Cara Menghapus Kontak di WhatsApp

Cara kerja WhatsApp sedikit berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya dalam menampilkan kontak. Alih-alih menyimpan daftar kontak di aplikasi secara langsung, WhatsApp membaca seluruh kontak yang ada di daftar kontak kita.

Itu artinya, tidak ada nomor HP teman kita yang tersimpan di WhatsApp. Nomor HP teman-teman kita tetap tersimpan di kontak HP kita secara lokal.

Berbeda dengan aplikasi pesan instan seperti Telegram dan LINE yang memiliki opsi untuk menyimpan kontak di aplikasi secara langsung, WhatsApp tidak memiliki opsi ini.

Dengan kata lain, jika kita ingin menghapus sebuah kontak WhatsApp, kita tinggal menghapusnya dari aplikasi kontak default di HP Android atau iPhone kita.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti tutorial Androbuntu dibawah ini.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di HP Android milik Sobat Androbuntu. Kemudian ketuk foto profil salah satu kontak yang ada di tab Chat. Kemudian ketuk tombol i yang ada dibawah foto kontak tersebut.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp by Androbuntu 1

Kemudian kamu akan dibawa ke halaman kontak WhatsApp. Ketuk tombol titik tiga yang ada di bagian atas kanan kontak tersebut.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp by Androbuntu 2

Akan muncul beberapa pilihan. Pilih opsi Lihat di buku alamat.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp by Androbuntu 3

Akan muncul aplikasi kontak bawaan HP Android kamu yang langsung membuka kontak tersebut. Ketuk tombol titik tiga yang juga terletak dibagian atas kanan kontak.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp by Androbuntu 4

Ini adalah langkah terakhir, pilih Hapus.

Cara Menghapus Kontak di WhatsApp by Androbuntu 5

Seperti yang dapat kamu perhatikan pada langkah-langkah diatas, ketika kita akan menghapus kontak, maka WhatsApp akan membuka aplikasi kontak default di HP Android kita.

Itu artinya, kita juga dapat langsung membuka aplikasi kontak, kemudian menghapus kontak yang diinginkan dari aplikasi ini tanpa membuka WhatsApp terlebih dahulu.

Apakah nomor HP kita juga akan terhapus di kontak orang yang kita hapus?

Tidak. Jika kita menghapus nomor HP seseorang dari kontak kita, itu tidak akan berpengaruh pada nomor HP kita yang disimpan orang tersebut di kontaknya.

Nomor HP kita akan tetap ada di kontak orang tersebut sampai dia menghapusnya sendiri.

Apakah menghapus kontak membuat kita memblokir orang tersebut?

Menghapus seseorang dari daftar kontak tidak ada hubungannya dengan memblokir. Orang tersebut tetap dapat mengirim kita pesan di WhatsApp.

Jika kamu ingin memblokir orang di WhatsApp, ikuti tutorial ini.

Apakah orang yang kita hapus nomor HP-nya dari kontak akan mendapatkan notifikasi?

Tidak. Orang yang nomor HP-nya kita hapus tidak akan pernah tahu bahwa dia telah kita hapus dari kontak.

Kecuali jika kamu membatasi foto profil WhatsApp hanya terlihat untuk kontak, itu artinya dia tidak akan dapat melihat foto profil WhatsApp kamu. Dan mungkin dia akan sadar bahwa kamu baru saja menghapus nomor HP-nya dari kontak kamu.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.