnisnya berjalan lancar sampai suatu ketika seorang teman perempuan di sekolahnya bernama Gyuri yang sangat penasaran dan mulai mencari tahu apa yang dilakukan Ji-soo dan mendapati bahwa Ji-soo adalah seorang mucikari.

Gyuri mengancam akan membocorkan rahasia Ji-soo jika ia tidak diajak dalam bisnis tersebut dan akhirnya mereka bekerjasama menjalankan bisnis itu.

Kejadian-kejadian selanjutnya dalam drama ini cukup mencekam dan membuat terharu loh, menurut saya drama ini cukup fresh untuk di tonton karena tidak seperti drama-drama anak SMA lainnya yang cute dan penuh romansa.

Drama ini menyajikan sisi gelap remaja yang tanpa orang tua bertahan hidup di kota besar dengan segala resiko dan bertaruh nyawa, namun di akhir ceritanya masih menggantung semoga ada season 2-nya dan segera tayang.

4. Sweet Home

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 4

Rekomendasi drama selanjutnya adalah Sweet Home, drama ini diperankan oleh aktor yang sedang naik daun dan banyak sekali membintangi drama di tahun ini yaitu Song Kang.

Di dalam drama ini Song Kang berperan sebagai Cha Hyun-su yang baru saja pindah ke sebuah apartemen dan berniat untuk mengakhiri hidupnya disana karena depresi akan kehidupannya.

Namun siapa sangka bahwa semuanya berubah ketika terjadi bencana yang membuat dunia menjadi tempat yang mengerikan. Dalam drama ini sebagian manusia bisa berubah menjadi monster yang berbeda-beda tergantung hasrat dan mereka selama menjadi manusia.

Hal ini menyebabkan kehancuran di seluruh negara termasuk apartemen yang dihuni cha Hyun-su. Drama ini bergenre thriller, fantasi dan juga misteri, memiliki alur maju mundur sehingga menjadikannya lebih menarik untuk di ikuti.

Disini para penghuni apartemen berusaha untuk bertahan hidup dengan cara emngunci apartemen dari dunia luar agar para monster tidak dapat masuk. Sementara Hyun-su yang sudah tertular dengan awal gejala mimisan dan juga pingsan bisa menahan dan tidak berubah wujud menjadi monster malah menjadi senjata kuat untuk melindungi para penghuni apartemen.

Selain Song kang di drama ini juga terdapat aktor terkenal lainnya seperti Lee Do-hyun dan juga lee Si-young yang berperan juga sebagai penghuni apartment dan mereka bekerja sama untuk bisa bertahan hingga bantuan dan dunia menjadi aman kembali.

Drama yang diketahui menghabiskan budget besar ini sangat cocok untuk masuk ke palylist kamu nih. Monster-monster yang muncul memiliki rupa dan kekuatan yang berbeda-beda tergantung dari ambisi mereka selama hidup. Efek CGI yang ciamik membuat monster-monster ini terlihat nyata, dan bahkan menjadi salah satu perwujudan monster terbaik dalam drama korea.

Baca juga: Kumpulan Situs untuk Download Drakor Terbaik

5. Start Up

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 5

Siapa yang tidak pernah dengar Start-Up? Drama ini memang sangat terkenal dan menjadikan pemainnya semakin naik daun karena semakin terkenalnya drama ini dengan sindrome second lead-nya.

Bercerita tentang seorang gadis bernama Seo Dal-Mi yang dibintangi oleh Bae Suzy yang bercita-cita untuk menjadi seorang pebisnis yang terkenal demi mewujudkan keinginan ayahnya yang sudah meninggal dan menunjukan bahwa ia memilih hal yang benar yaitu dengan mengikuti ayahnya sementara kakaknya bernama Seo In-jae yang ikut ibunya ketika orang tua mereka bercerai.

Namun semua perjuangan Dal-Mi tidak berjalan dengan baik sampai ia bertemu kembali dengan kakaknya yang sudah sukses, dengan itu ia berusaha untuk masuk ke Sand Box yang merupakan investor tempat menaungi perusahaan Start-Up (rintisan).

Sementara itu Han Ji-pyeong yang diperankan oleh Kim Seon Ho merupakan pimpinan tim di perusahaan SH Venture Capital ingin melunasi hutangnya kepada nenek Dal-mi Sewaktu ia kecil berusaha untuk mencari keberadaannya.

Ji-pyeong yang merupakan teman masa kecil Dal-mi melalui surat dengan mengubah namanya menjadi Nam Do-san itu bingung karena tiba-tiba nenek Dal-mi memintanya untuk menemui Dal-mi yang sedang mencarinya, namun ia menolak dan mencoba mencari orang yang bernama Nam Do-san untuk menemui Dal-mi sementara.

Sedangkan Nam Do-san yang diperankan oleh Nam Joo-hyuk merupakan pendiri Samsan Tech dan seorang programmer hebat namun usaha yang ia jalani bersama dua temannya itu tidak berjalan lancar dan selalu gagal membuatnya putus asa, sampai ia bertemu dengan Ji-pyong yang merupakan idolanya memintanya untuk berupa-pura menjadi dirinya dan menemui Dal-mi.

Akhirnya mereka berusaha mewujudkan mimpi dengan bergabung dengan Sand Box dan memulai bisnisnya bersama-sama dengan Han Ji-pyeong sebagai mentornya. Romance dalam drama ini ialah antara Seo Dal-mi, Nam Do-san dan Han Ji-pyeong yang sangat terkenal hingga terdapat kubu pendukung antar Do-san dan Ji-pyeong.

Kedua karakter pria di drama ini sangat kuat sehingga penonton dibuat bingung untuk memilih siapa yang terbaik untuk Dal-mi, nah bagi kamu yang sudah nonton gimana nih?

Kamu tim Nam Do-san atau Han Ji-pyeong? Kalau menurut saya Nam Do-san yang lebih cocok dengan Dal-mi, tapi Han-Ji pyeong itu lelaki yang bisa dapetin orang lebih baik iya kan?? Hehe

6. Vincenzo

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 6

Selanjutnya ada Vincenzo yang menjadi semakin terkenal dan menjadi salah satu drama paling banyak di tonton di tahun 2021. Ini merupakan drama dengan genre komedi gelap, drama ini berhasil mencuri hati para pecinta drama korea.

Bercerita tentang seorang pria keturunan Korea Selatan yang di adopsi olah orang Italia yang merupakan seorang bos mafia disana, sehingga menjadikan Vincenzo Cassano yang diperankan oleh Song Joong-ki ini menjadi penasihat mafia di Milan Italia.

Namun karena ada perseteruan di dalam kubu mafia ayah angkatnya dengan sang anak kandung, akhirnya Vincenzo kembali ke Korea dengan niat untuk mengambil emas seorang pengusaha China yang pernah ia kubur bersama temannya dalam ruang rahasia di dalam sebuah gedung setelah pengusaha tersebut meninggal dunia.

Namun niatnya tersebut terhalang dengan kasus-kasus yang terjadi di gedung bernama Geumga Plaza tersebut, sampai akhirnya ia bertemu dengan seorang pengacara bernama Hong Cha-young yang diperankan oleh Jeon Yeo-bin dan merupakan anak dari pendiri firma hukum yang berada di gedung tersebut.

Sampai akhirnya ia berurusan dengan perusahaan bernama Babel Group yang dipimpin oleh seorang psikopat bernama Jang Joon-woo yang diperankan oleh Taecyeon 2PM untuk menghentikan produksi obat yang dilakukan oleh perusahaan tersebut karena obet-obatan tersebut mengadung bahan terlarang.

Namun usahanya untuk menghentikan Babel Group serta mengambil alih gedung dari tangan Babel tidak berjalan dengan mulus, banyak sekali halangan dan masalah namun dengan keahliannya dan latar belakangnya sebagai mafia dia selalu mendapatkan cara membalas dendam dengan caranya sendiri tanpa harus melalui jalur hukum.

Karena menurutnya hukum di Korea tidak berpihak pada orang lemah dan banyak sekali penjahat di dalamnya, kalimat yang saya suka dalam drama ini adalah “Penyesalan adalah neraka terjahanam semasa hidup” dan ada juga kalimat yang mengatakan bahwa ia adalah “sampah yang membersihkan sampah lain” dan beberapa kata lain yang memiliki makna yang dalam.

Romansa yang ditampilkan dalam drama ini tidak terlalu kental, hanya ada beberapa adegan kecil yang menurut saya malah membuat drama ini semakin menarik dan juga para penghuni Geumga Plaza dengan tingkah kocak dan kekompakkan mereka sangat menghibur.

