Cara Mengatasi Error “Google Terus Berhenti” di Android

Google merupakan aplikasi yang cukup penting di Android. Aplikasi ini terpasang secara default.

Dengan adanya aplikasi Google, kita dapat dengan mudah mencari apa saja di Google. Cukup ketik apa yang ingin kita cari di widget Google, maka hasil pencarian akan muncul.

Namun terkadang pengguna akan mengalami error pada aplikasi Google di HP Android mereka. Pesan error yang muncul biasanya adalah “Google Terus Berhenti”.

Kemudian ketika aplikasi Google kita buka kembali, pesan error itu akan muncul lagi dan lagi. Sehingga kita tidak dapat menggunakan apliasi Google.

Lantas pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Silahkan coba beberapa metode dibawah ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Google Play Error di Android

Restart HP Android

Ini adalah langkah pertama yang paling mudah untuk dilakukan jika ada salah satu aplikasi di HP Android kamu yang mengalami error, yaitu dengan cara restart. Ini terbukti cukup efektif, terutama jika error-nya bersifat ringan.

Sentuh dan tahan tombol power di HP Android kamu selama beberapa detik, kemudian tekan tombol Restart yang muncul di layar.

Advertisements

Perbarui Aplikasi Google

Google memiliki sumber daya yang sangat besar, mulai dari uang hingga para programmer yang secara rutin memperbarui aplikasi-aplikasi milik Google.

Jika kamu mengalami error pada aplikasi Google di HP Android, maka coba ingat-ingat kembali kapan kamu terakhir kali memperbarui aplikasi ini?

Ada kemungkinan aplikasi Google yang berjalan di HP Android kamu sudah lama tidak di update, karenanya dia tidak dapat berjalan seperti seharusnya. Ini akan berakhir dengan munculnya pesan error “Google Terus Berhenti”.

Silahkan update aplikasi Google di Google Play Store. Ini tidak akan memakan banyak waktu, mungkin hanya sekitar 5 menit. Tergantung dari kecepatan koneksi internet yang Sobat Androbuntu gunakan.

Setelah aplikasi Google selesai diperbarui, kini seharusnya Google sudah dapat digunakan kembali seperti biasanya.

Paksa Berhenti Aplikasi Google

Google merupakan aplikasi yang selalu berjalan di latar belakang walaupun kita sedang tidak menggunakannya.

Menghentikan aplikasi yang berjalan terbukti ampuh untuk mengatasi error yang sedang terjadi pada aplikasi tersebut, termasuk pada aplikasi Google.

Advertisements

Untuk menghentikan aplikasi Google secara paksa, caranya sangat mudah. Masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Google > Paksa berhenti.

Cara Mengatasi Error Google Terus Berhenti di Android by Androbuntu 1

Setelah itu, coba gunakan aplikasi Google kembali untuk mencari sesuatu.

Bersihkan Cache

Google akan menyimpan informasi yang kita cari, baik itu di server mereka ataupun secara lokal di HP Android kamu. Jika terjadi error, kamu bisa mencoba menghapus berkas cache yang menumpuk di aplikasi Google.

Caranya adalah sebagai berikut: buka menu Pengaturan > Aplikasi > Google > Penyimpanan dan cache > Hapus cache.

Cara Mengatasi Error Google Terus Berhenti di Android by Androbuntu 2

Seperti biasa, coba gunakan aplikasi Google kembali seperti biasa.

Omong-omong, menghapus cache tidak akan membuat kamu keluar dari Google. Kamu tidak perlu melakukan login kembali.

Pasang Ulang Aplikasi Google

Memasang ulang (menghapus kemudian mengunduhnya lagi) merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi error pada suatu aplikasi di Android. Cara ini juga dapat Sobat Androbuntu terapkan jika aplikasi Google terus berhenti.

Advertisements

Bagaimana caranya? Silahkan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Google > Uninstal.

Cara Mengatasi Error Google Terus Berhenti di Android by Androbuntu 3

Setelah itu buka Google Play Store dan unduh kembali aplikasi Google. Dengan menghapusnya kemudian memasangnya kembali, maka error yang ada sebelumnya harusnya sudah ikut terhapus.

Kesimpulan

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan namun Google terus berhenti, maka ada satu kemungkinan yang terjadi, yaitu kamu melakukan modifikasi (seperti root dan semacamnya) yang menyebabkan Android menjadi error.

Jika ini yang terjadi, maka cobalah install ulang Android di perangkat kamu. Cara untuk setiap merk dan tipe Android berbeda-beda, jadi kamu harus mencarinya sendiri di Google.

Pastikan kamu memang mengikuti panduan yang khusus dibuat untuk perangkat kamu, bukan model perangkat lain. Karena jika kamu mengikuti panduan yang dibuat untuk model perangkat lain, ada kemungkinan HP Android kamu bootloop atau mati total.

Pemikir, cowok rumahan.