Cara Menggunakan Fitur Timeline di Google Maps

Timeline atau linimasa menjadi salah satu fitur baru di Google Maps. Tersedia untuk versi web maupun aplikasi Android dan iOS.

Fungsi dari fitur ini ialah menampilkan rekam jejak seluruh tempat yang pernah kamu kunjungi.

Tidak hanya itu saja, di timeline kamu juga dapat melihat tempat mana saja yang paling kamu sering kunjungi, serta rute perjalanan yang pernah kamu lalui.

Penasaran bagaimana cara menggunakan fitur ini? Coba perhatikan tutorialnya dibawah ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Cara Menggunakan Fitur Timeline di Google Maps

Pertama, buka aplikasi Google Maps di HP Android atau iPhone kamu. Kemudian ketuk foto profil kamu. Oh, ya. Pastikan kamu sudah login ya menggunakan akun Google.

Cara Menggunakan Fitur Timeline di Google Maps by Androbuntu 1

Kamu akan melihat banyak pilihan menu. Pilih menu Linimasa Anda.

Cara Menggunakan Fitur Timeline di Google Maps by Androbuntu 2

Kemudian aplikasi Google Maps akan menampilkan linimasa kamu yang terbagi menjadi beberapa tab, mulai dari tanggal, perjalanan, insight, hingga tempat.

Cara Menggunakan Fitur Timeline di Google Maps by Androbuntu 3

Penjelasan semua tab di halaman Linimasa:

  • Tanggal: Ini adalah tab yang akan menampilkan seluruh informasi tempat yang kamu kunjungi pada periode waktu tertentu, misalnya hari ini, minggu lalu, bulan lalu, atau pada tanggal tertentu yang kamu pilih.
  • Perjalanan: Tab yang menampilkan informasi tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi, termasuk tempat wisata, hotel, kafe, restoran, dan semacamnya.
  • Insight: Menampilkan grafik semua perjalanan yang pernah Sobat Androbuntu lakukan dalam periode tertentu. Misalnya perjalanan menggunakan motor selama 20KM, berjalan kaki 10KM, dan semacamnya.
  • Tempat: Seperti namanya, tab ini akan menampilkan seluruh tempat yang pernah kamu kunjungi. Uniknya, tempat akan dibagi dalam berbagai kategori seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan lain-lain.

Jika kamu cukup aktif bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, setiap bulan kamu juga akan menerima email dari Google Maps berisi rangkuman tempat-tempat yang telah kamu kunjungi.

Mengapa tidak semua tempat yang saya kunjungi tercatat di timeline?

Kemungkinan ponsel kamu sedang dalam kondisi mati ketika mengunjungi tempat tersebut. Sehingga Google Maps tidak sempat merekam informasi tersebut di timeline kamu.

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

Pemikir, cowok rumahan.