Cara Membuat Kelas Baru di Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi khusus untuk guru dan murid yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan belajar-mengajar secara daring.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat kelas di aplikasi Google Classroom? Pertanyaan ini mungkin muncul ketika kamu pertama kali membuka aplikasi tersebut.

Memang saat membuka aplikasi Google Classroom ada dua pilihan, yaitu kita bisa membuat kelas baru atau bergabung ke kelas yang sudah ada. Kamu dapat membaca bagaimana cara bergabung ke kelas dalam artikel ini.

Jika kamu adalah seorang guru, maka kamu tentu harus membuat kelas di aplikasi ini yang nantinya dapat digunakan murid-murid kamu untuk berinteraksi dengan kamu.

Kamu bisa mengikuti panduan dibawah ini.

Baca juga: Cara Download Dokumen di Google Classroom

Cara Membuat Kelas Baru di Google Classroom

Buka aplikasi Google Classroom di HP Android atau iPhone milik Sobat Androbuntu. Kemudian ketuk tombol + untuk membuat kelas baru.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom by Androbuntu 1

Akan muncul dua pilihan, yaitu Buat kelas dan Gabung ke kelas. Ketuk pilihan pertama, Buat kelas.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom by Androbuntu 2

Kemudian beri nama kelas, bagian, ruang dan mata pelajaran. Isi semua informasi tersebut agar para murid yang nantinya tergabung ke kelas tidak bingung. Jika sudah di isi, ketuk tombol Buat.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom by Androbuntu 3

Selamat, kamu baru saja berhasil membuat sebuah kelas di aplikasi Google Classroom.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom by Androbuntu 4

Jika kamu adalah seorang guru, maka kamu harus mengundang murid-murid kamu ke dalam kelas yang baru saja kamu buat. Caranya mudah, ketuk tab Anggota lalu ketuk tombol Undang.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom by Androbuntu 5

Ada dua cara untuk mengundang murid masuk ke dalam kelas, pertama kamu bisa mengundangnya menggunakan alamat email. Caranya yaitu mengetik alamat email murid di kolom undangan.

Cara kedua yaitu dengan membagikan link undangan kelas. Ketuk Salin link.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom by Androbuntu 6

Kemudian berikan link undangan kelas tersebut melalui WhatsApp murid atau metode lainnya. Setelah murid meng-klik link tersebut, maka dia akan secara otomatis membuka aplikasi Google Classroom dan dapat langsung bergabung dengan kelas.

Tentu si murid harus memiliki aplikasi Google Classroom terlebih dahulu di HP Android atau iPhone-nya.

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

Pemikir, cowok rumahan.