BerandaInternetCara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah

Cara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah

Apakah kamu memiliki sejumlah Bitcoin dan tertarik untuk menukarkannya menjadi rupiah? Jika iya, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Dalam tutorial ini, saya akan berikan panduan ke kamu bagaimana cara untuk menguangkan Bitcoin yang telah kamu kumpulkan dari AirDrop, Faucet, atau sumber lainnya.

Dengan begitu kamu dapat menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Ada empat tahapan yang harus kamu lakukan, pertama adalah mendaftar ke salah satu exchange yang ada di Indonesia, kemudian mentransfer Bitcoin kamu ke exchange, lalu jual Bitcoin kamu, dan kemudian baru kamu bisa menarik uang ke rekening.

Langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Beli Bitcoin di Binance

Daftar Tokocrypto

Untuk menukarkan Bitcoin kamu menjadi rupiah, sebenarnya ada banyak cara. Namun cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan menjualnya ke exchange atau platform jual-beli Bitcoin.

Platform jual-beli Bitcoin di Indonesia yang kami rekomendasikan adalah Tokocrypto. Proses pendaftaran serta KYC yang mudah dan juga mendukung transfer bank lokal seperti BCA, BRI, BTPN, CIMB NIAGA, dan masih banyak lagi.

Untuk Sobat Androbuntu yang belum memiliki akun Tokocrypto, silahkan daftar melalui link dibawah ini. Jadi kamu bisa menjual Bitcoin dengan harga pasar (harga terbaik).

Advertisements

Jika sudah mendaftar, jangan lupa untuk melengkapi KYC, yaitu verifikasi identitas dengan cara selfie dan memberikan dokumen yang diminta. Ini berguna agar akun kamu terverifikasi penuh dan dapat menarik uang ke rekening bank.

Selanjutnya, bagaimana cara mengirim Bitcoin kamu ke Tokocrypto? Bisa kamu baca dibawah.

Kirim Bitcoin ke Dompet Bitcoin Tokocrypto

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan setelah berhasil mendaftar Tokocrypto adalah mengirimkan Bitcoin kamu ke alamat wallet Bitcoin Tokocrypto kamu.

Klik menu Dompet > Setoran.

Cara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah by Androbuntu 1

Kemudian pilih Bitcoin > BTC > Salin alamat wallet Bitcoin

Cara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah by Androbuntu 2

Berikutnya buka aplikasi Bitcoin Wallet kamu dan kirim Bitcoin kamu ke alamat Tokocrypto tersebut. Bitcoin akan langsung masuk ke akun setelah 1 konfirmasi jaringan.

Jual Bitcoin Kamu di Tokocrypto

Langkah berikutnya setelah Bitcoin diterima di akun Tokocrypto kamu, tentu saja adalah menjualnya.

Untuk kamu yang belum pernah melakukan jual-beli Bitcoin, perlu diketahui bahwa yang akan membeli Bitcoin kamu ini merupakan pengguna Tokocrypto lainnya, bukan pihak Tokocrypto itu sendiri.

Advertisements

Begitu juga sebaliknya, ketika kamu membeli Bitcoin di Tokocrypto, yang kamu beli merupakan Bitcoin milik pengguna lain. Tokocrypto hanya sebagai pihak penengah antara penjual dan pembeli.

Jadi untuk menjual Bitcoin kamu, klik menu Pasar > BTC/BIDR.

Cara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah by Androbuntu 3

Kemudian pada kolom penjualan, klik Harga pasar. Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin dijual. Setelah itu klik tombol Jual BTC.

Cara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah by Androbuntu 4

Dan selamat, kini Bitcoin kamu telah terjual dan berubah menjadi Rupiah.

Tarik Rupiah ke Rekening Bank

Setelah Bitcoin berhasil terjual, langkah berikutnya tentu adalah menarik uang kamu ke rekening bank. Caranya sangat mudah, klik menu Dompet > Saldo.

Kamu akan melihat saldo BIDR yang kini terisi sesuai dengan nominal yang kamu terima saat penjualan Bitcoin pada langkah sebelumnya. Klik tombol Penarikan pada kolom BIDR.

Berikutnya masukkan informasi rekening bank kamu. Sebagai info, nama di rekening bank harus sama dengan nama yang terdaftar pada akun Tokocrypto.

Jika nama antara rekening bank dan akun Tokocrypto berbeda, maka pihak Tokocrypto akan menolak melakukan withdrawal. Jadi pastikan saat mendaftar akun, kamu menggunakan nama asli yang tertera di rekening bank.

Advertisements

Loki Fadilah
Loki Fadilah
Pemikir, cowok rumahan.

Artikel lainnya

Cara Mengakses PayPal yang Diblokir Kominfo

Hari ini, salah satu lembaga negara memblokir beberapa layanan,...

Alasan Kenapa Newspaper adalah Tema WordPress Terbaik Saat Ini

Tema WordPress merupakan salah satu elemen penting ketika kalian...

Gunakan Pengunduh Instagram SSSGram

Pada saat diluncurkan pertama kali di tahun 2007, Instagram...

Gunakan Pengunduh Facebook FBVideoDown

Facebook sudah bertumbuh menjadi bagian penting dari keseharian banyak...

Cara Menggunakan Jamboard untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Ada banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mempermudah...

Iklan