Baca juga: Cara Download Drama Korea di Android

7. Vagabond

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 7

Yang ketujuh adalah drama action yang juga sangat saya rekomendasikan untuk kamu tonton, karena plot twist-nya sangat menarik dan alur ceritanya yang tidak akan membuat kita bosan.

Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan drama dengan romansa yang berlebihan, drama ini sangat cocok untuk kamu tonton.

Drama yang mulai tayang pada 20 September 2019 ini menceritakan seorang pria yang berprofesi sebagai seorang Stuntman bernama Cha Dal Gun yang diperankan oleh Lee Seung Gi. Ia rela berhenti dari pekerjaannya dan fokus untuk menemani keponakannya yang seorang atlet Taekwondo.

Namun suatu ketika keponakannya itu terlibat dalam sebuah kecelakaan pesawat yang membawa tim taekwondo korea untuk bertanding dan menewaskan seluruh penumpang termasuk keponakannya Cha Dul Gun.

Namun ketika melihat kiriman video terakhir keponakannya tersebut, Dul Gun merasa ada yang mencurigakan dan akhirnya ia mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada kecelakaan pesawat tersebut dan ingin mengungkapkan kebenarannya.

Disisi lain Go Hae Ri yang diperankan oleh Bae Suzy yang merupakan seorang anggota National Intelligence Service (NIS) yang juga sebagai agen rahasia yang akhirnya bersama dengan Cha Dal Gun berusaha mengungkapkan kebenaran yang ternyata ada kaitannya dengan tindak korupsi berskala nasional yang sangat besar.

Akankah mereka berhasil mengungkapkan kasus itu? Siapa yang sebenarnya bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat yang terjadi? Jika penasaran langsung saja tonton di Netflix ya.

8. Hospital Playlist

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 8

Selain drama-drama diatas ada juga nih yang sedang ramai dibicarakan, yaitu drama berjudul Hospital Playlist. Drama ini mengisahkan 5 orang dokter yang sudah menjalin persahabatan sejak di bangku kuliah.

Pertemuan mereka di sebuah gudang di kampus menjadikan mereka semakin akrab hingga menjadi para dokter spesialis handal. Siapa saja mereka? Kita bahas dulu para pemainnya.

Yang pertama adalah Lee Ik Joon (Jo Jung Suk) yang merupakan dokter ahli saluran pencernaan. Lalu ada Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok) adalah ahli bedah spesialis anak, yang ketiga adalah Kim Joon Wan (Jung Kyung Ho) seorang dokter ahli spesialis bedah. Selanjutnya ada Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung) sebagai ahli kebidanan dan ginekologi dan yang terakhir adalah Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) yang merupakan ahli bedah saraf.

Suatu hari presiden direktur RS Yuljae mengalami pendarahan di otak, dan para dokter bertanya-tanya siapa yang akan menggantikan beliau karena anak-anaknya yang pertama hingga keempat adalah seorang pemuka agama. Dan yang menjadi pilihan terakhir yaitu anak kelimanya yang bisa diandalkan untuk menggantikannya dan ternyata Jung Won-lah anak dari si presdir tersebut.

Namun masalahnya adalah ia tidak mau menjadi pemimpin perusahaan dan berusaha untuk menyembunyikan identitasnya karena ia masih bertugas sebagai dokter di rumah sakit lain, akhirnya paman Jung won yang membantu memantau rumah sakit setiap harinya.

Namun masalah lain muncul ketika RS. Yulje kekurangan dokter dan akhirnya Jung Won meminta teman-temannya menjadi dokter mingguan di RS nya, namun dengan berbagai syarat yang diajukan termasuk bermain band kembali, karena sewaktu di kampus mereka pernah membentuk Band dengan nama Band 99.

Judul drama Hospital Playlist juga masih ada berhubungan dengan band ini, karena terdapat lagu-lagu yang mereka mainkan sebagai band yang terdapat pada drama ini.

Selain masalah pasien yang mereka hadapi ternyata romansanya juga tetap ada loh, tentang cinta segitiga dan ada romansa lainnya dalam drama ini jadi bagi kamu yang suka drama romansa tetap dapat menikmati drama ini.

