Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs

Saat sedang mengetik dokumen di Google Docs, kamu mungkin penasaran sudah berapa banyak kata yang kamu ketik di dokumen tersebut.

Beruntung, kita tidak perlu menghitung secara manual karena Gogle Docs sudah dilengkapi dengan fitur penghitung kata.

Fitur ini akan sangat berguna ketika kamu mengetik sebuah dokumen dengan target jumlah kata tertentu, misalnya 1000 kata.

Dengan begitu kamu tahu kapan harus berhenti dan kapan harus terus melanjutkan mengetik dokumen.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Google Docs

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs

Ada dua cara yang akan saya praktikan di artikel ini, pertama adalah untuk kamu yang menggunakan Google Docs di PC atau laptop. Dan kedua adalah untuk kamu yang menggunakan aplikasi Google Docs di HP Android dan iPhone.

Yang pertama ini adalah untuk para pengguna Gogle Docs di PC. Buka browser, kemudian kunjungi situs docs.google.com lalu pilih dokumen yang ingin dihitung jumlah katanya.

Setelah dokumen terbuka, ketuk menu Alat > Jumlah kata.

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 1

Akan muncul kotak kecil yang berisi informasi mengenai jumlah kata dari dokumen yang sedang dibuka. Kamu bisa lihat seperti gambar dibawah ini:

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 2

Seperti yang dapat Sobat Androbuntu lihat, yang ditampilkan bukan hanya jumlah kata saja, namun ada juga informasi lain seperti jumlah halaman, karakter serta karakter tidak termasuk spasi.

Jika kamu ingin memperbarui dokumen tersebut dengan menambahkan kata atau kalimat, kamu dapat memantau terus berapa jumlah kata di dokumen tersebut. Caranya ialah dengan mengaktifkan fitur Tampilkan jumlah kata saat mengetik. Kemudian ketuk tombol Oke.

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 3

Kini, kamu dapat mengetahui jumlah kata dari dokumen tersebut dengan mudah. Karena informasi jumlah kata akan muncul di bagian bawah kiri dokumen.

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 4

Untuk Para Pengguna Aplikasi Google Docs di Android dan iPhone

Jika kamu menggunakan Google Docs di Android ataupun iPhone, kamu juga dapat mengetahui berapa jumlah kata yang ada di dokumen kamu. Caranya seperti dibawah ini:

Buka aplikasi Google Docs, lalu pilih dokumen yang ingin kamu ketahui berapa jumlah kata dan karakternya. Ketuk tombool titik tiga di sudut kanan atas aplikasi Google Docs:

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 5

Setelah muncul pilihan menu, pilih Jumlah kata.

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 6

Sekarang kamu dapat melihat informasi mengenai jumlah kata dan karakter dari dokumen yang sedang kamu buka.

Cara Mengetahui Jumlah Kata di Google Docs by Androbuntu 7

Untuk versi aplikasi Android dan iPhone, Google Docs tidak menyediakan fitur untuk menampilkan jumlah kata di halaman dokumen seperti pada versi web-nya.

Dengan begitu, kamu harus mengakses halaman fitur tersebut setiap kali ingin mengetahui sudah berapa banyak kata yang kamu ketik di dokumen.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari