5 Hosting Terbaik di Indonesia

Untuk membuat sebuah situs atau blog, kita membutuhkan setidaknya hosting dan domain.

Memang hal tersebut tidak wajib karena kamu dapat menggunakan layanan seperti WordPress.com dan Blogger.com secara gratis.

Namun keduanya mengharuskan kamu untuk menggunakan subdomain mereka.

Agar terlihat lebih profesional, maka mau tidak mau kamu harus menyewa hosting atau domain.

Untuk kamu yang baru ingin membuat situs dan blog sendiri, dan sedang mencari layanan hosting terbaik di Indonesia, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dari kamu.

Baca juga: Pengertian Hosting, Fungsi dan Contohnya

5 Hosting Terbaik di Indonesia

1. Niagahoster

Hosting Terbaik by Androbuntu 1

Jika Sobat Androbuntu baru pertama kali ingin membuat sebuah website, maka Niagahoster adalah penyedia hosting yang saya rekomendasikan. Tersedia paket “Bayi” seharga Rp. 10.164,- per bulan.

Dengan paket seharga setara 3 mi instan tersebut, kamu sudah mendapatkan hosting sebesar 500MB. Cukup untuk menampung sebuah blog atau situs sederhana.

Niagahoster mengklaim, paket termurahnya ini dapat menampung hingga 15.000 kunjungan (traffic) per bulan.

Jika menginginkan hosting yang lebih powerful, tersedia VPS atau Virtual Private Server. Ada beberapa pilihan paket berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Yang paling murah adalah paket Nano, dengan spesifikasi sebagai berikut: 1GB RAM, 1 CPU Core, 20GB Disk Space, dan 1000GB Bandwidth.

Untuk support, tersedia live chat yang akan dihubungkan dengan staff Niagahoster, bukan bot. Ini sangat bagus untuk kamu yang ingin bertanya mengenai berbagai hal seputar layanan mereka.

2. Hostinger

Hosting Terbaik by Androbuntu 2

Hostinger menyediakan berbagai macam tipe hosting untuk beragam kebutuhan. Mulai dari Shared Web Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, hingga VPS.

Paket Shared Hosting yang termurah di banderol dengan harga Rp. 12.900 per bulan. Kamu akan mendapatkan sebuha hosting berkapasitas 30GB, dan maksimal kunjungan 10.000 per bulan.

Untuk kamu yang ingin membuat situs menggunakan WordPress, Hostinger juga memiliki paket hosting khusus WordPress. Hosting ini dioptimasi untuk menjalankan WordPress.

Hosting paket WordPress di Hostinger dibagi menjadi 4, dengan harga Rp. 11.900, Rp. 29.900, Rp. 49.900, dan 179.900.

Jika kamu membutuhkan sebuah hosting yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan, maka kamu dapat menggunakan layanan VPS dari mereka. Yang paling murah di banderol dengan harga Rp. 57.900 per bulan, dan yang paling mahal seharga Rp. 565.900 per bulan.

3. Masterweb

Hosting Terbaik by Androbuntu 3

Masterweb menawarkan 3 paket hosting utama, yaitu Hosting Bisnis SSD, Hosting Bisnis CPanel, dan Hosting WordPress SSD.

Hosting Bisnis SSD adalah paket hosting yang ditujukan untuk “pemula” atau untuk hosting web dan blog yang ukurannya tidak terlalu besar. Harga termurah dari paket ini adalah Rp. 13.900 per bulan.

Masterweb mengklaim bahwa 100% jenis media penyimpanan yang digunakan adalah SSD. Yang artinya akan meningkatkan kecepatan situs dan blog milik Sobat Androbuntu.

Hosting Bisnis CPanel, seperti namanya adalah paket hosting yang dilengkpai dengan CPanel sebagai antarmuka untuk interaksi dengan hosting. Ini akan sangat memudahkan kita sebagai web master, baik pemula maupun berpengalaman.

Harga termurah untuk paket ini adalah Rp. 44.900 per bulan dengan kapasitas 12GB SSD. Namun sayangnya hanya dapat menampung 2000 kunjungan per bulan.

4. Exabytes

Hosting Terbaik by Androbuntu 4

Tidak jauh berbeda dengan penyedia layanan hosting lainnya, Exabytes juga menyediakan paket hosting yang cukup beragam.

Jika kamu ingin membuat blog personal atau situs dalam skala kecil, kamu dapat menggunakan paket hosting SSD dengan harga mulai dari Rp. 14.900 per bulan. Paket ini dapat menampung 2 domain, yang artinya kamu dapat membuat 2 blog atau situs dalam satu hosting.

Untuk paket yang lebih tinggi bahkan kamu dapat menambahkan domain tanpa batas alias unlimited.

Exabytes juga memiliki paket hosting WordPress degan harga yang paling murah mulai dari Rp. 34.900 per bulan. Paket termurah ini dapat menampung hingga 30.000 pengunjung per bulan. Lumayan.

Tersedia juga paket WooCommerce untuk kamu yang ingin membuat toko online. Paket ini dibanderol dengan harga Rp. 169.900 per bulan.

5. Qwords

Hosting Terbaik by Androbuntu 5

Web hosting terbaik selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Qwords. Selain menjual paket hosting, Qwords juga menawarkan pembelian domain.

Tersedia paket hosting yang cukup beragam, mulai dari shared hosting, hingga VPS.

Metode pembayaran yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari transfer bank, e-wallet, hingga bayar cash melalui minimarket.

Harga paket shared hosting di Qwords bervariasi, mulai dari Rp. 14.500 hingga Rp. 109.000 per bulan. Tersedia juga paket Business Class Hosting untuk kamu yang membutuhkan hosting berspesifikasi tinggi.

Kesimpulan

Itu dia tadi beberapa penyedia layanan hosting terbaik yang dapat kami rekomendasikan saat ini. Setiap harga paket hosting yang kami tuliskan dalam artikel ini belum tentu akurat.

Pihak penyedia hosting bisa saja mengganti harganya dengan harga yang lebih tinggi atau lebih murah. Jadi pastikan cek kembali di situs resmi masing-masing penyedia hosting untuk mendapatkan informasi harga terbaru.

Suka teknologi? Jangan lupa subscribe channel YouTube Androbuntu dan bantu kami mendapatkan 100 ribu subscriber:

Pemikir, cowok rumahan.