9. It’s Okay to not be Okay

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 9

Bagi pecinta drama bergendre romansa komedi, drama ini sangat cocok untuk kamu tonton. Karena selain kisah cinta yang menarik antara kedua karakter, terdapat juga unsur komedi dan drama yang akan membuat kamu tertawa dan terharu.

Berawal dari dua orang yang bertemu yaitu Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) yang merupakan seorang pekerja di bangsal psikiatri dan Ko Moon Young (Seo Yea Ji) sebagai seorang penulis buku anak-anak pada sebuah acara yang diisi oleh Ko Moon Young di tempat Moon Gang Tae bekerja.

Pertemuan itu membuat Ko Moon Young yang seorang penderita gangguan kepribadian antisosial pun merasa penasaran dan tertarik dengan Moon Gang Tae hingga terus mengusik dan mengikutinya.

Disisi lain Moon Gang Tae yang memiliki kakak pengidap autis bernama Moon Sang Tae ini tidak tertarik dan enggan untuk berhubungan dengan Moon Young karena ia merasa sudah terlalu banyak beban yang ia miliki, serta trauma masa lalu yang membuatnya harus selalu pindah rumah dan tempat kerja dari waktu ke waktu.

Mereka pun akhirnya bertemu lagi di sebuah rumah sakit jiwa tempat Gang Tae bekerja, karena ternyata ayah Moon Young adalah pasien rumah sakit jiwa itu dan mengharuskan Moon Young untuk pindah ke rumah lamanya yang penuh dengan kisah trauma masa lalu yang selalu menghantuinya.

Di tiap episodenya kamu akan diperkenalkan dengan karakter baru sebagai pasien rumah sakit tersebut dengan kisah mereka masing-masing yang akan membuat kamu terharu dan juga tersenyum bahagia, serta tingkah kocak para pemain dalam drama yang merupakan pasien rumah sakit jiwa akan sangat menghibur.

Setelah saling mengenal lebih jauh, tanpa disadari bahwa mereka yang memiliki trauma masa lalu yang kelam mulai saling menyembuhkan luka satu sama lain.

Menurut saya drama ini akan membuat Sobat Androbuntu jatuh cinta dengan karakter utama wanitanya yang savage namun sangat menarik, serta karakter-karakter pendukung lainnya yang akan menghibur kamu.

10. Crush Landing on You

Drama Korea Terbaik di Netflix by Androbuntu 10

Satu lagi drama yang akan membuat hari kamu semakin menyenangkan adalah Crush landing on you yang sangat populer dikalangan pecinta drakor. Selain karena alur ceritanya yang menarik, kedua karakter utama dalam drama ini juga ternyata benar-benar menjalin hubungan di kehidupan nyata.

Crush landing on you menceritakan perjalan cinta seorang wanita bernama Yun Se Ri (Son Ye Jin) yang merupakan pewaris perusahaan dan pebisnis ternama di Korea Selatan dan juga Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) yang adalah seorang tentara militer Korea Utara.

Kisah pertemuan mereka sangat menarik yaitu Yun Se Ri yang terbawa badai angin ketika sedang melakukan paralayang hingga masuk ke wilayah Korea Utara dan bertemu dengan Ri Jeong Hyeok yang sedang bertugas di wilayah tersebut.

Karena wilayah tersebut merupakan wilayah korea utara maka tidak ada yang mengenali Yun Se Ri dan parahnya lagi itu merupakan tempat terlarang untuk warga negara Korea Selatan. Namun Jung Hyeok yang baik hati berusaha untuk menolong dan menyembunyikannya agar tidak ketahuan oleh orang lain.

Dalam persembunyian Yun Se Ri, kisah mereka pun terjalin dan mulai saling menyimpan rasa satu sama lain dan menjadikan kisahnya semakin menarik di setiap episode. Menurut kamu apakah Yun Se Ri bisa kembali lagi ke Korea Selatan? Dan bagaimana dengan hubungan mereka?

Jika kamu penasaran bagaimana kelanjutkan kisah mereka berdua, pastikan kamu tonton di Netflix ya.

Nah itulah 10 rekomendasi drama korea terbaik di Netflix yang bisa kamu tonton selama masa pandemi ini, semoga harimu selalu menyenangkan dan stay healthy dadah

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

I believe in making the impossible possible because there’s no fun in giving up.