Cara Agar Firefox Membacakan Artikel

Membaca artikel seperti berita, tutorial atau opini adalah salah satu kebiasaan beberapa diantara kita yang mungkin sulit untuk ditinggalkan. Karena jika ditinggalkan, kita tidak akan mengetahui berita-berita dan informasi yang berguna.

Kegiatan tersebut membutuhkan waktu dan konsentrasi. Kita tidak bisa membaca artikel sambil melakukan kegiatan lain secara bersamaan karena mata kita harus tertuju ke layar.

Jika kita ingin melakukan hal lain, maka kita harus memalingkan pandangan yang artinya kita harus berhenti membaca artikel yang sedang kita baca.

Untuk kamu yang hobi membaca artikel dari berbagai macam situs namun tidak memiliki banyak waktu, ada satu fitur dari Mozilla Firefox yang akan sangat membantu Sobat Androbuntu.

Fitur ini akan membuat Firefox membacakan artikel yang sedang dibuka, sehingga kamu hanya tinggal mendengarkannya saja dan dapat melakukan kegiatan lain.

Baca juga: Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif di Mozilla Firefox

Cara Agar Firefox Membacakan Artikel

Mozilla Firefox Logo by Androbuntu

Omong-omong, Mozilla Firefox tersedia untuk macOS, Linux dan juga Windows 10. Silahkan di unduh jika kamu belum memasang Firefox di PC kamu. Jika sudah, ikuti tutorial berikut:

Buka peramban Mozilla Firefox di PC kamu. Kunjungi sebuah situs, contohnya androbuntu.com kemudian buka salah satu artikel.

Setelah artikel terbuka, maka kamu akan melihat sebuah ikon seperti kertas di url bar. Ketuk tombol tersebut.

Cara Agar Firefox Membacakan Artikel by Androbuntu 1

Sekarang, tampilan web yang sedang dikunjungi akan disederhanakan oleh Firefox, yang mana tinggal menyisakan isi artikel saja.

Tersedia juga tiga tombol di samping artikel. Ketuk tombol Headphone.

Cara Agar Firefox Membacakan Artikel by Androbuntu 2

Kemudian muncul pengaturan untuk membacakan isi artikel. Kamu bisa mengatur kecepatan pembicara dengan menggeser slider ke kiri atau ke kanan.

Jika sudah, ketuk tombol PLAY.

Cara Agar Firefox Membacakan Artikel by Androbuntu 3

Firefox kemudian akan mulai membacakan artikel yang sedang dibuka. Mulai dari judul hingga isi artikel.

Cara Agar Firefox Membacakan Artikel by Androbuntu 4

Sekarang kamu dapat mendengarkan isi artikel sambil melakukan pekerjaan lainnya, seperti menulis, mengunduh file, atau yang lainnya.

Mengapa Firefox yang saya gunakan tidak ada fitur seperti diatas?

Kemungkinan kamu masih menggunakan Mozilla Firefox yang lawas yang belum dilengkapi dengan fitur untuk membacakan artikel. Coba perbarui Mozilla Firefox di PC kamu. Kemudian coba kembali.

Apakah fitur ini juga tersedia di Firefox untuk Android/iOS?

Sayangnya tidak (atau belum). Sejauh ini fitur membacakan artikel ini hanya tersedia di Firefox untuk PC.

Namun ada kemungkinan Mozilla akan membawa fitur ini ke Firefox untuk Android dan iOS. Androbuntu akan memperbarui artikel ini jika fiturnya sudah tersedia di Android dan iOS.

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

Gamer paruh waktu.