Samsung Rilis Galaxy Z Fold 3 dengan Teknologi Under-Display Camera dan Dukungan S Pen

Setelah banyak bocoran yang beredar di dunia maya, akhirnya Samsung secara resmi merilis Galaxy Z Fold 3 pada ajang Galaxy Unpacked, 11 Agustus kemarin.

Ponsel pintar yang dapat dilipat ini membawa beberapa peningkatan besar, terutama dari sisi dapur pacunya.

Dan ini merupakan ponsel Samsung pertama yang menggunakan teknologi Under-Display Camera (UDC). Ya, tidak akan ada punch hole ataupun poni di Samsung Galaxy Z Fold 3.

Berikut ini adalah beberapa informasi singkat mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 yang Tim Androbuntu himpun dari berbagai sumber.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tablet Murah dari Samsung

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxt Z Fold 3 merupakan generasi ke-3 dari perangkat serupa tablet yang dapat dilipat dari Samsung.

Ini merupakan salah satu perangkat pioner yang memperkenalkan beberapa teknologi baru seperti layar yang dapat dilipat dan under-display camera.

Layar

Perangkat ini dibekali dengan layar AMOLED 6.2 inci (layar bagian luar) beresolusi 2.268 x 832p dan mendukung 120Hz refresh rate.

Layar ini juga mendukung HDR10+ serta dilengkapi dengan perlindungan dari Gorilla Glass Victus pada bagian atasnya.

Saat ponsel ini dibuka, Sobat Androbuntu akan menemukan layar kedua yang lebih luas, yaitu panel berukuran AMOLED 7.6 inci dengan resolusi 2.208 x 1.768p yang mendukung 120Hz refresh rate.

Layar utama ini juga mendukung HDR10+, proteksi Gorilla Glass Victus, dan dukungan hingga 16 juta warna untuk pengalaman menonton konten terbaik.

Samsung Galaxy Z Fold 3 by Androbuntu 2

Kamera

Samsung Galaxy Z Fold 3 membawa 3 kamera depan yang tertanam dibawah layar sehingga ponsel ini benar-benar tanpa bezel.

Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar, tidak akan ada punch hole, poni yang jelek itu, atau bezel atas yang lebih lebar untuk menaruh kamera depan. Semua bezel akan sama tipisnya di semua sisi.

Walaupun jika dilihat sekilas kamera didalam layar itu tidak terlihat, namun sebenarnya jika diperhatikan baik-baik kamera didalam layar itu akan dapat dilihat.

Dibagian belakang, perangkat ini membawa 3 kamera lainnya sebagai kamera utama. Masing-masing kamera tersebut beresolusi 12MP dengan bukaan f/1.8, lensa ultra-wide dengan bukaan f/2.2, dan lensa telephoto dengan bukaan f/2.4.

Prosesor, RAM dan Baterai

Samsung Galaxy Z Fold 3 dibekali dengan prosesor kelas flagship Snapdragon 888 yang dikawinkan dengan GPU Adreno 666.

Tersedia varian dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB yang sudah menggunakan UFS 3.1.

Untuk baterainya, Samsung mengandalkan baterai berkapasitas 4.400mAh dengan dukungan 25W fast charging.

Perangkat ini juga mendukung teknologi Qi Wireless Charging serta reverse wireless charging untuk mengisi daya aksesoris lain yang mendukung seperti Galaxy Buds, Galaxy Watch, dan lainnya.

Dukungan S Pen dan Fitur Lainnya

Banyak yang tidak menyangka bahwa ternyata Samsung Galaxy Z Fold 3 datang dengan rating IPX8, yang artinya tahan terhadap air. Perangkat ini akan tahan berada di dalam air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Perangkat yang dapat dilipat (yang secara logika harusnya memiliki banyak celah), justru tahan terhadap air. Samsung benar-benar serius mengembangkan perangkat ini.

Fitur ini menjadi tambahan fitur yang dapat menarik minat pembeli, terutama mereka yang tertarik dengan perangkat ini namun khawatir cepat rusak terkena air. Dengan adanya rating IPX8 ini kekhawatiran tersebut harusnya tidak ada lagi.

Samsung Galaxy Z Fold 3 juga mendukung penggunaan S Pen. Apalagi tahun ini Samsung tidak merilis Galaxy Note.

Samsung Galaxy Z Fold 3 by Androbuntu 1

Perusahaan asal Kore ini juga bahkan memperkenalkan S Pen khusus untuk Galaxy Z Fold 3, yaitu S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

S Pen Fold Edition hanya dapat digunakan di Galaxy Z Fold 3, sednagkan S Pen Pro dapat digunakan di semua perangkat Samsung yang mendukung S Pen.

Perangkat ini datang dengan sepasang stereo speaker, dukungan dua SIM 5G (termasuk dukungan eSIM), Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, dan GPS yang lebih presisi.

Terdapat tiga varian warna yang dapat dipilih, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver, dan menjalankan Android 11 yang dibalut dengan One UI 3.1 khas Samsung.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 3

Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dibanderol dengan harga mulai dari $1.799 (IDR 25.8 jutaan) untuk varian 12GB + 256GB.

Perangkat ini akan tersedia di beberapa negara seperti Korea, Amerika, dan Eropa mulai 27 Agustus nanti. Pembeli yang melakukan pre-order akan mendapatkan layanan Samsung Care + selama satu tahun untuk perangkat Galaxy mereka.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Gamer paruh waktu.