Arti COD dalam Jual-Beli Online

Saat ini berbelanja secara online sudah menjadi kebiasaan yang lumrah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Harga yang bersaing, serta cara berbelanja yang simpel menjadikan belanja online semakin digemari masyarakat.

Apalagi kini semakin banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh e-commerce yang ada di Indonesia. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, e-wallet, hingga COD.

Untuk pembayaran dengan metode transfer bank, kartu kredit dan e-wallet mungkin kamu sudah cukup familiar. Namun bagaimana dengan metode pembayaran COD?

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai metode pembayaran COD yang biasa disediakan oleh beberapa situs e-commerce di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Antara E-commerce, Marketplace dan Online Shop

Arti COD

COD adalah singkatan dari Cash on Delivery, atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pembayaran dilakukan saat pengantaran. Metode pembayaran COD semakin populer karena kini banyak e-commerce yang memberikan opsi pembayaran ini.

Opsi pembayaran COD dinilai memudahkan para pembeli, terutama untuk mereka yang tidak terbiasa melakukan transfer uang melalui ponsel.

Dengan menggunakan metode pembayaran COD, mereka tetap dapat berbelanja online, kemudian pembayarannya akan diberikan kepada kurir yang mengantarkan barang pesanannya.

Metode pembayaran ini juga dinilai oleh banyak orang sebagai salah satu metode pambayaran yang paling aman. Itu dikarenakan pembeli akan memberikan uangnya sesaat setelah barangnya diterima dari kurir.

Berbeda dengan metode pembayaran menggunakan transfer bank yang mengharuskan pembeli untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu saat melakukan chek out di e-commerce.

Rata-rata metode pembayaran COD hanya tersedia di e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Zalora. Jarang sekali situs toko online yang menerima metode pembayaran COD, karena memang membutuhkan sistem yang cukup kompleks.

Namun tidak hanya e-commerce saja yang menerapkan sistem pembayaran COD. Ketika kita melakukan jual-beli barang secara online di OLX atau grup Facebook, metode pembayaran COD juga sering menjadi opsi.

Namun dengan ketentuan pembeli dan penjual bertemu secara langsung tanpa menggunakan perantara kurir ekspedisi. Penjual dan pembeli bertemu, kemudian penyerahan barang dan uang pembayaran dilakukan saat itu juga.

Ketentuan COD

Ketentuan dalam melakukan pembayaran menggunakan metode COD sangat simpel. Kamu hanya perlu memilih barang yang ingin dibeli di e-commerce, kemudian melakukan check out.

Tunggu hingga barang yang kamu pesan sampai ke rumah. Ketika kurir datang dan memberikan barangnya, kamu memberikan uangnya kepada kurir senilai dengan harga barang + biaya pengiriman.

Nantinya kurir akan memverifikasi pembayaran dan sistem akan menandai pesanan kamu sebagai telah selesai. Artinya barang telah kamu terima dan kamu telah melakukan pembayaran langsung ke kurir.

Hal-hal yang Harus Dihindari

Jika kamu ingin berbelanja online dan menggunakan pembayaran dengan metode COD, maka ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Pertama, lakukan pembayaran kepada kurir yang mengantar barang tersebut dan jangan minta pengembalian barang saat itu juga kepada kurir.

Kurir hanya bertugas mengantar barang tersebut kepada pembeli. Jika barang yang Sobat Androbuntu pesan tidak sesuai espektasi (ada cacat fisik, beda warna, beda ukuran, dan semacamnya), maka kita dapat melakukan pengembalian barang dengan sistem yang sudah ditentukan oleh e-commcerce.

Jangan langsung meminta pengembalian barang saat itu juga kepada kurir yang mengantarkan barang. Karena itu bukan sistem pengembalian yang benar.

Apakah Sistem Pembayaran COD Aman?

Sistem pembayaran COD terbilang aman, terutama untuk kita sebagai pembeli. Karena kita hanya akan melakukan pembayaran ketika barang yang dipesan benar-benar telah kita terima.

Jika barang yang kita pesan entah dengan sebab apa tidak sampai di rumah kita, maka kita tidak perlu melakukan pembayaran.

Ini akan berbeda ceritanya jika kamu melakukan pembayaran dengan sistem transfer bank. Bisa saja karena adanya humman error, barang pesanan kita salah terkirim ke alamat orang lain sehingga barang tidak akan kita terima walaupun kita sudah membayarnya.

Namun kekurangan dari metode pembayaran ini ialah kita harus menyiapkan uang cash. Kurang praktis untuk sebagian orang.

Berbeda dengan metode pembayaran transfer bank yang sangat praktis. Kamu tidak perlu pergi ke mesin ATM untuk mengambil uang. Kamu hanya perlu melakukan transfer dari ponsel pintar.

Pemikir, cowok rumahan.